--> Skip to main content

12 Bukti Ayat Alkitab Tentang Ajaran Allah Tritunggal

Sebagai orang Kristen, tentu saja kita sering mendengar istilah dewa Trinitas. Ajaran gereja tentang Tritunggal Kudus adalah konsep unik Kekristenan dan tidak dimiliki oleh agama lain. Allah Tritunggal menyatakan bahwa Allah kita memiliki tiga kesatuan, Bapa, anak Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Ayat Alkitab tentang Tritunggal Allah menyatakan bahwa ketiganya hadir dalam hidup kita dan memiliki peran mereka sendiri.

Banyak yang memberikan perumpamaan untuk menjelaskan makna ayat Alkitab tentang Tuhan Triune. Beberapa konsep Tuhan Triune adalah seperti konsep seorang manusia. Seorang pria dapat dipanggil sebagai suami dengan tanggung jawab suami kepada istrinya dalam kekristenan. Seorang pria juga dapat dipanggil sebagai manajer dengan penugasan di kantornya. Dia juga dapat disebut sebagai seorang anak ketika berkumpul dengan orangtuanya. Dia memiliki tiga panggilan yang berbeda, tiga tugas dan tanggung jawab yang berbeda, namun dia tetap menjadi salah satu orang yang sama. Walau perumpamaan ini tidak sempurna untuk menjelaskan teks Alkitab Tritunggal Allah, perumpamaan ini cukup banyak diterima oleh banyak orang Kristen.
10 Bukti Alkitab Tentang Ajaran Allah Tritunggal

Jika kita mencari semua ayat Alkitab tentang Tuhan Triune, sebenarnya tidak ada kata ' Trinitas ' yang dinyatakan dalam Alkitab. Inilah yang membuat banyak orang masih memperdebatkan konsep Tritunggal dalam kekristenan karena itu dianggap bertentangan dengan satu Tuhan. Tidak adanya kata ' Trinitas ' dalam Alkitab tidak berarti bahwa Alkitab tidak menjelaskan konsep ini. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang Tuhan Triune.

  1. Matius 3:16-17 setelah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan kemudian langit terbuka dan ia melihat Roh Allah sebagai seekor burung merpati turun ke atas dirinya, dan ada suara dari sorga berkata,  "Inilah AnakKu yang Kukasihi, kepada siapa aku berkenan. "
  2. Matius 28:19 karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa, baptislah mereka dalam nama Bapa dan anak, dan Roh Kudus.
  3. 2 Korintus 13:13 kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus ada bersama kamu semua.
  4. 1 Korintus 12:4-6 ada bentuk karunia, tetapi satu Roh. Dan ada bentuk pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah orang yang bekerja semua dalam semua.
  5. Kejadian 1:26 dan Allah berfirman, "Baiklah kita menjadikan manusia dalam rupa kita, dalam rupa kita, supaya mereka memerintah atas ikan-ikan di laut, dan burung di udara, atas ternak, dan atas seluruh bumi, dan atas segala binatang yang merayap di atas bumi. "
  6. Yohanes 14:16-17 Aku akan meminta kepada Bapa, dan ia akan memberikan kepadamu penolong yang lain, supaya ia berada bersama kamu selama-lamanya, yaitu Roh kebenaran. Dunia tidak bisa menerimanya, karena dunia tidak melihatnya dan tidak mengenalnya. Tetapi kamu mengenal dia, karena dia ada bersama kamu dan akan berdiam di dalam kamu.
  7. Roma 8:11 dan jika Roh dia yang membangkitkan Yesus dari antara orang mati berdiam di dalam kamu, dan dia yang membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati akan mengubah tubuh fana Anda dengan Roh-Nya, dan berdiam di dalam kamu.
  8. 1 Timotius 1:1-2 dari Paulus, rasul Kristus Yesus sesuai dengan perintah Allah, Juruselamat kita, dan Kristus Yesus, dasar harapan kita, kepada Timotius, anakku yang sah dalam iman: rahmat, rahmat, dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus , Tuhan kita, bersamamu.
  9. 1 Korintus 6:11 dan beberapa dari Anda begitu pertama. Tetapi engkau telah membasuh dirimu sendiri, engkau telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.
  10. 1 Petrus 1:1-2 dari Petrus, Rasul Yesus Kristus, kepada para migran, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia kecil dan Bitinia, orang-orang terpilih, menurut rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, untuk mematuhi Yesus Kristus dan menerima percikan darahNya. Semoga kasih karunia dan kedamaian menjadi lebih melimpah di atas dirimu.
  11. 1 Yohanes 5:7-8 karena ada tiga yang bersaksi (di surga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. Dan ada tiga yang bersaksi di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.
  12. Yohanes 14:28 engkau telah mendengar bahwa aku telah berfirman kepadamu, aku akan pergi, tetapi aku mau kembali kepadamu. Jika Anda mengasihi saya, Anda pasti akan bersukacita karena saya pergi kepada ayah saya, karena ayah lebih besar dari saya.


Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang Tuhan Triune. Ayat ini menunjukkan bahawa Alkitab betul mengakui kewujudan tiga entiti Bapa, anak dalam watak Kristus, dan Roh Kudus. Allah sendiri pada waktu penciptaan manusia menggunakan kata ' kita ' yang tidak mengacu pada dirinya sendiri, tetapi ada entitas lain yang bersama-sama dengan dia melakukan penciptaan. Para Rasul seperti Petrus dan Paulus mengakui Tritunggal Allah oleh para murid yang diberkati melalui kuasa Bapa, putra, dan Roh Kudus.

Orang tidak akan pernah mengerti konsep ini secara keseluruhan. Jika kita dapat memahami konsep penuh Allah, Bukankah itu berarti Allah tidak begitu besar? Bersyukurlah jika kita masih diberi iman untuk percaya kepada Tritunggal Allah. Bersyukur juga karena Allah masih memberi kita sedikit kesempatan untuk mengenalnya jauh lebih dalam. Tuhan memberkati
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar