Skip to main content

Pengaruh Stres Terhadap Sistem tubuh

Dampak Stress Pada Berbagai Sistem Tubuh Manusia. Semua manusia pasti merasakan apa yang disebut "stres". Setiap kali Anda berpotensi mengalami stres jika Anda tidak cerdas dalam merespons setiap situasi yang ada. Sebut saja stres pada pekerjaan, masalah keuangan, masalah dengan pasangan Anda, masalah dengan keluarga Anda dan yang paling menarik perhatian Anda adalah stres karena Anda harus berurusan dengan kondisi jalan yang sangat padat.

Pengaruh Stres Terhadap Sistem tubuh. Tentu saja, kalian semua juga merasakan sesuatu seperti ini, teman. Nah sobat, untuk menambah pengetahuan Anda tentang stres dan apa dampaknya pada sistem tubuh Anda, mari sobat, kita perhatikan dengan seksama ulasan berikut.


Apa itu Stres?

Mungkin Anda semua sering mengungkapkan kata stres dan bahkan mengalaminya. Tapi apa sebenarnya stres itu? Stres dapat terjadi karena perubahan lingkungan di sekitar kita, sehingga tubuh akan bereaksi dan merespons sebagai pengaman.

Pengaruh Stres Terhadap Sistem tubuh

Ketika tubuh terasa terancam, maka di tubuh kita sendiri akan ada reaksi kimia di tubuh kita. Ketika tubuh kita merespons stres, kita akan merasakan peningkatan detak jantung, pernapasan yang lebih cepat, ketegangan otot, dan tentu saja tekanan darah akan naik.

Tubuh kita sendiri bereaksi terhadap hal-hal buruk ini dengan memberikan respons fisik, mental, dan emosional. Tubuh akan bereaksi terhadap segala sesuatu yang dianggapnya berbahaya, apakah itu benar atau tidak, tergantung pada seberapa berat atau pengaruh reaksi tersebut ke dalam tubuh kita baik secara fisik maupun psikologis.

Jadi apa dampak stres pada sistem tubuh kita?

Ketika Anda merasa stres, semua sistem dalam tubuh Anda akan merespons dengan berbagai cara yang dapat memengaruhi kesehatan Anda, termasuk:

1. Dalam sistem pencernaan
Pada saat stres, peningkatan detak jantung dan pernapasan dapat mengganggu sistem pencernaan pada manusia. Anda mungkin makan lebih banyak dari biasanya atau bahkan lebih sedikit dan bahkan tidak makan sama sekali. Inilah yang membuat Anda sering merasa mual, asam lambung, muntah, yang disebabkan karena pergerakan makanan di usus Anda tidak normal.

2. Dalam Sistem Saraf Pusat dan Endokrin
Sistem saraf pusat adalah sistem yang paling bertanggung jawab untuk merespons stres, mulai dari pertama kali stres muncul hingga waktu stres itu hilang. Sistem saraf pusat akan menghasilkan "pertarungan atau pelarian" ketika tubuh Anda mengalami stres, ia juga akan memberi perintah dari hipotalamus ke kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon adrenalin dan kartisol yang ketika dilepaskan, akan menghasilkan lebih banyak gula dalam darah Anda.

3. Pada Sistem Pernafasan
Ketika Anda stres, stres akan membuat pernapasan Anda lebih cepat dari biasanya, dalam upaya mengalirkan oksigen ke dalam tubuh. Hal-hal seperti ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, tetapi bagi mereka yang menderita asma atau emfisema, maka hal-hal seperti ini akan berbahaya bagi keselamatan mereka. Untuk itu, sahabat, cerdaslah dalam melihat dan memahami kondisi di sekitar Anda.

Setiap situasi dapat membuat kita stres. Tetapi yang paling penting adalah bahwa kita dapat menanggapi situasi sebaik mungkin sehingga kita dapat terhindar dari stres. Terima kasih telah mengunjungi dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam selalu sehat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar