Skip to main content

Ulang Tahun Pernikahan Menurut 25 Ayat Alkitab untuk Disyukuri dan Direnungi

Semua orang rindu untuk memiliki pasangan hidup dan mencapai tahap pernikahan. Pria rindu untuk menjadi suami dan ayah. Istri Nona menjadi istri dan ibu. Kerinduan ini adalah kerinduan alami karena Allah memang menciptakan manusia berpasangan. Semua orang berjuang luar biasa menantikan untuk pasangan hidup. Mereka bergumul dengan memilih pasangan hidup menurut iman Kristen.

Namun, hidup tidak berhenti meskipun kita telah menemukan pasangan hidup kita. Perkawinan menjadi kehidupan baru yang juga perlu hidup dengan baik. Kami akan terus menghadapi naik turunnya dilema hidup. Bahkan kita tidak bisa hanya memikirkan beban untuk kita sendiri. Kita juga harus berpikir tentang beban pasangan kita. Kita juga harus berpikir tentang beban anak kita. Kita bahkan harus berpikir tentang beban keluarga pasangan kita. Akan ada semakin banyak tantangan yang kita hadapi ketika kita menjalani hubungan suami-istri dalam kekristenan.

Ayat Alkitab untuk ulang tahun pernikahan

Tantangannya harus dihadapi. Kita tidak bisa menghindarinya terus-menerus. Ketika kita sendiri, kita bersyukur untuk ulang tahun kita. Kami menaikkan doa Thanksgiving menurut orang Kristen Protestan karena di tengah semua tantangan, kami telah berhasil menghadapi tantangan yang ada selama setahun yang lalu. Ketika kita menikah, kita perlu ingat untuk bersyukur untuk ulang tahun pernikahan dengan pasangan kita.

Sebagai seorang Kristen, kita pasti mencoba yang terbaik untuk menjalani kehidupan pernikahan dengan baik. Kita terus meminta bimbingan dari Roh Kudus untuk dapat hidup hari dengan pasangan dengan menyenangkan. Ketika Allah memberikan kita kesempatan untuk datang ke tahun baru perkawinan, itu adalah sepatutnya bagi kita untuk bersyukur. Oleh karena itu, kita perlu memikul syukur kita pada Firman Tuhan melalui ayat Alkitab untuk ulang tahun pernikahan. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab untuk ulang tahun pernikahan yang merupakan alasan bagi kita untuk bersyukur.

1. Pengkhotbah 4:9

Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.

2. 1 Petrus 4:8


Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

3. Bilangan 6:24-26

TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

4. Mazmur 118:24

Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

5. Yakobus 1:12

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

6. Markus 10:6-9


Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

7. Amsal 18:22

Siapa mendapat isteri, mendapat sesuatu yang baik, dan ia dikenan TUHAN.

8. 1 Korintus 7:1-2

Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin, tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

9. Maleakhi 2:14-16

Dan kamu bertanya: “Oleh karena apa?” Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu. Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya. Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat.

10. Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Ini adalah beberapa ayat Alkitab untuk ulang tahun pernikahan yang merupakan dasar dari rasa syukur kita. Kita bersyukur Tuhan telah menyertai satu tahun perjalanan kita menjalani prinsip dasar pernikahan Kristen. Kami bersyukur meskipun kendala, meskipun ada masalah, Allah tetap bersama kami dan masalah dapat diselesaikan. Kita bersyukur karena kita merasakan berkat luar biasa dari Allah bersama pasangan kita. Selain itu, kita harus bersyukur karena kita senang dengan Tuhan. Kita telah mematuhi perkataannya untuk tetap setia kepada pasangan dan menghormati kekudusan pernikahan.

Ayat Alkitab untuk ulang tahun pernikahan lainnya

Namun, ulang tahun pernikahan adalah tahap baru untuk kehidupan pernikahan kami. Kita tidak boleh berhenti pada rasa syukur saja. Akan ada banyak masalah lain dan tantangan yang kita hadapi dalam tahun pernikahan baru. Oleh karena itu, sebaiknya setiap ulang tahun pernikahan, kami bersama dengan pasangan yang sama-sama mencerminkan diri. Kita mengulangi janji pernikahan Kristen yang kita bicarakan di awal pernikahan. Kami berusaha untuk menemukan resolusi baru untuk tahun pernikahan baru sehingga kita dapat hidup tahun baru yang lebih baik. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab untuk ulang tahun pernikahan yang layak.

1. 1 Timotius 5:8

Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.

2. Kolose 3:18-19

Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

3. Efesus 5:25

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.

4. 1 Korintus 7:14

Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.

5. Korintus 13:4

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

6. Efesus 4:32

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

7. Kolose 3:15

Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

8. Galatia 6:2

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

9. Kejadian 1:28

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

10. Yosua 24:15

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”

11. 1 Korintus 11:3

Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

12. Efesus 5:22-23

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

13. 1 Petrus 3:7

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

14. Efesus 5:33

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

15. 1 Korintus 7:3-4

Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.

Itu beberapa ayat Alkitab untuk ulang tahun pernikahan yang perlu dicintai. Sebagai suami, kita harus merenungkan bagaimana sejauh ini kita bertindak dengan istri kita. Apakah kita sudah menjadi suami yang baik menurut Alkitab? Pernahkah kita menunjukkan kasih kita bagi istri seperti kasih yang Tuhan lakukan? Apakah kita sudah menjadi orang bijak? Apakah kita sudah menjadi orang terkemuka? Ada banyak hal yang perlu kita Renungkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk terus meminta bimbingan dari Roh Kudus untuk membantu kita menjadi suami yang lebih baik.

Tidak hanya suami, seorang istri juga perlu merefleksikan dirinya. Tuhan telah menciptakan perempuan untuk menjadi penolong bagi manusia. Jadi, sebagai seorang istri, cobalah untuk merenungkan diri Anda sendiri. Apakah kita menjadi penolong yang baik bagi suami kita? Apakah kita juga sudah hidup penuh cinta ramah? Apakah kasih yang kita miliki selaras dengan kasih yang Tuhan kehendaki? Apakah kita telah menjadi istri yang mumpuni?

Para suami dan istri hendaknya ingin sama-sama rendah hati, mencerminkan diri sendiri, dan berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik. Kerendahan hati membantu kita untuk menerima nasihat dengan tulus. Jika kerendahan hati hadir di tengah pasangan yang menikah, hidupnya pasti akan berjalan dengan baik. Tantangan tidak dapat dihindari. Namun, mereka akan menghadapinya dengan baik bersama dengan kasih Allah di antara mereka. Semoga semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar