--> Skip to main content

Arti Jazakumullah Khairan, Jazakallahu Khairan dan dan Cara Menjawabnya

Arti Jazakumullah Khairan, Jazakallahu Khairan dan dan Cara Menjawabnya. Arti Jazakallahu Khairan adalah Semoga Allah Membalas Anda dengan Kebaikan. Kalimat Jazakallah khairan digunakan sebagai bentuk rasa terima kasih bagi seorang Muslim terhadap sesama Muslim lainnya yang telah melakukan perbuatan baik.Pada kesempatan ini admin akan membagikan sedikit pengetahuan tentang pembahasan makna jazakallahu khairan. Umat Muslim mungkin akrab dengan kalimat itu. Tetapi banyak yang belum tahu istilah itu, jadi pada kesempatan ini kita akan mengulas khairah jazakallah secara menyeluruh. Perlu diingat arti jazakallahu khairan adalah Semoga Allah Membalas Anda dengan Kebaikan.

Secara umum, kalimat ini biasanya digunakan sebagai bentuk rasa terima kasih bagi seorang Muslim terhadap sesama Muslim lainnya. Tujuannya tidak lain adalah karena seseorang melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi orang lain.

Demikian juga Jazakumullah Khairan berarti bahwa Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. Arti keduanya sama, hanya berbeda dalam penggunaan (lihat sub no. 2_).\

Arti Jazakumullah Khairan, Jazakallahu Khairan dan dan Cara Menjawabnya

Jika kita terjemahkan satu per satu. Jazakallah berarti semoga Allah membalas Anda apa yang Anda bayar? ya dengan Khairan yang artinya kebaikan.

Kalimat Jazakallah Khairan (baca: Jazakallahu_Khairan) atau Jazakumullah Khairan (baca: Jazakumullahu_Khairan) saling berhubungan dan penggunaannya tidak dapat dipisahkan menjadi Jazakallah, atau hanya cair. Jadi, biasakanlah mengucapkan kalimat yang berisi doa ini secara penuh seperti yang dicontohkan.

Penggunaan dasar Jazakallahu Khairan terkandung dalam Hadits yang diriwayatkan dari Usamah bin Zaid r. a, Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى
الثَّنَاءِ ».

Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian."

(HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Kitab Shahih Al jami’, no. 6368)

Itulah pedoman dalam menggunakan kalimat Jazakallahu Khairan. Nah, yang sebenarnya harus kita hindari adalah mengurangi ucapan atau bahkan menambahkannya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata-kata ini ditambah dengan kata Katsiran yang sangat berarti banyak. Sehingga menjadi ... Jazakallahu Khatsiran Katsiran yang berarti bahwa Allah akan membalas Anda dengan Banyak Kebaikan.

Meskipun kalimat tersebut terdengar lebih solid, namun, sebagai seorang Muslim yang taat, akan lebih baik jika kita menggunakan "Jazakallahu Khairan" saja, menurut pedoman yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dalam hadits. Meski tidak ada larangan saat menambahkannya.

Penggunaan Kata Jazakallahu Khairan

Bahasa Arab berbeda dengan bahasa Indonesia, terdapat pelapalan berbeda ketika mengucapkan sesuatu kepada perempuan, laki- laki tunggal dan Jamak. Begitupun dengan kalimat ini yang memiliki kaidah berbeda dalam penggunaannya.

1. جَزَاكَ اللهُ (Jazakallahu Khairan)

Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan (Laki-laki )

2. جَزَا ك الله (Jazakillahu Khairan)
Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan (Perempuan)

3. جَزَاكُمُ اللهُ (Jazakumullahu Khairan_)
Semoga Allah Membalas Kalian dengan Kebaikan (Jamak)

Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan
Tidak ada dalil atau hadis dari Rasulullah menjelaskan yang menjelaskan bagaimana menjawab kata-kata Jazakallah Khairan, Tetapi beberapa Ulama memberikan pendapat tentang jawaban atas perkataan ini. Diantaranya dengan menjawab.

Pertama, dengan mendo'akan saat dia berdoa untuk Anda, yaitu dengan mengulangi kata-kata وجزاكم الله خيرا (Wajazakallahu Khairan) dan misalnya. artinya adalah dan semoga Allah membalas Anda juga dengan kebaikan.

Yang kedua adalah menjawabnya dengan Waiyyaka (lk), Waiyyaki (pr), Waiyyakum (jamak) (sesuai dengan teman bicara) yang memiliki makna dan untuk Anda juga atau Dan untuk Anda juga.

Kedua jawaban itu memang dibolehkan karena ada kesinambungan dalam hal makna. Namun pendapat pertama yang mengatakan jawaban Jazakallahu Khairan adalah mengucapkan lebih disukai. ... Wallahu a’lam .

KESIMPULAN
Berikut ini adalah kesimpulan dari penjelasan singkat tentang Arti Jazallahu Khairan.

  1. Jawaban lainnya adalah dengan mengucapkan Wa iyyaka (laki-laki tunggal), Wa Iyyaki (perempuan tunggal) dan Wai Iyyakum (jamak)
  2. Dalam penggunaannya, Lebih baik dicukupkan dengan ucapan “Jazakallahu Khairan” saja, tanpa ada tambahan “katsiran” dsb, sesuai yang tertera dalam Hadits. Meskipun tidak ada pelarangan terhadap hal demikian.
  3. Sebagai seorang Muslim alangkah lebih baiknya meninggalkan ucapan terima kasih dan menggantinya dengan “Jazakallahu Khairan_” yang mengandung makna ucapan terima kasih sekaligus Do’a didalamnya.
  4. Arti Jazakallah Khairan (dibaca: Jazakallahu Khairan) adalah Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.
  5. Arti Jazakumullah Khairan (dibaca: Jazakumullahu Khairan) adalah Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan.
  6. Penggunaan ucapan ini harus disesuaikan dengan subjek lawan bicara. Jazakallahu Khairan (laki- laki tunggal), Jazakillahu Khairan (Perempuan tunggal) dan Jazakumullahu Khairan (Jamak).
  7. Jawaban dari Ucapan Jazakallahu Khairan adalah dengan mengucapkan kembali kalimat tersebut Wa Jazakallahu Khairan/ Wa Jazakillahu Khairan / Wa Jazakumullahu Khairan. yang artinya Dan Semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.


Beberapa ungkapan dibawah ini mengandung sebuah do’a dan pujian terhadap Allah SWT dan beberapa ungkapan tersebut penggunaannya telah dicontohkan dan terdapat dalam beberapa riwayat Hadits:

1. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Assalamualaikum (dibaca Assalamu’alaikum) Artinya adalah Semoga Allah melimpahkan Keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu. Digunakan ketika berjumpa dengan sesama Muslim lainnya, ketika memasuki suatu ruangan dan sebagainya.

2. Alhamdulillah – Segala Puji Bagi Allah

3. Allahu Akbar – Allah Maha Besar

4. Masya Allah – Inilah yang dikehendaki Allah

5. Insya Allah – Jika Allah Menghendaki

6. Wallahu A’lam Bishawab – dan Allah lebih mengetahui yang sebenar-benarnya.

7. Baarakallah – Semoga Allah Memberkahi.

8. Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fi khoyr
Digunakan ketika berjumpa dengan orang yang melangsungkan pernikahan.

9. Subhanallah – Maha Suci Allah

Ungkapan Bahasa Arab Sehari- hari

1. Akhi
Arti dari akhi adalah saudariku. Kata ini biasa digunakan sebagai panggilan seseorang pada seoranga laki- laki dalam bentuk tunggal.

2. Ukhti
Sama dengan arti dari Akhi, Ukhti adalah saudariku. Kata ini biasa digunakan pada perempuan dalam bentuk tunggal.

3. Ikhwan
Ikhwan adalah bentuk jamak dari Akhir, Arti dari Ikhwan adalah saudara- saudaraku. Kata ini digunakan sebagai panggilan untuk laki laki dalam jumlah banyak (lebih dari 1)

4. Akhwat
Akhwat adalah bentuk jamak dari ukhit, Arti dari Akhwat adalah saudari- saudariku. Ini digunakan sebagai panggilan pada perempuan dalam jumlah banyak.

5. Syukran . Syukron
Arti dari syukran adalah terima kasih. Pada dasarnya ungkapan ini digunakan sebagai ucapan kepada seseorang yang telah melakukan kebaikan. Namun untuk sesama Muslim kita dianjurkan untuk mengucapkan “Jazakallahu Khairan” yang artinya Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. Ucapan tersebut lebih baik dari syukran karena ia mengandung sebuah Do’a.

6. Syafakillah / Syafakallah
Arti dari syafakillah adalah Semoga Allah menyembuhkanmu. Ungkapan ini sering digunakan ketika seseorang bertemu atau berjumpa dengan kerabat, keluarga atau teman yang sedang sakit.

7. Tafadhdhal / Tafadhdhalli
Arti dari ungkapan diatas adalah Silahkan. Pada dasarnya digunakan untuk mempersilahkan orang masuk, duduk, memulai sesuatu dan lain sebagainya.

8. Na’am – dalam bahasa arab Na’am mempunyai arti Iya, yang biasa digunaka untuk menanggapi seseorang.

9. Laa – dalam bahasa arab Laa mempunyai arti tidak, yang biasa digunaka untuk menanggapi seseorang pula.

10. Ana – Saya

11. Anta – Kamu (laki- laki) / Anti – Kamu (Perempuan) /Antum – Kalian (Laki laki)

12. Fulan / Fulanah – Seseorang yang tidak diketahui namannya (Si Anu …)

Demikian artikel singkat tentang makna Jazakallah Khairan dan juga makna Jazakumullah Khairan bersama dengan bagaimana menjawabnya dan penjelasan singkat tentang ucapan-ucapan Islam.

Mari membiasakan mengucapkan Jazakallahu Khairan atau Jazakumullahu Khairan ketika berterima kasih kepada sesama Muslim karena itu lebih baik daripada Terima kasih, thank you, bahkan Shukron bahkan ...

Jazakumullahu Khairan telah membaca artikel ini ... Jangan lupa untuk memberikan beberapa kritik  untuk artikel ini di kolom komentar#Wassalamu’alaikum
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar