--> Skip to main content

Pengertian dan Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Pengertian dan Pengaruh Letak Astronomi Indonesia. Dalam Astronomi tentunya akan dibahas dengan pengertian lintang, Memahami lokasi Astronomi, Memahami bujur, Garis Khatulistiwa Indonesia dan Lintang Selatan (LS) dan Lintang Utara (LU) dan Bujur Timur (BT) dan Bujur Timur (BT) dan Bujur Barat (BB) kesemuanya merupakan satu seri dengan Posisi Astronomi Indonesia, lokasi Astronomi Indonesia juga memiliki pengaruh terhadap Indonesia, karena setiap negara di benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia memiliki Lapisan Astronomi yang berbeda yang memiliki pengaruh berbeda. 

Demikian juga astronomi Indonesia Indonesia memiliki pengaruh, oleh karena itu, pada saat ini akan dibahas mengenai efek lokasi astronomi Indonesia dan berbagai seri mengenai Astronomi, berikut pembahasannya seperti di bawah ini ...

Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Latitude adalah garis yang sejajar dengan garis khatulistiwa yang melintasi bumi ke area di pangkalan. Garis bujur adalah garis tegak lurus sejajar dengan wilayah kutup utara dan selatan. Garis-garis ini adalah garis imajiner yang digunakan sebagai pedoman untuk menunjukkan posisi area di muka bumi.
Pengertian dan Pengaruh Letak Astronomi Indonesia


Pengaruh Posisi Astronomi Indonesia | dan Garis Khatulistiwa Indonesia

Lokasi astronomi adalah lokasi suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Mengenai tempat atau posisi astronomisnya, Indonesia berada di antara 6 ° N-11 ° LS dan antara 95 ° BT-141 ° BT. Wilayah paling utara Indonesia adalah Pulau Weh di Nanggroe Aceh Darussalam yang berada pada 6 ° LU. Wilayah paling selatan Indonesia adalah Pulau Roti di Nusa Tenggara Timur pada 11 ° LS. di bagian Indonesia yang berada di bagian paling barat adalah di ujung utara Pulau Sumatra di 95 ° BT. Ada juga bagian timur Indonesia atau bagian timur kota Merauke di 141 ° BT.


1. Latitude
Pengaruh Astronomi Indonesia dan Garis Khatulistiwa Indonesia Garis lintang adalah garis imajiner pada peta atau bola dunia yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Di ekuator yang membagi bumi menjadi dua belahan utara dan belahan bumi selatan. Di garis katulistiwa atau garis katulistiwa garisnya adalah garis lintang 0 °. Latitude digunakan untuk membagi wilayah iklim di bumi yang disebut iklim matahari.

Berdasarkan lokasi garis lintangnya, wilayah Indonesia adalah antara 6 ° N - 110 LS. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dengan karakteristik:
Karakteristik Iklim Tropis di Indonesia:
a. memiliki kurva hujan yang tinggi,
b. memiliki hutan hujan yang luas dan memiliki nilai ekonomi tinggi,
c. menerima radiasi matahari sepanjang tahun,
d. banyak penguapan terjadi sehingga kelembaban udara cukup tinggi.

2.Garis Bujur 
Garis Bujur adalah garis imajiner pada peta atau bola dunia yang menghubungkan kutub utara dan selatan bumi. Bumi dibagi menjadi 180 ° bujur timur (BT) dan 180 ° bujur barat (BB). Perhitungan garis bujur 00 dimulai dan Kota Greenwich dekat Kota London. Bujur digunakan untuk menentukan waktu suatu wilayah. Posisi astronomi Indonesia adalah antara 95 ° BT-141 ° BT. menjadikan Indonesia memiliki tiga wilayah waktu, yaitu:

a. Bagian barat Indonesia (WIB), meliputi seluruh Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Waktu Indonesia Barat memiliki perbedaan 7 jam lebih awal daripada GMT (Greenwich Mean Time)

b. Wilayah Indonesia Tengah (WITA), meliputi Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Waktu Indonesia Tengah memiliki perbedaan 8 jam lebih awal dan GMT.

c. Daerah Waktu (Kawasan Timur Indonesia) (WIT), meliputi Kepulauan Maluku, Papua, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Waktu di Indonesia bagian timur memiliki perbedaan 9 jam lebih awal dan GMT.

Begitu Banyak Artikel Tentang Memahami & Mempengaruhi Lokasi Astronomi Indonesia, Semoga teman-teman dapat menerima dan memberi manfaat bagi kita semua, baik memahami lokasi astronomi maupun pengaruh lokasi para astronom Indonesia. Itu saja dan terima kasih. Salam, Bagikan Teman.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar