Peranan Biologi Molekuler di Bidang Kesehatan

Peranan Biologi Molekuler di Bidang Kesehatan. Di bidang kesehatan saya sendiri, teman saya, biologi molekuler memberikan sejumlah besar damoak pada hampir setiap aspek dunia kesehatan. Sebut saja genetika, histologi, emriologi, fisiologi, mikrobiologi, parasitologi, patologi, imunologi, dan farmakologi.

Temuan lain menunjukkan bahwa gen menentukan protein, mekanisme yang dirumuskan dalam konsep yang dikenal sebagai dogma sentral, yaitu urutan nukleotida dalam DNA yang juga akan menentukan urutan necluorida dalam RNA yang kemudian akan menentukan urutan asam amino dalam protein. Perkembangan biologi molekuler menjadi lebih cepat karena munculnya rekayasa genetika yang memungkinkan multiplikasi dan isolasi gen sehingga struktur dan fungsi gen secara detail dan jelas dapat dipelajari.

Jika kita berbicara tentang biologi molekuler, tentu saja kita juga akan berbicara tentang cabang imu yang ada, yaitu Genetika dan biokimia. Pada awalnya, biologi molekuler ini muncul karena penemuan struktur heliks ganda DNA oleh Waston dan Crick pada tahun 1953.

Salah satu peran biologi molekuler yang memiliki dampak paling besar pada sektor kesehatan adalah keberadaan terapi molekuler seperti pengobatan penyakit Kekurangan Kekebalan Gabungan Parah (SCID) yang parah, dan ada juga pengulangan penyakit keturunan seperti talasemia, fibrosis kristalin dan kanker. Karena itu, sahabat, biologi molekuler memiliki peran yang sangat penting di sektor kesehatan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang peran biologi molekuler dalam bidang kesehatan. Ayo sobat, kita simak saja ulasan berikut ini. Cekidot


1. Produk Farmasi

Yang pertama adalah produk farmasi. Bioteknologi, tentu saja, di mana terdapat biologi molekuler, telah menyediakan metode untuk produk farmasi yang memiliki manfaat lebih murah, mengurangi risiko menggunakan produk akhir dan juga berkontribusi untuk menghilangkan ketergantungan pada organ hewani. Beberapa produk farmasi selain insulin telah diproduksi dengan teknologi DNA. Untuk melakukan ini, tentu saja ada biologi molekuler yang memainkan peran penting di dalamnya.

2. Diagnosis dan Pengobatan Penyakit Genetik

Kedua adalah diagnosis dan pengobatan penyakit genetik. Penyakit genetik atau kelainan genetik adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan informasi genetik baik tingkat gen maupun kromosom yang akan terungkap pada genearasi berikutnya. Dalam pengobatan dan diagnosa penyebab kelainan genetik, tentu ada peran biologi molekuler di dalamnya.

3. Diagnosis Penyakit

Yang ketiga adalah ketika mendiagnosis penyakit. Diagnosis yang cepat dan akurat sangat penting untuk mendiagnosis penyakit. Nah, saat melakukan diagnosis, biologi molekuler sangat dibutuhkan. Sebut saja seperti penggunaan teknologi DNA rekombinan yang melibatkan:


  • Melibatkan penggunaan antibodi
  • Melibatkan teknik hibridisasi DNA


DNA tentu dapat ditemukan dari isolasi darah pasien yang tentu saja menggunakan biologi molekuler di dalamnya. Jika vitus telah dicari, dan juga urutan DNA virus tersedia dalam sumber literatur, ia akan segera dapat merancang oligonukleotida radioaktif jangka pendek dan hibridisasi DNA dari virus yang ditemukan.

4. Terapi Gen

Yang keempat adalah selama terapi gen. Terapi gen adalah teknik untuk memperbaiki gen yang rusak yang bertanggung jawab atas suatu penyakit. Selama ini, pendekatan terapi gen yang berkembang adalah menambahkan gen normal ke dalam sel yang mengalami kelainan.

Atau dengan mengambil pendekatan lain, yaitu dengan menghilangkan gen abnormal dengan gen normal yang melakukan rekombinasi homolog. Atau bisa juga dengan memperbaiki gen abnormal dengan mutasi punggung selektif dan sedemikian rupa sehingga akan mengembalikan fungsi normal gen.

Begitu banyak informasi yang penulis dapat sajikan untuk semua dalam posting ini mengenai peran biologi molekuler di bidang kesehatan. Semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. Salam hangat selalu dari penulis. Terima kasih telah mengunjungi dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi.

Belum ada Komentar untuk "Peranan Biologi Molekuler di Bidang Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel