--> Skip to main content

Ciri-ciri dan Tugas Suami yang Baik Menurut Alkitab

Perkawinan adalah sesuatu yang banyak ditunggu oleh banyak orang. Banyak orang mendambakan untuk mengalami pernikahan yang baik, kemudian memiliki keluarga yang menyenangkan. Kristen terus ingin memiliki perkawinan yang sesuai dengan ayat Alkitab tentang perkawinan Kristen. Namun, pernikahan yang baik tentu saja tidak dapat datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha bersama antara suami dan istri untuk membangun pernikahan yang baik dan indah. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang suami untuk berusaha menjadi suami yang baik.

Ciri-ciri Suami yang Baik Menurut Alkitab

Kita sering bingung bagaimana menilai apakah suami atau tidak. Setiap orang tentu memiliki standar yang berbeda. Namun, Alkitab sendiri memberikan beberapa standar hubungan suami dan istri dalam kekristenan sesuai dengan kehendak Allah. Berikut adalah beberapa karakteristik suami yang baik menurut Alkitab.



Memprioritaskan kasih yang sesuai dengan kehendak Allah
Efesus 5:33 Namun, untuk setiap dari Anda akan menang: Kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri akan menghormati suaminya.

Efesus 5:28 demikian juga suami harus mengasihi istrinya sebagai tubuhnya sendiri: Barangsiapa mengasihi istrinya, ia mengasihi dirinya sendiri.

Meskipun menjadi seorang suami, seorang pria harus menjaga Kristus dalam kehidupan keluarganya. Tentu saja kita tahu bahwa Allah adalah kasih. Karena itu, suami yang baik menurut Alkitab pasti memprioritaskan cinta. Dia hidup dengan mengasihi istri, anak, orang tua, dan orang di sekelilingnya.

1 Korintus 13:4-7 bahwa cinta adalah sabar; Kasih adalah murah hati; Dia tidak cemburu. Dia tidak membanggakan dan tidak bangga. Dia tidak berbuat hormat dan tidak mencari manfaat dari dirinya sendiri. Ini bukan pembohong dan tidak menjaga kesalahan orang lain. Dia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kesalehan. Dia meliput segala sesuatu, memercayai segala sesuatu, mengharapkan segala hal, dengan sabar menanggung segala sesuatu.

Namun, setiap orang memiliki standar yang berbeda cinta. Kadang suami sudah merasa sangat mencintai, tapi istri masih merasa kurang. Oleh kerana itu, ianya sepatutnya bahawa seorang suami harus berusaha untuk mempunyai standar yang sama seperti Kristus. Kasih yang seorang suami harus menjadi hukum kasih dalam Alkitab menurut kehendak Tuhan. Ayat Alkitab di dalam 1 Korintus 13:4-7 menguraikan sifat kasih yang harus dimiliki suami yang baik dalam Alkitab.

Menjadi teguh pada istri
Roma 7:2 untuk istri terikat oleh hukum untuk suaminya selama suaminya hidup. Tetapi ketika suaminya meninggal, ia bebas dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya.

Allah secara tegas mengatakan bahwa seorang istri terikat oleh hukum kepada suaminya. Karena itu, suami yang baik menurut Alkitab harus menjadi suami yang teguh dalam istri. Suami dapat mengatur istrinya dengan baik, tetapi tidak menjadi otoriter. Seorang suami harus memiliki sifat kepemimpinan Kristen. Jika isteri terus memberontak terhadap suaminya, tentu saja suaminya tidak baik menurut Alkitab.

Setialah
Amsal 20:6 banyak orang menyebut diri mereka baik, tetapi yang setia, yang menemukannya?

Kita pasti tahu bahwa pasangan telah dipersatukan oleh Allah dalam ikatan pernikahan. Apa yang Tuhan telah bergabung bersama hendaknya tidak dipisahkan oleh manusia melalui perceraian. Oleh karena itu, dibutuhkan loyalitas dari kedua suami dan istri satu sama lain. Suami yang baik menurut Alkitab adalah suami yang setia sebagai teladan kesetiaan dalam Alkitab. Ada banyak suami yang baik hati, tetapi itu adalah perjuangan besar untuk menjadi suami yang setia.

Terbuka
Matius 26:38 dan berkata kepada mereka,  "hatiku sangat sedih, seperti mati. Tinggal di sini dan menonton dengan saya. "

Suami yang baik menurut Alkitab pastilah seorang suami yang membebaskan Kristus dalam kehidupan kesehariannya dan juga dalam kehidupan keluarganya. Dalam kehidupannya, Yesus sering menunjukkan sikap keterbukaan. Dia tidak malu untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan di hadapan murid-muridnya. Seorang suami juga harus bisa terbuka untuk istri, apakah dia merasa bahagia, sedih, atau marah. Namun, seorang suami tidak boleh lupa bahwa Allah memberinya istri hak dan kewajiban seorang istri dalam kekristenan untuk menjadi penolong.

Bertanggung jawab
1 Korintus 7:3 akan suami memenuhi kewajibannya kepada isterinya, sehingga isteri suaminya.

Paulus kepada jemaat di Korintus dengan tegas memerintahkan setiap suami untuk memenuhi tanggung jawabnya terhadap istri. Pesan ini tidak hanya berlaku untuk jemaat Korintus, tetapi juga untuk setiap suami yang hadir pada saat ini. Suami yang baik menurut Alkitab adalah suami yang mampu bertanggung jawab. Dia mampu melakukan tanggung jawab dari tanggung jawab suami dan ayah dalam sebuah keluarga Kristen.

Tidak mementingkan diri
1Korintus 7:4 isteri tidak mempunyai kuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian juga suami tidak mempunyai kuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.

Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa seorang istri menguasai tubuh suaminya dan sebaliknya, seorang suami memerintah atas tubuh istrinya. Itu berarti suami yang baik menurut Alkitab hendaknya tidak egois. Dia harus memahami bahwa dia tidak lagi hidup sendirian, cukup memikirkan dirinya sendiri. Dengan seorang istri yang telah menjadi satu daging dengan dia di dalam Allah, ia juga harus memperhatikan kebutuhan dan kepentingan istrinya.

Tidak kasar terhadap istri
Kolose 3:19 Hai suami, Kasihilah istrimu dan janganlah keras menentangnya.

Hukum di Indonesia melarang kekerasan dalam rumah tangga, termasuk kekerasan yang dilakukan oleh suami terhadap istri. Rupanya, larangan ini jelas dinyatakan oleh Alkitab. Suami yang baik menurut Alkitab pasti mengasihi istrinya. Bukan hanya dengan kata, tetapi lebih terus menjadi baik dan tidak kasar untuk istri.

Jadilah bijaksana
1 Petrus 3:7 demikian juga kamu adalah suami, hidup bijaksana dengan istrimu, sebagai orang yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai ahli waris kasih karunia, yaitu hidup, bahwa doa Anda tidak akan terhambat.

Salah satu ciri dari suami yang baik menurut Alkitab adalah untuk menjadi bijaksana. Seorang suami diharapkan akan diandalkan oleh isterinya sebagai suku yang lebih lemah menurut Alkitab. Oleh karena itu, suami harus dipenuhi dengan kebijaksanaan untuk diandalkan.

Menikmati kehidupan keluarga
Pengkhotbah 9:9 menikmati hidup dengan istri tercinta Anda untuk kehidupan yang tidak bernyawa, yang diberikan Tuhan kepada Anda di bawah matahari, karena itu adalah kebahagiaan Anda dalam hidup dan dalam upaya yang telah engkau lakukan dengan apa yang mengerikan di bawah matahari.

Sebuah fitur yang baik dari suami alkitabiah adalah untuk menikmati kehidupan keluarga. Keluarga adalah lingkup persekutuan terkecil yang dapat kita alami. Oleh karena itu, seorang suami harus menikmati hidup dalam keluarganya. Jika ia tidak dapat menikmatinya, pasti ada kebutuhan untuk diperbaiki dari dalam suami.

Prioritaskan Yesus di atas segala sesuatu
Efesus 5:25 o suami, Kasihilah istrimu, seperti Kristus mengasihi jemaat, dan menyerahkan diri

Sebagai seorang Kristen, suami yang baik menurut Alkitab harus terlebih dahulu memprioritaskan Yesus di atas segala sesuatu. Suami memang kepala keluarga. Namun, kita tidak boleh melupakan bahwa ada kepala keluarga yang jauh lebih besar dari Allah. Oleh karena itu, seorang suami harus mampu memimpin keluarganya untuk menempatkan Yesus terlebih dahulu.

Tugas Suami yang Baik Menurut Alkitab

Salah satu ciri dari suami yang baik menurut Alkitab adalah bertanggung jawab. Seorang suami harus mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Berikut adalah beberapa tugas untuk suami yang baik sesuai dengan Alkitab disertai dengan mendukung ayat Alkitab.

Memberikan rasa tenang
Rut 1:9 mungkin untuk karunia Tuhan, bahwa kamu mempunyai perlindungan, masing-masing di rumah suaminya.  "Mereka adalah mereka, tetapi mereka menangis dengan suara nyaring

Membuat keputusan yang baik untuk keluarga
1 Korintus 11:3 tetapi aku ingin tahu ini, kepala setiap orang adalah Kristus, kepala perempuan adalah manusia, dan kepala Kristus adalah Allah.

Efesus 5:22-23 o isteri, Simaklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, sebab suaminya adalah kepala isteri seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

Dikorbankan untuk istri
Markus 10:7-8 oleh karena itu orang itu akan meninggalkan ayahnya dan ibunya, dan bersatu dengan istrinya, agar mereka boleh menjadi satu daging. Jadi mereka tidak lebih dua, tapi satu.

Menjadi gembala bagi sebuah keluarga
1 Korintus 7:14 karena suami orang yang tidak percaya dikuduskan oleh isterinya dan isterinya yang tidak setia dikuduskan oleh suaminya. Jika tidak demikian, anak Anda korup, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.

Melaksanakan tanggung jawab sebagai suami
1 Korintus 7:3 akan suami memenuhi kewajibannya kepada isterinya, sehingga isteri suaminya.

Ini adalah beberapa ciri dan tugas suami yang baik menurut Alkitab. Kita dapat melihat bahwa sebenarnya ada banyak hal yang seorang pria perlu untuk mengejar untuk menjadi seorang suami. Oleh karena itu, pernikahan hendaknya menjadi hal yang dianggap baik, tidak harus dilakukan dengan sembarangan. Lakukan pernikahan ketika Anda sudah merasa siap untuk menjadi suami yang baik.

Seorang pria pasti tidak bisa langsung berubah menjadi suami yang baik. Oleh karena itu, terus menjaga persekutuan pribadi dengan Tuhan untuk mengalami transformasi kehidupan. Dengan bantuan Roh Kudus, mungkin seorang suami setiap hari untuk terus bertumbuh menjadi suami yang lebih baik sesuai dengan kehendak Tuhan. Semoga semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar