Skip to main content

Bisnis Durian Musang King Peluang Usaha yang Menjanjikan

Buah tropis yang tumbuh di Asia Tenggara ini memiliki kulit yang berduri, daging yang lembut dan lembut. Karena keunikan itu banyak orang segera menutup hidung mereka atau mengerutkan wajah mereka bahkan ketika mereka hanya mendengar nama mereka atau menelan ludah karena mereka membayangkan kesenangan mereka.

Pernahkah Anda mendengar tentang durian Raja Musang? Membicarakan durian memang tidak ada habisnya. Buah, dijuluki raja dari semua buah, memang penuh kontroversi: begitu banyak yang menyukainya, tetapi tidak sedikit yang membencinya.

Daftar Isi
  • Apa Itu Durian Musang King?
  • Apa Ciri-Ciri Durian Musang King?
  • Kisaran Harga Durian Musang King
  • Wisata Kebun Durian Musang King

Bisnis Durian Musang King Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ada banyak jenis buah durian, salah satunya yang terkenal adalah Weasel King. Apa itu? Bagaimana karakteristiknya? Lihatlah ulasan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan Anda.

Apa Itu Durian Musang King?

Musang King Durian adalah varian durian dari negara tetangga, yang ditemukan di daerah Gua Kelantan, Tanah Merah, Malaysia, dan dikatakan sebagai salah satu jenis durian terbaik. Pertama kali dikenal pada tahun 1990, jenis durian ini langsung disebut-sebut sebagai jenis terbaik di kelasnya.

Bagaimana bisa? Dagingnya tebal tapi kuning lembut, rasanya manis dengan tambahan sedikit pahit, bijinya sangat kecil, dan baunya tidak terlalu menyengat seperti jenis lainnya yang jelas bisa memenangkan hati para pecinta buah berduri.

Buah cenderung kering dan sering disebut sebagai durian buah kering terbaik. Ukuran buah juga cenderung lebih besar dari Monthong, jenis yang juga banyak disukai.

Di negara asalnya, Malaysia, durian ini lebih dikenal dengan sebutan mao shan wang yang artinya raja kucing. Nama Weasel King sendiri muncul karena lokasi pohon induk pertama ditemukan di dekat Gua Musang, Kelantan, bukan karena itu terkait dengan musang.

Kegembiraan terjadi ketika pertama kali ditemukan di Tanah Merah, Kelantan, Malaysia, karena ternyata menanam pohon buah yang digemari oleh penduduk lokal dengan buah-buahan berkualitas di daerah tersebut. Tiga tahun kemudian, seorang penduduk lokal bernama Wee Chong Beng mendaftarkan spesies ini sebagai jenis unggul sebagai Raja Kunyit, karena dagingnya yang kuning seperti kunyit.

Munculnya spesies unggul ini segera menjadi topik trending dan petani di negara tetangga bergegas menanamnya. Pada awal 2000-an, pohon-pohon yang ditanam mulai berbuah dan bisa dipanen. Ternyata, hasilnya tetap berkualitas. Ini semakin menarik minat banyak petani untuk menanam jenis ini.

Pemerintah Malaysia mendaftarkan jenis-jenis benih ini sebagai 197 varietas atau dikenal sebagai D-197.

Ciri-Ciri Durian Musang King?

Bicara karakteristik fisik, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli kesalahan. Mulai dari daun hingga buah. Daunnya memanjang dan runcing, tidak lebar seperti jenis lainnya. Untuk warna, daunnya agak kuning. Nanti daunnya bisa tumbuh lebat asalkan terkena sinar matahari yang baik dan cukup.

Dari segi batang tidak terlalu berbeda dengan jenis lain pada umumnya. Ia tumbuh tegak dengan banyak cabang yang juga kuat. Akarnya termasuk akar tunggang dan dibagi menjadi tiga: primer, tersier dan sekunder.

Fitur yang mencolok dapat dilihat pada buah. Duri itu ditemukan dalam buah berbentuk piramida dengan tepi yang rata. Bentuk buahnya juga sangat berbeda dengan jenis yang biasa. Jika buah durian biasanya bulat, jenis ini berbentuk oval seperti bola rugby. Ciri unik lainnya adalah batang buah berwarna coklat dan agak botak. Di pangkal buah samping ada lima garis duri yang menyerupai bintang laut.

Pastikan buah yang Anda beli memiliki semua karakteristik fisik seperti di atas. Mungkin ada beberapa yang memiliki dua atau tiga sifat, tetapi tipe aslinya harus memiliki keseluruhan sifat tersebut. Jangan sampai salah pilih atau ditipu!

Harga Durian Musang King

Sejak dulu, buah pedas ini dikenal sebagai buah yang mahal. Ini masuk akal mengingat dibutuhkan setidaknya 10 tahun bagi tanaman ini untuk mencapai kematangan sempurna. Memang, teknologi yang jauh lebih maju sekarang dapat mempercepat panen, tetapi itu tidak mengurangi harga tinggi buah ini.

Jika jenis biasa mahal, bagaimana dengan raja musang? Di negara asalnya, harga per kg buah ini sekitar RM 45 (Rp. 157.500), dan beberapa bahkan mencapai RM 85 (Rp. 297.000). Fantastis bukan? Di Indonesia sendiri, jenis buah ini telah banyak dibudidayakan sehingga harganya tidak terlalu jauh berbeda dengan daerah asalnya, meski masih lebih tinggi. Harga buah bisa mencapai Rp 200.000 / kg. Harga bibit durian king musang mulai dari Rp 50.000 - Rp 2.0000.000 tergantung ukuran.

Wow, mahal sekali! Tak heran varian ini diprediksi sebagai Raja Durian.

Meski harganya cukup mahal, permintaannya tidak sedikit karena rasanya memang tidak perlu diragukan. Tidak hanya membeli buah, banyak pecinta yang ingin menanam sendiri dengan membeli biji. Karena itu, semakin banyak penjual yang mengolahnya.

Hal ini menjadikan penanaman durian Weasel King menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Karena peminat buah ini tidak pernah sepi. Terutama jika ini musim panen, di mana Anda bisa merasakan kelezatan, penjualan skala jalanan dan hipermarket akan meningkat tajam.

Raja Musang jenis ini yang dikatakan unggul juga cukup mudah ditanam dan kuat. Anda tidak perlu memberikan perawatan khusus, cukup menyiraminya setiap hari dan menggunakan pupuk organik seperti kandang atau kompos. Namun, jika Anda ingin tumbuh lebih cepat, Anda dapat menambahkan pupuk NPK bermutu rendah setiap tiga bulan.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang optimal. Jadi, pastikan tidak ada tanaman yang lebih tinggi di sekitarnya.

Wisata Kebun Durian Musang King

Dengan meningkatnya minat pada jenis buah ini, semakin banyak perkebunan membuka wisata buah durian, di mana ada jenis Raja Musang.

Tur ini cocok bagi Anda yang menyukai buah ini. Biasanya, pengunjung akan diizinkan untuk melihat-lihat perkebunan untuk melihat lebih dekat perbedaan jenis dan langsung memilih mana yang akan dibeli. Tidak jarang, penjual mengizinkan pengunjung untuk memetik buah sendiri dari pohon. Ini adalah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan bagi Anda maniak maniak berduri.

Ini juga area bisnis yang cukup menguntungkan. Jika Anda memiliki area yang cukup luas, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka tur ini. Investasi di perkebunan buah dikatakan menghasilkan omset lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman karet atau kelapa sawit.

Jika per hektar dapat ditanam sekitar 200 pohon, per pohon nantinya dapat memanen sekitar 100-200 kg buah. Jadi, setidaknya Anda bisa memanen 20.000 kg buah saat panen. Silakan gandakan sendiri berapa banyak dolar yang Anda bisa jika Anda bisa memanen sebanyak itu.

Dengan kemudahan tanam, tidak mungkin mengalami kegagalan panen. Ditambah lagi minat pasar terhadap buah yang juga sering disebut durian itu seperti tidak pernah berkurang. Ini membuat bisnis ini semakin populer.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan bisnis raja durian musang?
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar