--> Skip to main content

Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk

Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk. Lokasi geografis Indonesia sangat strategis karena Indonesia berada di tengah garis khatulistiwa dan diapik oleh benua dan lautan membuat banyak pengaruh bagi Indonesia, pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia, terutama kondisi alam dan jumlah penduduk yang sangat besar adalah karena strategi Indonesia lokasi geografis pengaruh eksternal dan pengaruh dari alam yang tidak dapat dihindari Indonesia. Oleh karena itu, mari kita lihat diskusi tentang Definisi dan Efek Posisi Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Populasi, seperti di bawah ini ...

Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk

Pengertian Letak Geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.Menurut lokasi geografisnya, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, dan di antara dua Samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Lokasi Indonesia diapit oleh dua benua dan antara dua samudera sangat dipengaruhi oleh kondisi alam dan kehidupan penduduk
Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk


1. Pengaruh Posisi Geografis terhadap Keadaan Alam
Indonesia adalah negara kepulauan yang merupakan pertemuan dua samudera besar (Samudra Pasifik dan Samudra Hindia) dan diapit oleh daratan yang luas (Benua Asia dan Australia). Itu mempengaruhi kondisi alam.
  • Wilayah Indonesia memiliki iklim laut, karena merupakan negara kepulauan, sehingga banyak yang mendapat pengaruh angin laut yang membawa banyak hujan.
  • Indonesia memiliki iklim musiman, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang bertiup setiap 6 bulan dan mengubah arah. Ini menyebabkan musim kemarau dan musim di Indonesia


2. Pengaruh Posisi Geografis terhadap Kondisi Populasi
Karena Indonesia berada pada posisi silang (cross position) antara dua benua dan dua samudera, maka pengaruhnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya asing, yaitu di bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama
  • Indonesia berada di antara negara-negara berkembang, sehingga memiliki banyak mitra kerja sama.
  • Lalu lintas perdagangan dan pengiriman di Indonesia cukup ramai, sehingga mendukung perdagangan di Indonesia dan meningkatkan sumber devisa.


Sekian Artikel tentang Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk|Letak Geografis Indonesia, Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar