--> Skip to main content

10 Bahan Kimia Kosmetik Yang Harus Dihindari Bisa Memperparah Kulit Berjerawat

Tampilan jerawat di wajah bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Jadi demi menghilangkan jerawat dengan cepat, tidak sedikit wanita yang terburu-buru mengoleskan obat atau produk jerawat berdasarkan referensi orang lain, beriklan atau mengulas di media. Namun tidak semua bahan dalam produk cocok dengan semua jenis kulit. Jerawat juga bisa bertambah parah jika kulit terkena produk tertentu. Bahan perawatan kulit ini bisa memperparah kondisi kulit berjerawat.

10 Bahan Kimia Kosmetik Yang Harus Dihindari Bisa Memperparah Kulit Berjerawat

1. Asam salisilat
Asam salisilat adalah salah satu bahan yang paling umum ditemukan di facial perawatan kulit khusus yang rentan terhadap jerawat dan berminyak. Asam salisilat sangat ampuh untuk membunuh bakteri pada pori-pori yang tersumbat. Namun, Anda disarankan untuk tidak menggunakan ramuan ini terus menerus lagi di seluruh wajah. Menurut Kerri Daniels, konsultan dan dematolog asal New York, asam salisilat berlebihan yang digunakan di wajah akan menyebabkan kemerahan, iritasi, bahkan bisa membuat wajah terlalu kering. Sebagai gantinya, gunakan asam salisilat secara teratur atau oleskan sebagai perawatan titik dosis rendah.

10 Bahan Kimia Kosmetik Yang Harus Dihindari Bisa Memperparah Kulit Berjerawat

2. Butiran Scrub
Pengelupasan kulit biasanya merupakan perawatan rutin wanita yang bisa bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan sel kulit mati. Untuk jerawat wajah, eksfoliasi tidak dianjurkan karena butiran gosoknya bisa membuat jerawat lebih meradang sehingga wajah akan memerah dan jengkel, bahkan bisa memicu jerawat baru. Selama wajah masih berjerawat dan meradang, hindari penggunaan scrub atau pilih bahan butiran halus.

3. Parfum
Produk perawatan yang mengandung parfum kurang sesuai untuk diterapkan pada wajah jerawat, terutama jika kulit Anda rawan sensitif. Jika setelah itu Anda merasa gatal atau tidak nyaman di area wajah, ini bisa menjadi penyebab di balik efek parfum. Mona Gohara, MD, seorang dermatolog dan profesor di Departemen Dermatologi Universitas Yale, menyarankan agar tidak menggunakan perawatan kulit yang mengandung parfum sehingga efek negatifnya bisa berkurang.

4. Retinol
Retinol sering ditemukan pada produk perawatan anti penuaan yang bisa menyamarkan keriput dan garis-garis halus di wajah, menghaluskan warna kulit, dan menghilangkan bekas jerawat di wajah. Keuntungan lain yang dimiliki retinol adalah merangsang perputaran sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Tetapi pada beberapa orang, retinol dapat menyebabkan efek samping yang cukup agresif seperti kulit kemerahan atau iritasi. Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk menemukan dosis yang tepat untuk kulit berjerawat.

5. Alkohol
Meski kandungan alkohol dalam perawatan bisa menghilangkan minyak di wajah, alkohol bisa menyebabkan kekeringan. Alkohol bisa menghilangkan sebum alami sehingga kulit malah lebih banyak menghasilkan minyak hingga hidrat dan wajah lebih berminyak setelahnya.

"Sebum akan terjebak dalam kelenjar minyak dan bakteri akan masuk. Mereka menyukai sebum," kata Jane Iredale, pendiri kosmetik perawatan kulit dan mineral Jane Iredale, seperti dikutip dari Reader's Digest.

Jane merekomendasikan untuk memilih pembersih non-alkohol dan toner. Air micellar lebih baik digunakan daripada toner beralkohol.

6. Benzoil Peroksida
Bahan ini sering ditemukan dalam perawatan khusus untuk kulit berjerawat. Peroksida benzoil dihitung sebagai bahan yang cukup keras untuk wajah, namun dianggap berpotensi mengempeskan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Meski dianggap bahan yang sangat ampuh, efek sampingnya cukup banyak, seperti iritasi, gatal, nyeri, radang, dan pengelupasan kulit. Efek ini bisa dihindari jika Anda menggunakannya dengan dosis yang tepat. Jadi untuk kulit yang benar-benar sensitif, sebaiknya tanyakan dokter kulit Anda untuk meresepkan yang paling ringan.

7. Minyak Kelapa
Perawatan kulit berbasis minyak saat ini sudah populer saat ini, seperti minyak pohon teh, lavender, rosemary, jojoba, kelapa, grapeseed, dan sebagainya. Minyak wajah atau minyak wajah diyakini melembabkan dan memberi lebih banyak nutrisi pada kulit. Namun, catat jenis minyak yang cocok untuk kulit berjerawat.

Minyak kelapa adalah salah satu yang tidak dianjurkan untuk jerawat berjerawat. Dengan sifat komedogeniknya, minyak kelapa bisa menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Sebagai gantinya, gunakan ini hanya pada kulit siku atau ujung rambut sangat kering.

8. Silikon
Apakah Anda mengalami pelarian setelah menggunakan foundation atau primer? Bisa jadi silikon adalah penyebabnya. Silikon dalam bahan kosmetik dan perawatan biasanya disebut sebagai Dimethicone. Produk yang mengandung silikon bisa memberi efek lembut dan ringan saat pertama kali diaplikasikan. Namun, kecepatan produk merembes ke dalam kulit bisa membuat pori-pori Anda tersumbat. Jika Anda tidak membersihkan wajah setelah memakai riasan berat Penyebab pori-pori tersumbat

9. Talc
Bahan talc sering ditemukan pada bedak dan produk mandi. Meski sudah diklaim sebagai bahan yang aman dalam produk kecantikan, agar wajah rentan terhadap jerawat perlu dibatasi penggunaannya karena bisa menyebabkan wajah kering dan iritasi. Sebaiknya hindari bahan talc jika Anda tidak ingin memperparah kulit wajah atau jerawat yang sensitif.

10. Paraben
Paraben adalah pengawet dalam make up dan perawatan kulit. Bahan ini juga muncul dengan nama methylparaben, propylparaben, butylparaben, dan ethylparaben. Paraben sebenarnya sudah disetujui sebagai bahan yang aman dalam produk kosmetik dan perawatan kulit, namun sebenarnya ada potensi konten ini dapat mempengaruhi hormon Anda sehingga berkontribusi terhadap munculnya jerawat hormon. Bukan ide buruk untuk menghindari produk yang mengandung paraben untuk mencegah efek buruk pada tubuh, seperti kerusakan kulit atau penuaan dini.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar