--> Skip to main content

Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam dan Artinya, Makna, Kaligrafi Lengkap

Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam dan Artinya, Kaligrafi Lengkap. Salam dapat mengikat persaudaraan atau persaudaraan Islam di antara sesama Muslim. Dia biasanya diucapkan ketika bertemu sesama Muslim apakah diketahui atau tidak kita kenal, saat memasuki rumah, masjid atau tempat lain.

Secara umum, Hukum salam adalah Sunnah. Tetapi bagi mereka yang mendengar hukum menjadi wajib untuk menjawab salam selama tidak ada udzur. Dalam sebuah hadits, disarankan agar kaum muda memberi salam kepada yang lama, yang berpindah kepada orang yang duduk dan orang yang sedikit ke banyak orang.

Arti Assalamualaikum adalah semoga keselamatan terlimpah untukmu, kalimat ini adalah do’a dan Sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ketika memberi salam artinya kita mendo’akan sesama muslim dengan kebaikan berupa keselamatan dunia akhirat, rahmat dan juga segala bentuk keberkahan dari Allah SWT.Orang Islam sering menyapa kerabat, teman, atau keluarga menggunakan ungkapan assalamualaikum. Kebiasaan ini bahkan keluar sendiri karena dilakukan setiap hari. Tidak hanya sebagai salam, ada makna baik yang terkandung di dalamnya, yaitu saling mendoakan. Dengan begitu, perpecahan dan perasaan tidak senang bisa dihindari. Namun sayangnya, banyak yang hanya mengatakan secara verbal dan tidak tahu arti atau artinya.

Itulah sebabnya, umat Islam saat ini mudah dibagi karena rasa persaudaraan yang kuat. Sudah saatnya bagi generasi muda untuk lebih meningkatkan pengabdian mereka kepada Allah dan juga mempertahankan kemampuan komunitas Muslim. Selanjutnya, kami menggambarkan tulisan Assalamualaikum dalam bahasa Arab bersama dengan makna dan makna Lafadz Assalamualaikum.

Dari kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi. Terdapat 3 jenjang salam yang boleh kita gunakan sebagai sapaan atau do’a kita terhadap sesama Muslim lainnya. Diantaranya adalah;


  1. Assalamu’alaikum artinya adalah Semoga Keselamatan terlimpah untukmu.
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullahartinya Semoga Allah Melimpahkan Keselematan dan Rahmat-Nya untukmu / Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.
  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh artinya adalah semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu. atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu / kalian.
  4. Jawaban dari salam adalah Wa’alaikumus Salam (Warahmatullahi) (Wabarakatuh) yang artinya adalah Dan Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah juga kepada kalian.

Bila diterjemahkan kata perkata, maka Assalamualaikum artinya adalah


  • Salam( السلام ) : Keselamatan
  • ‘Alaikum ( عليكم ) : ‘ala (علي) artinya untuk/atas dan kum(كم) artinya kalian.
  • Wa(و) : Dan
  • Rahmatullah(رحمةالله ) : Rahmat Allah
  • Barakatuh (بركاته) :Keberkahan-Nya.

Tulisan Arab Assalamualaikum

Bentuk tulisan assalamualaikum secara lengkap dalam teks dan juga bahasa arab serta artinya dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:


  • Tulisan assalamualaikum dan waalaikumsalam lengkap dalam bahasa Indonesia adalah : Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
  • Sedangkan Tulisan Dalam Bahasa Bahasa Arab, السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
  • Arti Assalamualaikum dalam bahasa Inggris adalah : May the peace, mercy, and blessings of Allah be upon you.

Makna Ucapan Salam
Ada beberapa makna yang terkandung dalam kata-kata damai besertanya. beberapa artinya adalah;

1. Bentuk Saling Cinta dan Rasa Hormat
Saat memberi salam, itu artinya kita berdoa agar orang lain mendapatkan kebaikan dan keselamatan, baik dunia dan akhirat.

2. Semua Makhluk Bergantung pada Allah SWT
Arti Salam adalah bentuk penyerahan manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang terjadi di alam semesta ini.

3. Memberikan Keamanan
Ketika seseorang memberi salam, dia benar-benar berjanji bahwa Anda aman dari semua perlakuan negatif. Baik dalam bentuk fisik maupun verbal dan menghormati martabat dan hak hidup Anda

Cara Pengucapan dan Penulisan Salam

Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam dan Artinya, Makna, Kaligrafi Lengkap

a. Pengucapan Salam
Cara mengucapkan salam saat merujuk pada aksara Arab ‘Assalamu’alaikum’. Ada surat aSSalamu‘Alaikum. (Huruf SS dan ‘a) Hurus‘ Dosa 'memiliki tasjid dan ada huruf ‘ain tidak alif pada kata setelah" mu ".

Akan menyenangkan untuk menyapa dengan benar. Jangan mengaturnya. Mlikum, Mikum, Ikum, dan sebagainya.

b. Menulis Salam yang Benar
Menulis salam yang paling benar tentu saja dengan menuliskannya secara penuh, seperti 3 salam yang dijelaskan sebelumnya, yaitu Assalamu'alaikum / Assalamu'alaikum Warahmatullahi / Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kalaupun disingkat. Singkat dengan kata 'As-Salam' karena itu adalah rasa yang paling aman.

Pendapat Tentang Hukum Penyingkatan Salam!!
Ada 2 pendapat tentang cara menulis salam, baik dalam pesan teks, email, tulisan tangan atau media lainnya.

Dan pendapat yang sering kita dengar sejauh ini adalah larangan merangkum kata-kata salam, disingkat askum, keledai, assalamu'alaikum wr wb dan sebagainya.

Pendapat pertama melarang penggunaan salah satunya karena dianggap mengubah makna salam. Selain beberapa kata itu jika diartikan ke beberapa bahasa lain, artinya juga berubah. Seperti asx yang dalam bahasa Inggris diartikan panxat dll.

Opini 2, Tidak Ada Masalah Saat Dirangkum. hanya menulis, bukan membaca. Jika bisa dimengerti dan tidak berubah artinya.

Ketika misalnya menulis tulisan Assalamu'alaikum wr wb. pembaca sms atau pesan. dalam hatinya tidak mungkin membaca wr wb mentah. Ini berarti bahwa pembaca memahami maksud dari wr wb dan membaca atau mengulangi dalam hatinya ‘Warahmatullahi wabarakatuh”.

"Tapi tentu saja lebih baik untuk melengkapi kata-kata ini walaupun itu hanya dalam bentuk teks, apakah itu email, obrolan atau sebaliknya karena salam adalah bentuk doa."

Jika Non-Muslim Mengucapkan Salam

Mayoritas ulama menyetujui larangan menyapa non-Muslim. Adapun ketika mereka menyapa dengan "Assalamualaikum" kepada kami terlebih dahulu. Jadi, sebagaimana dinyatakan dalam sebuah Hadits.

إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ

Jika seorang ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) memberi salam pada kalian, maka balaslah dengan ucapan ‘wa’alaikum’.

(HR. Bukhari no. 6258 dan Muslim no. 2163)

HADITS- HADITS YANG BERKAITAN DENGAN SALAM

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ
“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian." (HR. Muslim no. 54)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ
“Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak." (HR. Bukhari no. 6233 dan Muslim no 2160)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسَلِّمُ الصَّغِيرُ عَلَى الْكَبِيرِ ، وَالْمَارُّ عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ
“Yang muda hendaklah memberi salam pada yang tua. Yang berjalan (lewat) hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk. Yang sedikit hendaklah memberi salam pada orang yang lebih banyak." (HR. Bukhari no. 6231)


Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwasanya ada seseorang yang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ »
“Amalan islam apa yang paling baik?" Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. " (HR. Bukhari no. 6236)

Dari ‘Amar bin Yasir, beliau mengatakan,

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ
“Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: [1] bersikap adil pada diri sendiri, [2] mengucapkan salam pada setiap orang, dan [3] berinfak ketika kondisi pas-pasan. " (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syaikh Al Albani dalam Al Iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

UCAPAN BAHASA ARAB LAINNYA

Berikut Ini adalah beberapa Ucapan Bahasa Arab lainnya yang biasa digunakan. Beberapa diantaranya mengandung Do’a dan Pujian terhadap Allah SWT.


  1. Alhamdulillah – Segala Puji Bagi Allah
  2. Subhanallah – Maha Suci Allah
  3. Barakallah – Semoga Allah Memberkahi
  4. Insya Allah – Jika Allah Berkehendak
  5. Allahu Akbar – Allah Maha Besar
  6. Jazakallahu Khairan – Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan
  7. Jazakumullahu Khairan – Semoga Allah membalas Kalian Dengan Kebaikan
  8. La Hawla Wala Quwwata Illa Billah – Tiada kekuatan atau kekuasaan melainkan dari Allah.


Kaligrafi Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam
Kaligrafi Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam

Kaligrafi Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam

Kaligrafi Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam

Kaligrafi Tulisan Arab Assalamualaikum, Waalaikumsalam




Demikian artikel singkat tentang makna Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh dan juga jawabannya, yaitu Waalaiukumsalam Warahmatullahi Wabarakaatuh juga tulisan Arab dalam bahasa Arab, gambar kaligrafi dan sebagainya.

Salam adalah pengingat diri kepada Allah SWT dan bentuk cinta untuk sesama Muslim. Betapa jauh lebih baik kita melipatgandakan salam kepada orang lain. Dan jika diberi salam kami menjawab dengan antusias dan antusiasme tinggi. Ini tidak dimaksudkan sebagai pembicaraan belaka.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar