Skip to main content

Makna Burung Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara, Makna Sila ke 1 sampai Sila 5

Makna Burung Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara. Sebenarnya, apa simbol Pancasila dan apa artinya? Sebelum membahas makna simbol Garuda Pancasila, ada baiknya kita memahami apa makna Pancasila itu sendiri. Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia di mana ada lima sila yang membentuk dasar kehidupan berbangsa dan bernegara untuk semua orang Indonesia. Ideologi bangsa Indonesia tercermin dalam lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila.

Pancasila ada di perisai di dada burung Garuda. Setiap sila Pancasila digambarkan dengan simbol:

Bintang
Rantai
pohon beringin
Kepala Banteng
Padi dan kapas

Daftar isi
Lambang Pancasila
Arti Lambang Pancasila
1. Arti Simbol Pancasila, Sila ke 1
2. Makna Simbol Pancasila, Sila ke 2
3. Arti Lambang Pancasila, Sila ke 3
4. Arti Lambang Pancasila, Sila ke 4
5. Arti Lambang Pancasila, Sila ke 5

Makna  Lambang  Pancasila
Untuk lebih memahami apa arti simbol Pancasila, artikel ini akan mencoba membahas masing-masing sila dalam Pancasila.

Makna Burung Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara


1. Makna Simbol Pancasila, Sila 1

Sila 1 Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa.. Simbol Pancasila sila pertama digambarkan sebagai bintang yang memiliki lima sudut.

Gambaran bintang dalam sila pertama Pancasila memiliki arti cahaya, yaitu cahaya spiritual yang dipancarkan oleh Tuhan kepada umat manusia. Simbol Pancasila berbentuk bintang juga diartikan sebagai cahaya yang menerangi Lima Negara Dasar (Pembukaan UUD 1945 ayat 4), Sifat lima Negara (Pembukaan UUD 1945 ayat 2), dan tujuan kelima Negara (Pembukaan UUD 1945 ayat 4).

Warna hitam pada latar belakang Bintang melambangkan warna alam. Warna latar belakang juga dapat diartikan bahwa berkat rahmat Tuhan adalah sumber dari segala sesuatu di dunia ini.

2. Arti  Lambang Pancasila, Sila ke-2

Sila ke-2 Pancasila adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Simbol kedua sila Pancasila digambarkan oleh lingkaran emas dan lingkaran yang dihubungkan bersama untuk membentuk lingkaran.

Link persegi panjang adalah simbol pria, sedangkan link bulat melambangkan wanita. Tautan yang saling berhubungan dengan simbol-simbol ini melambangkan hubungan setiap manusia, di mana pria dan wanita saling membutuhkan dan harus bersatu agar menjadi kuat seperti rantai.

Dengan kata lain, makna lambang Pancasila adalah hubungan antara individu-individu dalam masyarakat Indonesia (baik pria dan wanita) yang dilakukan secara adil dan beradab sehingga hubungan masyarakat secara keseluruhan menjadi lebih kuat.

3. Arti  Lambang Pancasila, Sila ke-3

Pohon Beringin,  Lambang ke-3 Sila
Sila ke-3 Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Simbol ke-3 dari sila Pancasila digambarkan oleh Pohon Beringin yang memiliki akar dan sulur.

Simbol Pohon Beringin di sini berarti bahwa Pancasila adalah tempat berteduh bagi semua orang Indonesia untuk merasa aman dan nyaman walaupun ada banyak perbedaan antar kelompok etnis.

Sulur dan akar dalam gambar Pohon Beringin adalah cerminan dari keragaman kelompok etnis di Indonesia. Dengan kata lain, makna simbol ke-3 dari sila Pancasila adalah keragaman kelompok etnis di Indonesia yang bersatu dan dilindungi di bawah Pancasila.

4. Arti  LambangPancasila, Sila ke-4

Suara ke-4 Sila Pancasila adalah Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan. Sila ke-4 dilambangkan dengan gambar Kepala Banteng.

Banteng dikenal sebagai makhluk yang berpikiran sosial dan suka berkumpul satu sama lain sehingga kelompok banteng menjadi lebih kuat dan dapat dilindungi dari pemangsa.

Simbol Kepala Banteng dalam sila ke-4 Pancasila memiliki arti bahwa orang Indonesia adalah makhluk sosial yang suka berkumpul dan berkonsultasi untuk membuat konsensus dan membuat keputusan. Dengan kata lain, semua keputusan yang diambil adalah hasil dari musyawarah dan mufakat bersama.

5. Arti Lambang Pancasila, Sila ke-5

padi dan kapas, simbol ke 5 dari Sila
Bunyi Sila ke-5 Pancasila adalah Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila ke-5 dilambangkan dengan gambar Beras dan Kapas.

Simbol padi dan kapas dalam sila ke-5 melambangkan kebutuhan dasar semua manusia untuk hidup, yaitu kebutuhan akan makanan dan pakaian.

Kebutuhan pangan dan pakaian rakyat yang terpenuhi dengan baik adalah persyaratan utama bagi suatu negara untuk mencapai kesejahteraan. Inilah yang menjadi cita-cita dalam sila ke-5 Pancasila.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang Lambang Pancasila dan maknanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar