--> Skip to main content

Pengertian Globalisasi Adalah

Pengertian Globalisasi - Saat ini kita pasti sering mendengar Kata Globalisasi, iya diera modern saat ini kata globalisasi sangat sering diucapkan. Meskipun banyak yang sering mengucapkan kata globalisasi tetapi masih belum mengetahui pengertian kata Globalisasi.

Pada kesempatan ini Bacaan Sekolah akan berbagi tentang Pengertian Globalisasi menurut banyak sumber seperti pengertian Globalisasi menurut Wikipedia, Globalisasi Menurut Para Ahli dan Globalisasi menurut banyak sumber lainnya.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Globalisasi merupakan kata yang bahasa Inggris yaitu globalization. Kata globalization ini sebenarnya terdiri dari dari kata global yang mempunyai arti universal yang mendapat imbuhan -lization yang dapat diartikan sebagai proses. Sehingga dari asal mula katanya, globalisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses penyebaran unsur-unsur yang baru baik berupa sebuah informasi, gaya hidup, pemikiran maupun teknologi secara global atau mendunia.

Menurut Wikipedia Globalisasi mempunyai pengertian yaitu sebuah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk dan beberapa aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi dapat disebabkan karena kemajuan infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, seperti adanya telegraf dan Internet, yang merupakan faktor utama dalam globalisasi sehingga semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas budaya dan ekonomi.

Globalisasi ini mempunyai dampak yang menguntungkan namun juga merugikan, dampak menguntungkannya adalah kita semua dapat dengan mudah berkomunikasi karena adanya kemajuan teknologi. Sedangkan dampak Negatifnya adalah lunturnya budaya tradisional atau luhur karena adanya seruban budaya baru dari luar yang tidak dapat difilter lagi.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli


Selain Pengertian Globalisasi secara umum diatas, ada juga pengertian Globalisasi menurut para ahli di bidangnya masing-masing, berikut ini pengertiannya :

1. Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher
Globalisasi merupakan sebuah jaringan kerja global secara bersamaan yang menyatukan masyarakat dimana sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

2. Globalisasi Menurut Princenton N. Lyman
Globalisasi merupakan pertumbuhan yang berjalan sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara yang ada didunia dalam hal keuangan dan perdagangan.

3. Globalisasi Menurut Achmad Suparman
Globalisasi Merupakan sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia ini tanpa dibatasi oleh sebuah wilayah.

4. Globalisasi Menurut Scholte
Globalisasi dapat diartikan sebagai meningkatnya sebuah hubungan internasional. Dalam kasus ini setiap negara masih mempertahankan identitasnya masing-masing, tetapi menjadi semakin tergantung antara satu dengan yang lain.

5. Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan
Globalisasi merupakan sebuah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi masyarakat di seluruh dunia. Globalisasi mempunyai tujuan yaitu untuk mengikuti sistem tertentu yang sama, misalnya terbentuknya organisasi seperti PBB dan OKI.

Pengertian Globalisasi secara umum dan menurut para ahli diatas merupakan hasil rangkuman admin yang diambil dari berbagai sumber seperti wikipedia dan beberapa sumber lainnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda, baik untuk mengerjakan tugas atau untuk menambah pengetahuan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar