--> Skip to main content

10 Cara Membuat Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami Praktis dan Mudah Dibuat

10 Cara Membuat Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami Praktis dan Mudah Dibuat- Memiliki rambut indah adalah impian setiap orang, terutama wanita yang biasanya menjaga penampilan dari rambut ke kaki. Menjaga kesehatan rambut tidak hanya cukup untuk keramas, tapi juga harus mengobatinya dengan ekstra, seperti melakukan perawatan creambath, hair spa, atau masker rambut. Tapi, sebelum melakukan perawatan lanjutan seperti itu, ada lebih banyak hal mendasar dari perawatan rambut, yaitu mencuci rambut. Shampoo atau hair wash adalah aktivitas self-made di kamar mandi, jadi sangat mudah dilakukan. Shampo sebaiknya menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut, maka jangan lupa menggunakan hair conditioner untuk membuat rambut lebih mudah diatur.

Ada ratusan merek conditioner di pasaran. Tapi, tahukah Anda, apakah Anda bisa membuat hair conditioner dari bahan alami? Tentunya kondisioner rumahan akan jauh lebih bagus daripada yang bermerek karena memang mengandung bahan kimia. Untuk itu, mari kita mengintip 10 ramuan hair conditioner dari ramuan alami yang telah dirangkum oleh Blog Vani untuk Anda:

10 Ramuan Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami 

1. Okra
10 Cara Membuat Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami Praktis dan Mudah Dibuat

Okra adalah tanaman obat dari jenis sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin Atau, C dan K. Selain itu, okra juga mengandung zat tembaga, seng, potassium, folat, dan tiamin yang baik untuk kesehatan rambut sehingga rambut terlihat alami. . Bila kondisioner berbasis okra digunakan secara teratur, rambut akan membuat rambut bebas dari ketombe dan bisa menjaga kelembaban kulit kepala. Cara membuat hair conditioner dari bahan alami: okra cukup mudah. Pertama, potong 8 okra, lalu cuci. Langkah kedua, masukkan potongan okra ke dalam panci yang sudah diisi air bersih, lalu rebus sampai air menjadi kental dan lengket. Ketiga, tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan parfum, sedikit lemon dan madu, lalu dinginkan. Setelah dingin, saring lalu oleskan ke semua rambut yang telah dicuci bersih dengan menggunakan sampo, lalu pijat selama 5 sampai 10 menit setelah dibilas dengan saksama.

2. Minyak jojoba dan lidah buaya
10 Cara Membuat Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami Praktis dan Mudah Dibuat

Untuk kondisi rambut yang rusak akibat pewarnaan, atau karena sering dicatok, Anda bisa menggunakan conditioner minyak jojoba dan lidah buaya. Dengan melakukannya secara teratur, maka rambut Anda akan lebih sehat dan tidak kusam. Oleskan kondisioner rambut dari bahan alami ini setelah mencuci rambut dengan menggunakan sampo. Campurkan tiga ons minyak jojoba dan delapan ons lidah buaya yang hancur. Campur kedua bahan sampai halus, lalu oleskan pada semua rambut Anda. Pijat rambut dan kulit kepala selama 5 sampai 10 menit, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih, gunakan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin.

3. Minyak Kelapa Murni
10 Cara Membuat Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami Praktis dan Mudah Dibuat

Minyak kelapa murni atau minyak kelapa perawan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sekaligus kecantikan kulit. Anda bisa membeli atau membuat sendiri, langkah-langkah yang bisa Anda baca di artikel cara membuat minyak kelapa murni. Selain kesehatan dan kecantikan kulit, minyak kelapa murni juga bisa digunakan sebagai kondisioner. Kondisioner dari minyak kelapa murni cocok untuk jenis rambut kering dan pecah-pecah. Lakukan tiga kali seminggu, setiap dicuci agar rambut Anda menjadi lebih lembut. Cara menggunakannya hanya tuangkan sedikit minyak kelapa murni di tangan Anda, lalu gosok telapak tangan Anda untuk membuat minyak rata. Setelah itu bersihkan seluruh rambut Anda dari ujung rambut ke akar. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, lalu saat kembali dengan air dingin. Caranya, sangat mudah menggunakan kondisioner rambut dari bahan alami ini, bukan?

4. Cuka Apel
Kondisioner satu ini cocok untuk jenis rambut berminyak dan ketombe. Juga untuk mengurangi tekstur kasar rambut dan mengurangi bercabang rambut. Gunakan setelah mencuci rambut dengan menggunakan sampo ya. Tuangkan satu cangkir air bersih ke dalam botol semprot. Tambahkan satu sendok makan cuka apel, kocok hingga kedua bahan itu menyatu dengan sempurna. Lalu semprot seluruh bulu, lalu biarkan kering secara alami.

5. Minyak Zaitun dan Minyak Jojoba

Minyak jojoba bila dikombinasikan dengan minyak zaitun, akan menjadi bentuk yang baik untuk menjadi hair conditioner. Campuran bahan ini lebih cocok untuk jenis rambut kering, rusak oleh pewarnaan, keriting dan sering dicatok, juga untuk rambut yang retak. Jika digunakan secara teratur tiga kali seminggu, maka akan membuat rambut kembali sehat dan berkilau. Campur 1/4 cangkir minyak jojoba dengan satu sendok makan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menambahkan parfum, aduk sampai rata. Tambahkan campuran ke tiga bahan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan seluruh bulu dan biarkan kering secara alami. Simpan botol di lemari es agar lebih awet, dan coba gunakan botol gelap.

6. Yoghurt, Mayones, dan Telur Putih
Mayones adalah salah satu bahan yang bagus untuk memoles rambut. Kandungan protein dalam putih telur dapat membantu memulihkan rambut yang rusak. Yoghurt akan membantu mengembalikan keseimbangan pH pada kulit kepala. Campur 1/4 cangkir yoghurt, 1 sendok makan mayones dan satu putih telur ke dalam mangkuk bersih, aduk rata. Oleskan ke semua rambut dalam kondisi basah setelah keramas. Diamkan selama 5 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin sehingga folikel rambut kembali tertutup setelah terpapar air hangat.

7. Madu, Susu, Minyak Zaitun, Kayu Manis dan Pisang
Kelima bahan ini bisa mencegah rambut pecah. Caranya mudah, campurkan satu sendok makan madu, setengah cangkir susu cair segar, beberapa tetes minyak zaitun, satu sendok teh kayu manis untuk aroma rempah segar, dan dua sendok makan pisang yang hancur. Kemudian, aduk semua bahan sampai halus, lalu oleskan pada semua rambut. Diamkan 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin sampai bersih. Gunakan kondisioner rambut alami ini setiap kali Anda keramas untuk mendapatkan hasil terbaik.

8. Shea Butter dan Olive Oil
Untuk rambut bercabang bisa diatasi dengan menggunakan kondisioner yang terbuat dari shea butter dan olive oil. Campur beberapa sendok makan shea butter dengan 3 sendok makan minyak zaitun, aduk hingga rata. Kemudian oleskan ke rambut setelah keramas, kalikan menyebar di ujung rambut bercabang. Diamkan 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin sampai bersih.

9. Alpukat, Madu, Minyak Kelapa Murni, Aloe Vera, dan Lemon Juice
Campuran bahan ini bagus untuk rambut ketombe. Masukkan ke dalam blender satu alpukat matang, tiga sendok teh madu, satu sendok teh minyak kelapa murni, 1/4 cangkir lidah buaya yang berubah, dan satu sendok teh jus lemon. Jika terlalu tebal bisa menambahkan lidah buaya atau sedikit air. Kemudian oleskan pada semua kulit kepala dan rambut yang sudah di keramas. Diamkan 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin sampai bersih.

10. Yoghurt dan Buah-Buahan
Bahan terakhir dalam daftar ramuan hair conditioner dari bahan-bahan alami adalah campuran yoghurt dengan buah-buahan. Anda bisa menggunakan apapun buah yang Anda inginkan. Cara membuatnya adalah dengan berbaur 1/4 cup yogurt hambar dengan beberapa potong pepaya, mangga atau pir, lalu tambahkan 3 sendok makan jus lemon. Oleskan campuran bahan kondisioner ini dari alas ke ujung rambut, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin sampai bersih. 

Kondisioner ini cocok untuk rambut berminyak, dan ketombe. Pilih salah satu ramuan conditioner di atas yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Penggunaan air hangat di bilas pertama bisa membuang sisa bahan yang mungkin sulit dibersihkan saat menggunakan air dingin saja. Tapi hanya dengan menggunakan air dingin tidak menjadi masalah, asalkan Anda berhati-hati. Karena jika kondisioner tidak benar-benar bersih, maka akan menyebabkan ketombe.

Itulah sepuluh benda yang bisa dibuat menjadi kondisioner home made menurut Blog vani. Dengan melakukannya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Lakukan seminggu sekali untuk rambut berminyak, sedangkan untuk rambut kering bisa seminggu tiga kali. Selingi dengan menggunakan merk kondisioner yang sejenis dengan merk shampo yang kamu gunakan. Selamat mencoba! terima kasih
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar