Skip to main content

Menguatkan dalam Masalah Merujuk Ayat Ayat Alkitab bagi Orang Percaya

Allah menciptakan segala sesuatu dengan tujuan tertentu yang tentunya baik. Begitu juga dengan penciptaan manusia. Manusia diciptakan oleh Allah sedemikian rupa dengan tujuan yang baik. Allah bahkan telah mempersiapkan rencana terbaik bagi manusia dalam kehidupannya. Itu dipersiapkan agar manusia dapat hidup dengan baik. Namun, meskipun Allah adalah Mahakuasa, Allah kita bukanlah Allah yang otoriter. Dia adalah Allah yang penuh kasih kepada semua ciptaan-Nya, terutama umat manusia. Dia tidak memaksakan kehendak-Nya ke atas kita. Karena itu, Jahweh memberikan kepada manusia pikiran dan kehendak bebas. Kehendak bebas yang dapat kita gunakan untuk menentukan apa yang ingin kita kerjakan, apa yang ingin kita lakukan. Tentang hal ini kita bisa membaca lebih banyak dalam ayat Alkitab tentang kemerdekaan.

Dengan kehendak bebas itu, kita dapat memilih untuk mengikuti jalan Tuhan atau menjaga daging kita. Sayangnya, seluruh umat manusia telah jatuh dalam berbagai macam dosa sesuai dengan Alkitab. Kita tidak bisa luput dari daging kita. Kemudian kita sering memakai kehendak bebas yang diberikan Allah untuk menggenapi hawa nafsu daging kita. Kemudian membawa dan menjerat kita ke dalam masalah. Masalah sering datang ketika kita berusaha untuk mengisi daging kita. Namun, masalah juga dapat timbul ketika kita mencoba untuk mengikuti jalan Tuhan. Masalah yang kita tidak pernah harapkan ketika datang, tapi jelas datang. Di tengah masalah yang datang, kita pasti terus berusaha untuk menemukan solusi dari masalah. Banyak orang merasa tertantang oleh masalah.

Mereka merasa masalah dapat membawa mereka ke tingkat yang lebih tinggi dari kehidupan. Mereka percaya pada apa yang dikatakan ayat Alkitab tentang kekuatan. Sayangnya, tidak banyak orang merasa bosan dengan masalah yang mereka hadapi. Mereka kemudian memilih untuk menyerah, bukan hanya dari masalah, bahkan dari kehidupan. Sebagai anak Allah, kita tidak boleh kehilangan masalah. Kita harus sangat menghadapi masalah seperti yang dikatakan dalam penguatan ayat Alkitab dalam masalah ini. Tuhan ingin kita berdiri menghadapi masalah. Tuhan ingin kita terus percaya bahwa sebesar apapun yang kita hadapi, Tuhan kita jauh lebih besar. Dia juga memberikan janji Tuhan kepada orang percaya. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab yang memperkuat masalah menjadi sumber motivasi kita.

  1. Ulangan 31:8, Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”
  2. Yeremia 29:11, Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
  3. Yesaya 40:29, Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
  4. Yesaya 40:31, Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuaran baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekutan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.
  5. Yesaya 41:10, Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
  6. Yesaya 43:2, Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
  7. Yesaya 46:4, Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.
  8. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
  9. Yohanes 14:1, Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
  10. Yohanes 14:16-17, Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 
  11. Yohanes 16:33, Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku tetap mengalahkan dunia.”
  12. Yosua 1:5, Seorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu, seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.
  13. Yosua 1:9, Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”
  14. Amsal 18:14, Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?
  15. Efesus 6:10-11, Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
  16. FIlipi 1:6, Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.
  17. Filipi 4:6-7, Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
  18. Filipi 4:13, Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.
  19. Kisah Para Rasul 10:4, Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: “Ada apa, Tuhan?” Jawab malaikat itu: “Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengikat engkau.
  20. 1 Korintus 10:13, Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
  21. Matius 11:28, Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
  22. Mazmur 4:4, Ketahuilah, bahwa TUHAN telah memilih bagi-Nya seorang yang dikasihi-Nya; Tuhan mendengarkan, apabila aku berseru kepada-Nya.
  23. Mazmur 18:33, Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan dan membuat jalanku rata;
  24. Mazmur 118:24, Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!
  25. Nahum 1:7-8, TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. Ia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap. 
  26. 1 Petrus 5:7, Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.
  27. Roma 8:28, Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
  28. Roma 8:31, Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
  29. 2 Tesalonika 3:3, Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.
  30. Ulangan 31:6, Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.


Ini adalah beberapa ayat Alkitab yang memperkuat dalam masalah. Dalam hidup, kita tidak mungkin untuk melarikan diri dari masalah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk terus membaca ayat Alkitab-penguatan dalam hal ini. Kita perlu kuat dan berpegang teguh pada kebenaran Firman Tuhan. Kita percaya dan percaya bahwa Allah sendiri akan memberi kita bantuan. Ini adalah salah satu cara memelihara iman menurut Kekristenan. Tuhan kita bukanlah Tuhan yang biasa saja. Dia adalah Allah yang Mahakuasa. Dia mampu mengangkat kita keluar dari semua masalah. Tuhan mampu membuka jalan keluar dengan mudah bagi kita. Namun, Tuhan ingin kita mengalami pertumbuhan. Dia tidak mau memberikannya instan. Tuhan menghendaki kita untuk benar menunjukan ketergantungan pertama kita pada Tuhan.

Ketika kita bergantung sepenuhnya pada Allah, itu menjadi menyenangkan bagi Allah. Tuhan ingin kita menaruh iman kita sepenuhnya kepada Tuhan. Allah yang telah menciptakan kita. Bukan kita sendiri yang memiliki kehidupan ini, tetapi Allah yang memiliki semua aspek kehidupan kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk membiarkan Allah yang mengambil kendali dalam hidup kita. Jangan egois, merasa diri Anda mampu mengatasi masalah. Sebuah ayat Alkitab penguatan dalam hal ini diperlukan untuk menjaga kita membaca. Namun, kita tidak boleh lupa untuk juga bekerja pada apa yang diminta oleh Alkitab penguatan ayat dalam hal ini. Kita harus tetap berdoa, memohon agar Tuhan memberi kita Roh Kudus untuk menolong kita menghadapi masalah. Kita juga harus tetap mampu bersyukur dan bersukacita di tengah masalah yang kita hadapi. Semoga semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar