--> Skip to main content

Arti Barakallah Fii Umrik Dengan Jawabannya | Ucapan Ulang Tahun Islami Lengkap

Barakallah Fii Umrik - Arti dari Barakallah fii umrik adalah bahwa kami berharap untuk mendapatkan berkah dari Allah di usia Anda, Ucapan Barakallah fii umrik biasanya digunakan ketika menemukan seseorang milad, atau makna dalam asosiasi kami disebut ulang tahun.Kalimat ini adalah apa yang harus kita katakan kepada orang-orang yang menginjak tanggal kelahiran mereka apakah mereka teman laki-laki (ikhwan), teman perempuan (ukhti), ibu, ayah, suami atau istri, bahkan anak-anak kita ..

Selain kelahiran, kata Barakallah juga bisa diucapkan untuk orang yang baru menikah atau orang yang baru saja memiliki bayi.

Artikel ini membahas arti Barakallah Fii Umrik - Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata ulang tahun? Ketika datang ke kelahiran seseorang, kita seharusnya tidak merasa bahagia, justru sebaliknya, kita harus merasa sedih karena pada dasarnya saat itu usia seseorang tidak bertambah tetapi menurun.

Sangat menyedihkan ketika ada orang yang menginjak tanggal kelahiran mereka bukannya merayakannya dengan kesenangan, pesta, meniup lilin dan sebagainya yang tidak memiliki manfaat. Karena apa yang mereka rayakan sebenarnya adalah berkurangnya usia orang tersebut.

Muslim "hadiah" sering mengatakan kalimat ini menggantikan selamat ulang tahun atau selamat ulang tahun.
Arti Barakallah Fii Umrik Dengan Jawabannya | Ucapan Ulang Tahun Islami Lengkap

Jawaban Barakallah fii umrik sendiri adalah salah satunya dengan mengatakan Wa fiika barakallah yang berarti Allah juga memberkati Anda. kalimat ini juga umum digunakan pada waktu selain ulang tahun.

Apa yang harus digarisbawahi. Barakallah fii umrik mengatakan tidak ada pedoman langsung dalam Islam dan tidak ada contoh dari Nabi Muhammad. berbeda dengan misalnya kata-kata Assalamu'alaikum atau Jazakallahu Khairan yang memang disunat dalam Islam.

Daftar Isi Artikel 

  1. Hukum Merayakan dan Mengucapkan Selamat Ulang Tahun
  2. Pendapat pertama, Yakni, MELARANG .
  3. Pendapat kedua adalah tidak melarang .
  4. Do’a Agar Diberi Keberkahan Umur
  5. Do’a Minta Panjang Umur Pertama adalah;
  6. Do’a Minta Keberkahan Umur Kedua;
  7. Do;a panjang umur Ketiga;
  8. Arti Dari Barakallah Fii Umrik, Syafakillah dan Ungkapan Lainnya
  9. Kesimpulan Artikel


Hukum Merayakan dan Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Nah, mengenai hukum ulang tahun. Terdapat beberapa pendapat tentang hukum merayakan dan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa apapun.

1. Pendapat pertama, Yakni, MELARANG .
Larangan ini didasarkan pada semua hal yang berkaitan dengan ibadah, Allah telah menjelaskan dan dicontohkan melalui Nabi Muhammad. Tidak Ada Contoh yang Diajarkan oleh Nabi, teman dan tabi'in tabi'ut setelah itu tentang merayakan ulang tahun.

Selain itu, ada perayaan ulang tahun dengan meniup lilin, berdoa setelah meniup lilin, dan sebagainya. Mulai dari adat istiadat Musi dan kafir. Padahal dalam sebuah hadits disebutkan.

من تشبه بقوم فهو منهم

“Orang yang meniru suatu kaum, ia seolah adalah bagian dari kaum tersebut" [HR. Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Hibban]

Karena pendapat pertama ini tidak memungkinkan merayakan ulang tahun. Jadi produk turunan dari perayaan ulang tahun seperti memberi hadiah, mengucapkan selamat ulang tahun baik dalam bahasa Inggris atau Arab dan sebagainya. tidak ada panduan. Termasuk benar-benar mengatakan Barakallah fii Umrik tidak ada pedoman.

2. Pendapat kedua adalah tidak melarang .
Ini tentu saja didasarkan pada syarat bahwa kita memperingati dengan cara yang tidak mengandung kontroversi dan berlebihan serta mampu mengartikan makna ulang tahun dengan benar.

Penulis sendiri mengambil sikap PRIBADI bahwa kita tidak seharusnya mengajarkan perayaan ulang tahun kepada anak-anak.

Apalagi dengan perayaan yang pada dasarnya diadopsi dari gaya orang barat. Seperti meniup lilin, mengenakan topi kerucut, mengucapkan harapan, memainkan alat musik yang dilarang dan sebagainya. (Wallahu a'alam).

Apakah Barakallah Fii Umrik adalah Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami?

 Kita perlu mencatat dan memahami lagi bahwa pepatah "barakallah fii umrik" adalah salah satu doa yang dapat kita ucapkan kepada seseorang yang bertambah usia.

Tetapi kita tidak boleh salah dalam menanggapi pernyataan barakallah fii umrik sebagai "Selamat Ulang Tahun Islami", karena tidak ada yang menyelamatkan (kegembiraan) ketika usia seseorang bertambah, karena pada dasarnya ucapan selamat diberikan kepada orang-orang yang mendapatkan hal-hal yang bahagia saat bertambahnya usia adalah pengurangan waktu hidup dan meningkatnya kepercayaan yang harus kita bawa.

Cukup bagi kita untuk mendoakan kakak-kakak kita agar usia yang diberikan kepada mereka selalu mendapat berkah. Berdoa juga agar saudara-saudara kita akan selalu diberkati dengan kesehatan dan kekuatan untuk dapat selalu menyembah Allah SWT.

Nabi Shallallahu Alaihi Wsallam pernah berkata bahwa senjata Muslim adalah doa. Karena dengan doa itu kita dapat memahami makna kerendahan hati. Selain itu, sholat juga merupakan salah satu bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT.

Do’a Agar Diberi Keberkahan Umur

Berikut adalah beberapa doa yang dapat digunakan agar kita mendapatkan tidak hanya umur panjang, tetapi zaman yang memiliki berkat di dalamnya. berkah dalam bentuk keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT dan sebagainya.

Bahkan jika kita menggunakan doa ini pada hari ulang tahun, itu lebih baik daripada kita menyanyikan "Umur panjang, umur panjang dan mulia dll."

Namun, ini tentu saja bukan doa ulang tahun Islam secara khusus dalam arti bahwa doa ini dapat digunakan kapan saja dan di luar hari militan kita; karena seperti itulah penggunaan aslinya.

Do’a Minta Panjang Umur Pertama adalah;
اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ.

Alloohumma Innaa nas-aluka thuulal ‘umuri bith thaa ‘ati wakhtimlanaa bil a’maalish Shaalihati.

Wahai Tuhanku, kami memohon kepada Engkau umur panjang dengan selalu digunakan untuk taat dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik.


Do’a Minta Keberkahan Umur Kedua;
اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allohumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit imanana wa ahsin a’maalana, wa wassi’ arzaqona, wa ilal khoiri qorribna wa ‘ani syarri ab’idna, waqdi hawa-ijana fiddini waddunya wal akhirah,
Innaka ‘ala kulli syai-in qodir.


Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Do;a panjang umur Ketiga;

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ
وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allohumma Innaa nas-aluka salaamatan fid diini, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyaadatan fil ‘ilmi, wa barokatan fir rizqi, Wa taubatan qoblal mauti, warohmata ‘indal mauti, Wamaghfirotan ba’dal mauti.

Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Dalam tiga doa ada beberapa makna. Salah satunya adalah ketika kita berdoa untuk umur panjang. Selalu minta umur panjang disertai dengan hal-hal yang mendekatkan kita pada tingkat pengabdian kepada Allah SWT dan Pemberi Segalanya.

Arti Dari Barakallah Fii Umrik, Syafakillah dan Ungkapan Lainnya
Mungkin kita sering mendengar kata-kata seperti Ukhti, akhi, akhwan, ikhwan dalam film-film Indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir telah mengangkat banyak tema kehidupan Islam. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran film-film ini membantu memperkenalkan kata-kata atau kalimat-kalimat 'Islami' di masyarakat.

1. Assalamu’alaikum
Sebagai seorang Muslim ketika bertemu dengan sesama Muslim, Anda memang harus saling menyapa, karena dalam setiap ucapan itu mengandung banyak doa. Saat kami mendapat salam, maka kami akan membalas dengan kalimat Wa'alaikum Salam atau Anda juga bisa menambahkannya dengan Warrahmatullahi wa barakatuh.

2. Ukhti
Arti kata ukhti adalah saudariku, digunakan untuk panggilan seseorang kepada seorang perempuan (tunggal).

3. Akhwat
Arti dari akhwat adalah sama seperti ukhti, Hanya saja kata akhwat digunakan kepada perempuan dalam bentuk jamak (lebih dari 1).

4. Akhi
Arti dari kata akhi adalah saudaraku. digunakan untuk panggilan seseorang kepada seorang laki-laki (tunggal).

5. Ikhwan
Arti dari Ikhwan sama seperti akhi. Hanya saja Ikhwan digunakan untuk panggilan kepada laki-laki dalam bentuk jamak (lebih dari 1).

6. Syafakillah dan Syafakallah
Arti dari Syafakillah dan makna syafakallah adalah bahwa Allah dapat menyembuhkan Anda. Kata ini digunakan ketika kita bertemu atau menemukan seseorang sakit. Perbedaan antara Syafakillah dan Syafakallah terletak pada penggunaannya. Syafakillah untuk wanita, sedangkan Syafakillah untuk pria.

7. Barakallahu
Arti dari Barakallah atau Barakallahu adalah “Semoga mendapat berkah dari Allah.”

8. Syukran
Arti syukran / syukron adalah Terima kasih, kata ini digunakan untuk menunjukkan rasa terima kasih kami atas bantuan atau kebaikan orang lain. dan jawaban dari Syukran adalah Afwan, yang berarti Same-sama. kata syukran yang biasa ditambahkan pada Syukran Katsiira yang artinya terima kasih banyak.

9. Jazakallahu Khairan
Untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada seseorang, kami juga didorong untuk mengucapkan kalimat Jazakallahu Khairan yang berarti bahwa Allah akan membalas Anda dengan kebaikan.

Kalimat ini lebih baik digunakan, karena selain menunjukkan rasa terima kasih. Pidato ini juga berisi doa.

10. Tafadhdhal
Kata ini digunakan untuk mempersilahkan seseorang. Arti dari kata tafadhdal sendiri adalah “silahkan”. dan digunakan kepada laki- laki atau umum.

11. Tafadhdhalii 
Memiliki arti yang sama dengan poin no 10. Hanya saja diperuntukan untuk perempuan

12. Mumtaaz
Kata mumtaaz adalah kata yang digunakan untuk memberikan pujian, Kata mumtaaz bisa diartikan Bagus banget, sempurna atau kereen.

13. Barakallahu Laka
Barakallahu laka adalah do’a untuk pengantin atau digunakan ketika kita mendapati dua orang yang melangsungkan pernikahan. Ucapan lengkapnya adalah

“Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fi khoyr.”

yang Artinya: Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan”

Kesimpulan Artikel
Ucapkan selamat ulang tahun, selamat milad, bertemu milad, selamat milad, ya milul milad atau selamat tahun Arab lainnya tidak ada pedoman dalam Islam. dan juga tidak ada larangan yang jelas.

Demikian juga dalam doa ulang tahun. Tidak ada yang namanya doa ulang tahun Islam. Dalam Islam, apa yang tersedia adalah meminta umur panjang dan berkah. yang dapat digunakan kapan saja, tidak secara khusus pada hari ulang tahun kami.

Yang terbaik adalah, kita tidak membiasakan diri dengan perayaan ulang tahun yang hura-hura, hanya berisi sampah dan limbah.

Bahkan jika kita ingin memperingati ulang tahun kita. Ingat dengan Muhasabah dan gandakan terima kasih dan minta ampun dari Allah SWT.

Demikianlah artikel tentang Makna Barakallah fii Umrik, Syafakillah, Ukhti, Akhi, Jazakallahu Khairan, hukum merayakan dan memberi selamat tahun dalam Islam dan sebagainya. Semoga bermanfaat #Wallahu A'lam
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar