Skip to main content

10 Aplikasi Browser Ringan dan Cepat untuk PC dan Android

Meskipun saat ini ada banyak jenis aplikasi browser, baik untuk PC dan Smartphone, beberapa orang masih tidak memiliki gambaran yang jelas tentang browser web terbaik yang bisa mereka miliki. Dan tidak jarang bagi pengguna PC dan Smartphone untuk menggunakan aplikasi browser yang tidak memenuhi kebutuhan mereka.

Berbicara tentang aplikasi browser, secara umum pengguna internet lebih suka menggunakan browser tercepat untuk diinstal pada perangkat mereka. Alasannya sederhana, Anda ingin mendapatkan pengalaman menjelajah yang membuatnya nyaman saat berselancar di internet, misalnya kecepatan memuat dan keamanan browser. Baik?

Daftar Isi
Browser Tercepat dan Terbaik untuk Browsing
1. Google Chrome, Browser Tercepat nan Ringan
2. Mozilla Firefox, Browser Terbaik Dengan Banyak Fitur
3. Opera, Browser Cepat dan Minimalis
4. Vivaldi, Browser Terbaru Dengan Fitur Menarik
5. Microsoft Edge, Browser Terbaik untuk Microsoft 10
6. UC Browser, Tercepat untuk Download
7. Maxthon, Aplikasi Browser Tercepat
8. CM Browser, Aplikasi Browser Sederhana
9. Dolphin, Aplikasi Browser Android Ringan
10. Flynx, Aplikasi Browser Cepat untuk Android

Aplikasi Browser Ringan dan Cepat untuk PC dan Android

Sebelum memasang aplikasi browser pada PC atau Smartphone, Anda harus terlebih dahulu memastikan browser tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat mendukung aktivitas yang biasanya Anda lakukan karena setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Browser Tercepat dan Terbaik untuk Browsing

Pada dasarnya, browser web adalah aplikasi atau perangkat lunak yang dapat membantu pengguna untuk menjelajahi, menyajikan konten, dan mengambil konten yang ada di berbagai sumber informasi di jaringan internet. Saat ini ada puluhan aplikasi browser yang bisa digunakan untuk PC / Laptop atau Smartphone Android Anda, mungkin Anda bingung harus memilih yang mana.

Dari banyak pilihan aplikasi browser web, berikut adalah beberapa browser tercepat dan terbaik yang harus Anda pertimbangkan:

1. Google Chrome, peramban tercepat dan teringan

Jika Anda sering menjelajahi internet untuk mencari informasi dan membutuhkan kecepatan memuat, keamanan saat menjelajah, pengaturan sederhana, dan tampilan minimalis, maka Google Chrome adalah peramban terbaik yang dapat Anda gunakan.

Fitur utama dari browser web ini adalah teknologi mesin rendering WebKit yang mendukung platform pada berbagai perangkat seperti; Windows, MacOS, Linux, iOS, Android, dan Chrome OS. Fitur Google Chrome memungkinkan pengguna untuk menyimpan riwayat internet, riwayat unduhan, mengelola bookmark, mode penyamaran, mengelola profil, dan lainnya.

Sebagian besar pengguna komputer PC / laptop dan telepon pintar menggunakan Google Chrome karena dianggap sebagai peramban tercepat. Selain cepat, browser ini juga memiliki fitur penghematan bandwidth yang dapat menghemat penggunaan paket data ponsel cerdas Anda.

2. Mozilla Firefox, Browser Terbaik Dengan Banyak Fitur

Mozilla Firefox adalah salah satu browser terbaik yang pernah ada, apalagi fitur yang lebih lengkap. Pembaruan terbaru dari Mozilla Firefox yang disebut Firefox Quantum bahkan lebih cepat dari versi sebelumnya.

Firefox memiliki cukup banyak fitur dan terlihat sedikit lebih 'ramai' daripada Google Chrome. Adapun beberapa fitur browser ini antara lain; mode baca, pembaca PDF, add-on, sinkronisasi, notifikasi web, bookmark, dan lainnya.

Meskipun tidak secepat Google Chrome, Firefox adalah pilihan pertama bagi sebagian besar pengguna internet karena fitur-fiturnya yang keren. Untuk versi seluler, pengguna Firefox dapat memblokir iklan secara otomatis dan mendapatkan perlindungan pelacakan di peramban pribadi.

3. Opera, Browser Cepat dan Minimalis

Opera adalah salah satu browser tercepat dan teringan untuk semua perangkat, baik itu PC / Laptop atau Smartphone. Opera browser memiliki beberapa fitur yang cukup mumpuni sehingga banyak digunakan untuk menjelajah internet.

Browser ini memiliki desain tampilan sederhana dengan bilah samping di sebelah kiri untuk memudahkan pengguna untuk mengoperasikan Opera. Adapun beberapa fitur browser Opera adalah; fitur pilihan bahasa, fitur keamanan, fitur panggilan cepat, fitur pemulihan sesi, dan lainnya.

4. Vivaldi, Browser Terbaru dengan Fitur Menarik

Vivaldi adalah aplikasi browser terbaru yang dirilis pada tahun 2017. Browser ini dibuat oleh salah satu pengembang Opera di mana ada beberapa fitur unik dan tidak ditemukan di browser lain.

Adapun beberapa fitur Vivaldi termasuk; fitur tab (atas, bawah, kiri, kanan), tab grup, mengambil pemotretan layar dengan memo, dapat menyimpan sesi browser yang dapat dimuat ulang, dan banyak lagi.

5. Microsoft Edge, Browser Terbaik untuk Microsoft 10

Microsoft Edge adalah peramban yang dirilis oleh Microsoft untuk menggantikan Internet Explorer. Untuk pengguna PC / Laptop dengan OS Windows, perangkat Anda harus menginstal Windows 10 agar dapat menggunakan browser ini.

Browser ini juga tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Beberapa fitur keren dari browser ini termasuk; dapat memblokir iklan, tab browser baru, akses ke bookmark, riwayat internet, unduhan, dan lainnya.

6. UC Browser, Unduhan Tercepat

UC Browser cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS karena merupakan salah satu browser seluler tercepat dengan berbagai fitur di dalamnya. Selain perangkat seluler, browser ini juga tersedia untuk perangkat PC / Laptop.

Meskipun tidak sepopuler Chrome dan Firefox, browser ini cukup banyak digunakan untuk perangkat PC / Laptop. Beberapa fitur yang ditemukan di UC Browser termasuk; unduhan cepat, sinkronisasi cloud, kompresi data, dan banyak lagi.

7. Maxthon, Aplikasi Browser Tercepat

Maxthon Browser adalah salah satu aplikasi browser tercepat untuk perangkat seluler dengan fitur lengkap. Bahkan, browser ini telah dinobatkan sebagai browser terbaik oleh About.com selama 3 tahun berturut-turut.

Beberapa fitur browser ini termasuk; opsi blok iklan, opsi bahasa, opsi mode malam, sinkronisasi dengan perangkat lain, akses cepat, pemutaran video flash, integrasi layanan cloud, dan banyak lagi.

8. CM Browser, Aplikasi Browser Sederhana

Ketika kita berbicara tentang aplikasi browser yang sederhana, cepat, dan aman, maka browser CM adalah pilihan terbaik. Dikembangkan oleh Cheetah Mobile Inc., salah satu aplikasi browser terbaik populer dengan aplikasi CM Security-nya.

Ukuran file aplikasi browser ini hanya 2MB sehingga sangat ringan untuk perangkat seluler. Selain ringan, proses memuat halaman web sangat cepat menggunakan browser ini. CM Browser juga memiliki fitur notifikasi atau peringatan ketika file yang akan diunduh diindikasikan sebagai file berbahaya.

9. Dolphin, aplikasi browser Android yang ringan

Dolphin adalah salah satu aplikasi browser terbaik dan terpopuler di perangkat Android. Aplikasi browser ini telah mengalami beberapa peningkatan, terutama dalam kecepatan memuat halaman web.

Beberapa fitur terbaik yang tersedia di browser Dolphin termasuk; Blokir opsi iklan, pemutar video HTML5, bilah tab, pemutar flash, penjelajahan penyamaran, dan lainnya.

10. Flynx, Aplikasi Browser Cepat untuk Android

Aplikasi peramban Flynx adalah salah satu peramban tercepat dan terbaik untuk penjelajahan internet di perangkat Android. Fitur kecepatan dalam memuat web apa pun adalah fitur unggulan aplikasi broser ini.

Beberapa fitur lain yang ditemukan di Flynx termasuk; pilihan bahasa, kemudahan berbagi, kemudahan membaca, menyimpan offline, dan banyak lagi.

Dari sepuluh aplikasi browser tercepat yang disebutkan di atas, tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih browser yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga berselancar di internet menjadi lebih produktif.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar