--> Skip to main content

Apa itu Hormon Endorfin : Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerja

Hormon Endorfin : Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerja. Satu jenis hormon dan kita akan membahasnya di posting ini yaitu tentang endorfin. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hormon endorphin, mari kita buddy, kita simak ulasan berikut dengan seksama. Coba lihat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama teman, hormon adalah salah satu pembawa sel kimia antara sel atau antara kelompok sel semua organisme multiseluler, termasuk tanaman. Hormon ini sendiri bersirkulasi dalam sirkulasi darah dan juga menjual cairan untuk mencari sel target.

Untuk alasan ini, teman hormon ini memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh kita. Ada begitu banyak jenis hormon dalam tubuh kita yang memiliki nama, dan juga fungsi yang berbeda satu sama lain. Namun meski begitu hormon ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita.

Apa itu Endorfin?

Definisi endorfin adalah bahan kimia seperti morfin yang dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Sedangkan untuk efek endorfin, salah satunya adalah mengurangi rasa sakit dan bisa memicu kesenangan, ketenangan, atau juga kegembiraan. Hormon endorfin ini sendiri diproduksi oleh sistem saraf pusat dan juga kelenjar hipofisis. Hormon endorfin itu sendiri terdiri dari neuropeptida opioid endogen. Padahal, sobat, setidaknya ada 20 jenis endorfin.

Apa fungsi dari endorfin?

Ada beberapa fungsi atau peran endorfin dalam tubuh, termasuk yang berikut:

1. Meredakan rasa sakit
Fungsi utama endorfin adalah untuk mengurangi rasa sakit dengan memblokir reseptor opioid dalam sel-sel saraf, yang pada gilirannya akan mengganggu sinyal rasa sakit.

2. Mengurangi Stres
Ketika tubuh Anda mengalami stres, jumlah endorfin dalam tubuh Anda dapat meningkat dan menghasilkan euforia, yang membantu Anda mengatasi stres.

3. Tingkatkan Mood
Endorfin ini dapat menenangkan saraf Anda dengan menciptakan perasaan tenang dan damai sehingga perbaikan akan terjadi dan Anda merasa tenang dalam diri Anda.

4. Meningkatkan Imunitas
Hormon endorfin ini dapat meningkatkan atau memicu pembentukan sel-sel pembunuh alami, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan sistem kekebalan tubuh, sehingga hormon-hormon ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Bagaimana Hormon Endofrin Bekerja di Tubuh

Cara kerja endorfin dalam tubuh manusia misalnya misalnya ketika seseorang sedang marah dan merasa sangat tertekan, otaknya akan melepaskan noradrenalin, sejenis hormon manusia yang sangat beracun. Dan semakin stres teman, ketika seseorang terus-menerus marah dan tertekan, maka racun ini akan membuatnya sakit, bertambah tua lebih cepat, dan bahkan bisa berakibat fatal, seperti terkena stroke atau jantung.


Dalam hal ini hormon noradrenalin berperan dalam membuat Anda sakit. Tetapi pada saat yang sama, endorfin ini juga akan membantu Anda untuk tetap tenang sehingga endorfin ini akan mengalir ke sistem saraf pada manusia.

Setiap hormon memiliki fungsi dan perannya sendiri - masing-masing dalam tubuh kita. Semoga ulasan ini bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan bagi Anda semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam hangat, selalu dari penulis, salam sehat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar