Skip to main content

Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~Part-3

Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~Part-3 atau bagian ketiga adalah tulisan terakhir dari rangkaian soal-soal ujian tengah semester genap sosiologi kelas 11 K13 edisi revisi. Bagi anda yang belum membaca tulisan sebelumnya, silahkan baca, soal PTS sosiologi bagian ke-1 dan bagian ke-2 (nomor 11-20).Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban 

Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Berikut kami memberikan Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban 

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

Bila butir soalnya sebelumnya berbentuk pilihan ganda/PG, maka untuk bagian ketiga berbentuk essay/uraian, dengan dimulai dari pertanyaan nomor 21 berikut ini.

21. Jelaskan peran pemerintah dalam mengatasi konflik dalam masyarakat!
Jawaban: pemerintah melalui serangkaian peraturan hukum yang diundangkan dan melalui aparat penegak hukum berwewenanng dalam mengendalikan konflik dalam masyarakat.

22. Sebutkan macam-macam konflik menurut Soerjono soekanto?
Jawaban: menurut Soerjono Soekanto konflik dibedakam menjadi 5 bentuk, yaitu:
a. konflik atau pertentangan pribadi
b. konflik atau pertentangan rasial
c. konflik atau pertentangan antar kelas-kelas sosial
d. konflik atau pertentangan politik
e. konflik atau pertentangan yang bersifat internasional

23. Jelaskan yang dimaksud konflik diagonal, sebutkan contohnya!
Jawaban: konflik diagonal, merupakan konflik yang terjadi karena adanya ketidakadilan alokasi sumber daya keseluruh organisasi sehingga menimbulkan pertentangan ekstrim, contohnya konflik poso.

24. Sebutkan dampak positif dari adanya konflik!
Jawaban: dampak positif adanya konflik:
a. konflik dapat meningkatkan solidaritas diantara kelompok, misalnya apabila terjadi pertikaian antarkelompok, anggota-anggota dari setiap kelompok tersebut akan bersatu untuk mengahdapi lawan kelompoknya.
b. konflik berfungsi sebagai alat perubahan sosial, misalnya anggota-anggota kelompok atau masyarakat yang berseteru akan menilai dirinya sendiri dan mungkin akan terjadi perubahan dalam dirinya.
c. munculnya pribadi atau mental masyarakat yang tahan uji dalam menghadapi segala tantangan dan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat lebih mendewasakan masyarakat.

25. Bagaimana hubungan antara konflik dan kekerasan dalam masyarakat?
Jawaban: kekerasan terkadang merupakan bentuk penyelesaian akhir dari sebuah konflik.

26. Sebutkan 5 saja bentuk pengendalian terhadap konflik!
Jawaban: secara umum, terdapat beberapa cara dalam upaya mengendalikan atau meredakan sebuah konflik, yaitu sebagai berikut.
a. Konsiliasi
Konsiliasi merupakan bentuk pengendalian konflik sosial yang dilakukan oleh lembaga0lembaga tertentu yang dapat memberikan keputusan dengan adil. Dalam konsiliasi berbagai kelompok yang berkonflik duduk bersama mendiskusikan hal-hal yang menjadi pokok permasalahan.
b. Arbitrasi
Arbitrasi merupakan bentuk pengendalian konflik sosial melalui pihak ketiga dan kedua belah pihak yang berkonflik menyetujuinya. Keputusan-keputusan yang diambil pihak ketiga harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang berkonflik.
c. Mediasi
Mediasi merupakan bentuk pengendaliaan konflik sosial, dimana pihak-pihak yang berkonflik sepakat menunjukan pihak ketiga sebagai mediator. Namun berbeda dengan arbitrasi, keputusan-keputusan pihak ketiga tidak mengikat manapun.
d.  Ajudication
Ajudication merupakan cara penyelesaian konflik melalui pengadilan yang tepat dan adil
e. Segregasi 
Upaya saling menghindari atau memisahkan diri untuk mengurangi ketegangan.

27. Apakah yang dimaksud dengan arbitrasi?
Jawaban: bentuk pengendalian konflik sosial melalui pihak ketiga dan kedua belah pihak yang berkonflik menyetujuinya. Keputusan-keputusan yang diambil pihak ketiga harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang berkonflik.

28. Sebutka hasil dari manajemen konflik!
Jawaban:
Manajemen konflik menang-kalah, kalah-menang, dan menang-menang.

29. Terangkan mengenai manajemen konflik menang-menang!
Jawaban: konflik menang-menang dilksanakan dengan jalan menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam konflik yang terjadi. Hal tersebut secara tipikal dicapai melalui apabila dilakukan konfrontsi pesoalan-persoalan yang ada dan digunakannya cara pemecahan maslah untuk mengatasi perbedaan-perbedaan pendapat dan pangangan.

30. Mengapa konflik dapat terjadi pada kehidupan masyarakat?
Jawaban: karena pada dasarnya manusia hidup dalam masyarakat akan selalu memiliki banyak pertentangan dan perbedaan, baik itu perbedaan latar belakang, perbedaan kepentingan, perbedaan pandangan, dan lain sebagainya. Hal-hal inilah yang kemudian melahirkan konflik dalam masyarakat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar