--> Skip to main content

Pengertian Tindakan Sosial dan 4 Jenis Tindakan Sosial

Pengertian Tindakan Sosial dan 4 Jenis Tindakan Sosial. Definisi Aksi Sosial diartikan oleh berbagai pakar dan aksi sosial memiliki tipe-tipe yang dikemukakan oleh Max Weber (George Ritzer, 1992) yang membedakan menjadi empat kategori seperti Zwerk Rasional, Werk Rasional, Affectual Action, Aksi Tradisional, dari masing-masing tipe berbeda ini. - berbeda dan memiliki contoh dalam 4 jenis tindakan sosial, definisi aksi sosial juga diungkapkan oleh berbagai pakar seperti Max Weber, Emile Durkhiem dan Karl Max, yang menafsirkan "Definisi Aksi Sosial". Untuk mempelajari lebih lanjut tentang definisi tindakan sosial menurut beberapa ahli di atas dan jenis tindakan sosial, mari kita lihat diskusi di bawah ini ..

Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial

A. Definisi Aksi Sosial Menurut Para Ahli
Tindakan Sosial menurut para ahli seperti:
Sebuah. Max Weber, Definisi Aksi Sosial adalah tindakan manusia yang dapat mempengaruhi individu lain dalam masyarakat.

b. Emile Durkheim, Definisi Aksi Sosial adalah Sebagai perilaku manusia yang diarahkan oleh norma dan jenis solidaritas dalam kelompok di mana ia tinggal.

c. Karl Marx, Definisi Aksi Sosial adalah Sebagai Aktivitas Manusia yang berupaya menghasilkan barang, atau mencoba sesuatu yang unik untuk mengejar tujuan tertentu.

B. Jenis Tindakan Sosial

Manusia bertindak didorong oleh tujuan-tujuan tertentu. Tujuan yang berbeda menimbulkan aksi sosial yang beragam. Max Weber (George Ritzer, 1992) membedakan tindakan sosial menjadi empat kategori sebagai berikut.

Sebuah. Zwerk Rational (Instrumental Raciality)
Guru Nurhayati membeli sepeda motor sehingga dia bisa tiba di sekolah lebih awal. Fauzi memutuskan untuk mempelajari materi fisika yang akan diuji besok daripada menonton aksi Jet Li di televisi.


Dua bentuk tindakan sosial teratas termasuk Zwerk Rational. Tindakan tersebut dilakukan setelah pertimbangan yang matang tentang tujuan dan cara yang harus diambil untuk mencapai tujuan itu. Jadi, Zwerk Rational melekat pada tindakan yang diarahkan secara rasional untuk mencapai tujuan tertentu.
b. Werk Rational (Nilai Rasionalitas)
Jenis tindakan sosial ini hampir mirip dengan kategori atau jenis tindakan rasionalitas internal. Hanya saja dalam Werk Rasional tindakan sosial ditentukan oleh pertimbangan atas dasar kepercayaan individu dalam nilai-nilai estetika, etika dan agama. Sebagai contoh, seorang pria muda memberi tempat duduk kepada neneknya karena dia memiliki keyakinan etis bahwa anak muda harus menghormati orang tua mereka. Atau, seorang pertapa rela berpuasa berhari-hari untuk mendapatkan berkah sesuai dengan keyakinan agamanya (keyakinannya).

c. Tindakan Afektif
Tindakan sosial ini dipengaruhi oleh emosi atau perasaan. Misalnya, hubungan kasih sayang dari seorang kakak perempuan dengan adik laki-laki atau hubungan cinta untuk dua remaja yang sedang mabuk.

d. Tindakan Tradisional
Tindakan sosial ini dilakukan semata-mata mengikuti tradisi atau kebiasaan tradisional. Seseorang bertindak karena sudah menjadi bagian dari kebiasaannya atau sudah rutin dilakukan. Misalnya, tradisi mudik saat Idul Fitri atau Han Idul Fitri. Orang-orang masih memaksakan diri untuk pulang meskipun mereka harus bekerja keras untuk mewujudkannya. Contoh lain termasuk ulang tahun, mitoni, atau kegiatan seremonial yang telah dilakukan sejak leluhur dulu.


Definisi Aksi Sosial menurut Ahli dan Jenis Aksi Sosial
Begitu Banyak Artikel Tentang, Pengertian dan Jenis Tindakan Sosial, Semoga Bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar