Skip to main content

Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban berisikan soal-soal essai ekononomi semester genap kelas 11 dengan materi soal yang dengan soal PG ekonomi bagian ke-1 dan bagian ke-2 yaitu soal tentang APBN dan APBD.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban- Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Berikut kami memberikan Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


Note: bagi anda yang saat ini menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP, bisa membaca tulisan admin sebelumnya: Soal dan Jawaban Ekonomi Kelas XI Semester 2 (Essay)

Berikut, soal essay ekonomi kelas xi semester genap K13 edisi revisi untuk siswa SMA/MA/Sederajat dilengkapi kunci jawaban dimulai dari pertanyaan pertama.

1. Jelaskan 3 fungsi pokok REPETA?
Jawaban: REPETA mempunyai fungsi pokok berikut ini:
a. menjadi acuan bagi seluruh komponen bangsa (penyelenggaraan Negara baik di pusat maupun di daerah) dan masyarakat (termasuk dunia usaha) karena memuat keseluruhan kebijakan politik.
b. menjadi pedoman dalam menyusun APBN karena memuat arah kebijakan pembangunan nasional dalam satu tahun.
c. menciptakan kepastiaan kebijakan karena merupakan komitmen bangsa yang ditetapkan bersama oleh eksklusif dan legislative.

2. Pelaksanaan APBN dituangkan dalam ….
Jawaban: Program Pembangunan Lima Tahun (PROPENAS)

3. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN )  ditetapkan presiden dan lembaga tingi negara yaitu …
Jawaban: DPR

4. Pembelanjaan oleh negara bertumpu pada kemampuan negara; apabila penerimaan dalam negara meningkat maka pinjaman luar negara hanya sebagai pelengkap. Uraian ini adalah salah satu azas dalam penyusunan APBN yaitu …
Jawaban: Kemandirian

5. Bentuk pertanggungjawaban pemerintah terhadap pelaksanaan APBN disebut ….
Jawaban: PAN (Perhitungan Anggaran Negara)

6. Dana yang dialokasikan dalmam APBN untuk daerah dinamakan …
Jawaban: Dana perimbangan

7. Dana yang berasal dari APBN yang dialokasikan kepada daerah sebagai bagi hasil dari pengelolaan sumber daya alam di daerah oleh negara disebut ….
Jawaban: Dana bagi hasil

8. Penurunan yang tajam dari dalam harga-harga umum dinamakan ….
Jawaban: Deflasi

9. Harga-harga umum yang meningkat terus dinamakan ….
Jawaban: Inflasi

10. Dalam kondisi inflasi kebijakan fiscal yang diterapkan adalah …
Jawaban: Kebijakan anggaran surplus

11. Setiap orang baik sengaja atau tidak sengaja pasti terlibat dalam sebuah anggaran. Apakah yang dimaksud anggaran ?
Jawaban:  Anggaran adalah suatu daftar atau pernyataan yang terperinci mengenai penerimaan dan pengeluaran Negara yang diharapkan dalam jangka waktu tertentu, yaitu satu tahun.

2. Jelaskan pengertian dan fungsi APBN dan APBD ?
Jawaban:
- APBN
APBN adalah suatu daftar yang memuat perincian sumber-sumber  pendapatan negara dan jenis-jenis pengeluaran negara dalam waktu satu tahun.
Fungsi APBN bagi negara adalah sebagai berikut:
a. Fungsi alokasi
APBN memuat pengalokasikan dana dari seluruh pendapatan negara kepada pospos pembelanjaan baik untuk pembiayaan pembangunan maupun yang lain-lainnya. Sehingga penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan negara menjadi lancer dan terkendali. Sebagai contoh, anggaran untuk membayar utang luar negeri, biaya pendidikan, memajukan pertanian, kesehatan dan sarana prasarana lainnya. Alokasi APBN tersebut akan memengaruhi sendi-sendi perekonomian dan ketersediaan lapangan kerja.

b. Fungsi Distribusi
penerimaan negara dalam APBN selain digunakan APBN selain digunakan untuk kepentingan umum yaitu untuk pembangunan dan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, juga disalurkan kembali kapada masyarakat dalam bentuk subsidi, beasiswa dan dana pension. Subsidi, beasiswa dan dana pensiun merupakan bentuk dari transfer payment. Transfer payment adalah pengalihan pembiayaan dari satu sektor ke sektor  lain. Misalnya, subsidi harga pupuk ditujukan untuk meningkatkan pendapatan para petani.
c. Fungsi Stabilitas
pos-pos penerimaan dalam APBN sebagai pedoman dalam usaha memperoleh pendapatan baik dari segi macam penerimaan maupun jumlah uangnya. Harus dapat direalisasikan agar dapat menutup pos-pos pengeluaran. Demikian pula pos-pos pembelanjaan atau pengeluaran APBN harus dilaksanakan dengan disiplin agar terjadi keteraturan dan berdampak positif bagi perekonomian dan pembelanjaan negara.


- APBD:

APBD adalah suatu rancangan keuangan tahunan daerah yang ditetapkan berdasarkan peraturan daerah tentang Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah. APBD yang disusun oleh setiap daerah memiliki fungsi sebagai berikut:
a. Fungsi otoritasi
APBD berfungsi sebagai dasar bagi pemerintah daerah dalam menjalankan pendapatan dan belanja untuk masa satu tahun.

b. Fungsi Perencanaan
APBD merupakan pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan penyelenggaraan pemerintah daerah pada tahun yang bersangkutan.

c. Fungsi Pengawasan
APBD merupakan pedoman bagi DPRD, BPK, dan instansi pelaksanaan pengawasan lainnya dalam menjalankan fungi pengawasannya.

d. Fungsi Alokasi
dalam APBD telah digambarkan dengan jelas sumber-sumber pendapatan dan alokasi pembelanjaan yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

e. Fungsi Distribusi.

13. Dalam APBN terdapat belanja rutin dan belanja pembangunan. Apa perbedaan antara belanja rutin dengan belanja pembangunan ?
Jawaban: Perbedaan antara belanja rutin dengan belanja pembangunan
Belanja rutin adalah semua pengeluaran negara untuk membiayaai tugas-tugas umum pemerintahan dan kegiatan operasional pemerintah pusat, pembayaran bunga atas utang dalam negeri dan utang luar negeri, pembayaran subsidi, dan pengeluaran rutin lainnya. Belanja pembangunan adalah semua pengeluaran negara untuk membiayai proyek-proyek pembangunan yang dibebankan pada anggaran belanja pemerintah pusat.

14. Apa yang dimaksud dengan kebijakan anggaran ?
Jawaban: Kebijakan anggaran adalah kebijakan yang dilakukan dengan cara mengubah pengeluaran dan penerimaan negara yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas ekonomi, kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi, serta keadilan dalam distribusi pendapatan.

15. APBN memuat pengalokasian dana dari seluruh pendapatan negara kepada pos-pos pembelanjaan baik untuk pembiayaan pembangunan maupun yang lain-lainnya, sehingga penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lancer dan terkendali. Uraian tersebut adalah APBN dengan fungsi alokasi ….
Jawaban: Alokasi

Lanjut ke soal nomor 16-25 => Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~Part-2
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar