Skip to main content

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban~Part-5

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban~Part-5 berisikan soal-sosal essay PAI semester genap kelas 11 yang diambil dari Bab 3, "Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam", seperti soal agama Islam tentang muamalah, syirkah, perbankan dan asuransi syariah. Tentunya berbeda dengan soal essai PAI bagian ke-1 sampai bagian ke-4 (nomor 36-45) yang diambil dari Bab 1 sampai Bab 2.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban

Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban

Selain itu, admin telah mempublish materi soal tentang prinsip dan praktik ekonomi Islam dalam bentuk pilihan ganda/PG yang bisa anda baca dan pelajari disini.

Berikut kami memberikan Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

Berikut, soal essay agama Islam kelas xi semester genap kurikulum 2013 edisi revisi dan kunci jawaban untuk siswa SMA/Sederajat, dimulai dari pertanyaan nomor 46.

46. Asuransi syariah dimaknai sebagai wujud dari bisnis pertanggungan yang didasarkan pada nilai-nilai dalam ajaran Islam, yaitu….
Jawaban: Al-Qur’an dan Sunnah rasul, maka landasan yang dipakai dalam hal ini tidak jauh berbeda dengan metodologi yang dipakai oleh sebagian ahli hukum Islam

47. Bank-bank syariah dalam operasinya disesuaikan dengan….
Jawaban: prinsip-prinsip syariah Islam dan tata caranya, acuannya adalah Al-Qur’an dan As Sunah.

48. Murabahah, yaitu suatu istilah dalam fikih Islam yang menggambar tentang…..
Jawaban: suatu jenis penjualan di mana penjual sepakat dengan pembeli untuk menyediakan suatu produk, dengan ditambah jumlah keuntungan tertentu di atas biaya produksi.

49. Keuntungan usaha secara mudharabah dibagi menurut….
Jawaban: kesepakatan yang dituangkan dalam kontrak, namun apabila mengalami kerugian, maka ditanggung oleh pemilik modal selama kerugian tersebut bukan akibat kelalaian si pengelola. Seandainya kerugian itu diakibatkan karena kecurangan atau kelalaian si pengelola, maka pengelola harus bertanggung jawab atas kerugian tersebut.

50. Syarat dari nilai suatu harga adalah….
Jawaban: harga jual harus jelas jumlahnya, nilai tukar barang dapat diserahkan pada saat transaksi, apabila transaksi dengan barter (Al-Muqadayah), maka tidak boleh dengan barang yang haram.

51. Apa yang dimaksud dengan qardhul hasan?
Jawaban: qardhul hasan, yakni pembiayaan lunak yang diberikan kepada nasabah yang baik dalam keadaan darurat. Nasabah hanya diwajibkan mengembalikan simpanan pokok pada saat jatuh tempo. Biasanya layanan ini hanya diberikan untuk nasabah yang memiliki deposito di bank tersebut , sehingga menjadi wujud penghargaan bank kepada nasabahnya.

52. Jelaskan yang dimaksud asuransi syariah!
Jawaban: asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk asset dana tau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

53. Sebutkan contoh jual beli yang terlarang dan tidak sah!
Jawaban:
a. Jual bei sesuatu yang termasuk najis, seperti bangkai dan daging bagi.
b. Jual beli air mani hewan ternak
c. Jual beli hewan yang masih berada dalam perut induknya (belum lahir)
d. Jual beli yang mengandung unsur kecurangan dan penipuan

54. Bagaimana cara pembatalan mudhabarah itu dapat dilakukan?
Jawaban:
a. Tidak terpenuhinya salah satu atau beberapa syarat mudharabah
b. Pengelola dengan sengaja meninggalkan tugasnya sebagai pengelola modal berbuat sesuatu yang bertentangan dengan tujuan akad.
c. Apabila pelaksana atau pemilik modal meninggal dunia atau salah satu dari pemilik mudharabah meninggal dunia, maka mudharabah batal.

55. Apa yang dimaksud monopoli dan najsyi?
Jawaban:  Monopoli adalah menimbun barang dengan tujuan untuk supaya orang lain tidak dapat membelinya dan najsyi adalah menawar barang dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain agar membeli barang yang ditawarkannya.

56. Jual beli adalah….
Jawaban: menukar suatu barang dengan barang yang lain dengan cara yang tertentu (akad).

57. Mudarabah muthalaqah merupakan….
Jawaban:  bentuk keerja sama anatara pemilik modal dan pengelola yang cakupannya sangat luas dan tidak dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha, waktu, dan daerah bisnis.

58. Suatu kerja sama antara pemilik lahan pertanian baik berupa sawah atau lading dengan penggarap yang bibit asalnya dari penggarap dengan bagi hasil yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan bersama disebut….
Jawaban: muzaraah

59. Ijarah berasal dari bahasa Arab yang artinya…..
Jawaban: upah atau imbalan

60. Khiyar artinya….
Jawaban: boleh memilih antara dua, meneruskan akad jual beli atau mengurungkannya.

Lanjut ke soal nomor 61-70 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban~Part-6
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar