Skip to main content

Apa yang dimaksud dengan Facebook Lite? dan Kegunaannya

Sebagai raksasa media sosial dengan miliaran pengguna, itu tidak membuat Facebook berhenti berinovasi. Setelah sebelumnya menciptakan Facebook messenger, sekarang perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California telah meluncurkan Facebook Lite, aplikasi #Facebook yang diperuntukkan bagi pemilik smartphone murah dengan jaringan internet terbatas. Namun jika Anda ulas dari riwayatnya Facebook sebenarnya versi "ringan" ini sebelumnya sudah diperkenalkan pada 2009 lalu. Sayangnya, pada tahun 2010, rintisan lite Facebook ini harus dihentikan untuk perbaikan.

Saat ini versi "ringan" dari Facebook telah kembali dengan banyak pembaruan. Facebook minimalis, yang bernama Facebook lite, telah menerima respons yang cukup besar dari masyarakat. Karena sampai sekarang, aplikasi Facebook Lite telah diunduh di play store sebanyak 10 ribu dan mendapat peringkat rating 4,6 dari 5 bintang yang diberikan oleh 639 pengguna. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunduh Facebook lite ini, Anda harus sedikit bersabar karena Facebook lite masih sedang diuji di Nepal, Nigeria, Bangladesh, Afrika Selatan, Sudan, Sri Lanka, Vietnam dan Zimbabwe.

Sistem
Dengan ukuran sekitar 252 KB, Facebook Lite sangat ringan untuk ditampilkan. Dengan ukuran yang relatif kecil ini, Facebook Lite akan bekerja dengan cepat dan optimal bahkan pada perangkat #Android kelas bawah yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas.
Apa yang dimaksud dengan Facebook Lite?

Beberapa smartphone dengan koneksi internet 2G atau lebih rendah masih kompatibel untuk dapat menampilkan halaman Facebook. Facebook Lite sendiri didasarkan pada Snaptu, aplikasi khusus web seluler yang menggabungkan berbagai jenis jejaring sosial, berita terbaru, informasi cuaca, olahraga hingga informasi tentang bioskop Hollywood pada satu halaman.

fitur dan keuntungan
Walaupun ini adalah aplikasi sederhana, tetapi karena telah mengalami perbaikan dan modifikasi dari versi sebelumnya, Facebook lite saat ini cukup bagus. Beberapa fitur ini adalah Timeline, Friends, Message, Notification, dan menu Settings. Untuk memperbarui status, Anda dapat menuliskannya di kolom di bagian bawah layar.

Facebook lite sekarang juga memiliki beberapa fungsi modern dari versi sebelumnya. Fungsi modern yang dimiliki oleh Facebook Lite adalah pemberitahuan push dan integrasi aplikasi dengan kamera pada ponsel. Jadi dengan aplikasi ini selain dapat memperbarui status Anda, Anda juga dapat mengunggah foto dan membaginya dengan teman-teman Anda. Fitur modern ini disajikan dengan tujuan agar pengguna masih memiliki pengalaman yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi Facebook premium.

Karena aplikasi ini dibuat dengan konsep yang sederhana dan ringan, sehingga bagi Anda yang bosan dengan aktivitas menunggu, Facebook Lite memberikan solusinya. Dengan Facebook lite, Anda akan mendapatkan pengalaman baru untuk melakukan penjelajahan Facebook dengan cepat, termasuk menampilkan gambar dan mengobrol dengan fitur Pesan yang ada.

Kampanye Perluasan Internet
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Facebook Lite terbaru telah diuji di beberapa negara Asia dan Afrika dengan mendapatkan respons yang cukup baik dari pengguna di negara itu. Mengapa harus dimulai di Asia dan Afrika? Ya, Facebook Lite memang merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Facebook, Inc. selain menghadirkan lingkungan baru di Facebook, tetapi juga untuk mengkampanyekan perluasan internet dengan menggunakan jejaring sosial.

Untuk berhasil dalam program kampanye perluasan internet ini, Facebook, Inc. dikabarkan serius untuk membuat proyek internet.org dengan bantuan dan kerja sama beberapa perusahaan teknologi. Internet.org sendiri adalah proyek yang bertujuan untuk membawa akses internet gratis ke negara - negara yang masih memiliki akses internet terbatas dan terutama ke negara-negara yang belum memiliki jaringan internet.

Dengan Internet.org ini Facebook, Inc. sangat optimis untuk dapat mewujudkan programnya untuk memperluas dan meningkatkan jaringan dan akses di seluruh dunia. Optimisme mereka pada proyek Internet.org terlihat dari keseriusan pendiri Facebook Mark Zuckerberg, yang bersedia melakukan perjalanan dunia untuk berkampanye dan bertemu dengan beberapa pemimpin negara yang ia kunjungi. Di Indonesia, Internet.org telah meluncurkan aksinya dalam bentuk kemitraan dengan XL Axiata.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar