--> Skip to main content

Pengertian Demokrasi Liberal Secara Umum Adalah

Pengertian Demokrasi Liberal Secara Umum Adalah, Pasti banyak orang yang telah mendengar kata kata Demokrasi, hampir tiap hari kita mendengar kata - kata itu. Baik mendengarkan melalui Televisi ataupun percakapan orang disekitar kita. Salah satu macam Demokrasi adalah Demokrasi Liberal.

Pengertian Demokrasi Liberal Secara Umum Adalah

Demokrasi Liberal adalah sistem politik yang melindungi secara konstitusional hak-hak individu dari kekuasaan pemerintah. Keputusan - keputusan mayoritas diberlakukan pada sebagian besar bidang-bidang kebijakan pemerintah yang tunduk pada pembatasan-pembatasan agar keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan dan hak-hak individu seperti tercantum dalam konstitusi.
Pengertian Demokrasi Liberal adalah

Demokrasi liberal digunakan untuk menjelaskan sistem politik dan demokrasi barat di Britania Raya, Amerika Serikat  dan Kanada. Konstitusi yang dipakai dapat berupa republik (Perancis, Amerika Serikat, India) atau monarki konstitusional (Spanyol, Britania Raya). Demokrasi liberal dipakai oleh negara yang menganut sistem presidensial (Amerika Serikat), sistem parlementer (sistem Westminster: Britania Raya dan Negara-Negara Persemakmuran) atau sistem semipresidensial (Perancis).

Demokrasi liberal pertama kali dikemukakan oleh penggagas teori kontrak sosial seperti Thomas Hobbes, John Locke, dan Jean-Jacques Rousseau pada Abad Pencerahan.

Ciri-ciri demokrasi liberal :
1. Kekuasaan eksekutif dibatasi oleh peraturan perundangan,
2. Kekuasaan eksekutif dibatasi secara konstitusional,
3. Kontrol terhadap negara, alokasi sumber daya alam dan manusia dapat terkontrol,
4. Kelompok minoritas (agama, etnis) boleh berjuang, untuk memperjuangkan dirinya,

Demikian Pengertian Demokrasi Liberal Secara Umum, semoga Artikel Pengertian Demokrasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Baik untuk membantu mengerjakan tugas atau untuk menambah pengetahuan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar