Skip to main content

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 (Part-4)

Melanjutkan Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 bagian ketiga (soal nomor 16-25), pada bagian keempat ini, berisikan materi tentang "Menghargai hasil karya orang lain".Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 

Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...

Berikut kami memberikan Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.


Berikut ini, soal essay PAI dan jawabannya untuk SMA/MA/SMK, dimulai dari soal nomor 26 sampai dengan 35.

26. Apa yang dimaksud dengan hak cipta? Jelaskan!
Jawaban: Hak cipta adalah terminologi hukum yang menggambarkan hak-hak yang diberikan kepada pencipta untuk karya-karya mereka dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra.

27. Sebutkan beberapa contoh karya yang hak ciptanya dilindungi oleh undang-undang!
Jawaban:
a. Buku, program komputer, pamflet, susunan perwajahan karya tulis yang diterbitkan dan hasil karya ciptaan lain.
b. Ceramah, kuliah, pidato, dan ciptaan lainnya yang diwujudkan dengan cara diucapkan.
c. Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan.
d. Ciptaan lagu atau musik dengan tanpa teks, termasuk kerawitan dan rekaman suara
e. Drama, tari, pewayangan, pantomim
f. karya pertunjukan
g. Karya siaran
h. Seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, seni terapan yang berupa seni kerajinan tangan.
i. Arsitektur
j. Peta
k. Seni Batik
l. Sinematografi
m. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rantai dan karya-karya lainnya dari hasil perwujudan cipta dan karya.

28. Apa yang dimaksud menghargai hasil karya orang lain?
Jawaban: Menghargai karya orang lain adalah perilaku menilai, menghormatai, atau menganggap penting hasil karya orang lain dengan mengakui kelebihan orang lain dan menyadari kelemahan yang dimilikinya.

29. Bagaimana cara menghargai hasil karya orang lain?
Jawaban: cara menghargai hasil karya orang lain diantaranya sebagai berikut:
a. memberikan penilaian
b. Menghormati karya orang lain
c. Menjaga, melestarikan, atau tidak merusaknya
d. Memanfaatkan dengan sebaik-baiknya
e. Memberi saran yang membangun
f. Tidak membajak hasil karya orang lain
g. Tidak merekayasa hasil karya orang lain dan mengakui sebagai karyanya sendiri

30. Tulislah terjamah Q.S. An-Nisa[4]: 29
Jawaban: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu.

31. Jelakan arti ayat diatas berkenaan dengan hak ekonomi dalam sebuah hak cipta!
Jawaban: pemegang hak cipta memiliki untuk mengambil keuntungan dari kegiatan ekonomi terhadasp ciptaan tersebut. Oleh karena itu, jika pihak lain akan memanfaatkan hasil karyanya, tenntunya harus diperoleh dengan cara ang saling menguntungkan.

32. Apa yang dimaksud dengan memberikan penilaian terhadap sebuah hasil karya dan bagaimana bentuk penilaian tersebuat? Jelaskan!
Jawaban: memberikan penilaian terhadap sebuah karya artinya memberikan respon terhadap karya tersebut. Penilaian itu pun berbeda, ada penilaian sepintas atau sederhana, seperti ungkapan “Wah, bagus nih!”, Wow, sempurna”!”, “Kayaknya kurang di bagian ini”, atau ungkapan lain. Ada juga penilaian yang lebih mendalam atau biasa disebut interpretasi. Dalam hal ini, orang yang memberikan penilaian akan menyelidiki apa latar belakang munculnya karya tersebut, dan sebagainya. Dengan kata lain, dalam penilaian yang kedua ini ada proses analisis terhdap suatu karya yang ada.

33. Bagaimana tindakan yang tepat jika ingin memanfaatkan hasil karya orang lain yang memang diciptakan untuk diambil manfaatnya oleh khalayak umum?
Jawaban: jika kita ingin memanfaatkan hasil karya orang lain yang memang diciptakan untuk diambil manfaatnya oleh khalayak umum, sebaiknya kita memanfaatkan hasil karya tersebut sesuai dengan tujuan awal penciptaannya, tidak digunakan secara menyimpang, apalagi digunakan untuk hal-hal yang mengandung kemaksiatan dan merugikan orang lain.

34. Seperti apa rekayasa terhadap hasil karya orang lain yang dikataklan lebih buruk dari pada pembajakan? Jelaskan!
Jawaban:  Rekayasa hasil karya orang lain yang dikatakan lebih buruk daripada pembajakan adalah rekayasa yang dilakukan terhadap sebuah karya orang lain dan kemudian sebagai hasil karya sendiri. Jika membajak suatu hasil karya itu hanya berkaitan dengan mengambil manfaat dari karya orang lain dan merugikan orang lain yang seharusnya mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan karya tersebut. Adapun merekayasa dan mengakui sebagai hasil karya sendiri, selain mengambil manfaat, juga terjadi prampasan terhadap hak paten yang dimiliki kreatornya.

35. Sebutkan beberapa hikmah perilaku menghargai hasil karya orang lain!
Jawaban: Hikmah perilaku menghargai hasil karya orang lain antara lain memperoleh manfaat dari sebuah karya dengan berkah, memotivasi untuk melahirkan karya-karya baru, menimbulkan perbaikan bagi beberapa karya yang memang perlu penyempurnaan, dan tidak adanya perilaku yagn merugikan pihak pembuat sebuah karya.

Lanjut ke soal nomor 36-45 => contoh soal essay PAI kelas 11 semester 2 dan jawabannya bagian ke-5
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar