Skip to main content

Apa itu Hormon Gonadotropin : Penjelasan dan Fungsinya

Hormon Gonadotropin : Penjelasan dan Fungsinya. Salah satu jenis hormon yang ditemukan dalam tubuh kita yang tentunya memiliki peran penting dalam tubuh kita adalah hormon gonadotropin. Untuk ulasan lengkap tentang hormon gonadotropin, mari sobat, kita simak ulasan berikut ini bersama-sama.

Tidak jauh berbeda dengan tanaman atau hewan yang memiliki berbagai jenis hormon dalam tubuhnya yang seharusnya berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan hewan atau tumbuhan itu sendiri. Begitu juga dengan teman, ada begitu banyak jenis hormon manusia yang terkandung dalam tubuh kita, tentunya yang memiliki nama, peran atau fungsi yang berbeda satu sama lain.

Apa itu Hormon Gonadotropin?


Ada dua jenis hormon gonadotropin, yaitu follicle-stimulating hormone (FSH) dan juga hormon luteinizing (LH). Karena hormon gonadotropin ini merupakan bagian penting dari sistem reproduksi, hormon gonadotropin sering digunakan sebagai pengobatan untuk gangguan pada pria dan wanita.

Arti dari hormon gonadotropin adalah salah satu jenis hormon yang terkandung dalam tubuh kita yang masih merupakan kelompok hormon protein yang memiliki peran dan juga berfungsi dalam sistem reproduksi manusia. Hormon gonadotropin yang diproduksi oleh sel yang disebut gonadotrope terletak di kelenjar hipofisis.

Apa Fungsi Hormon Gonadotropin?


Beberapa fungsi hormon gonadotropin meliputi:

  1. Sebagai hormon yang berfungsi menyembuhkan ovulasi tidak teratur yang disebabkan oleh sindrom polikistik ovarium saat clomiphene dicampur dengan bahan lain.
  2. Sebagai hormon yang berfungsi merangsang atau mendukung folikel ovarium untuk tumbuh dan matang pada seorang wanita.
  3. Sebagai hormon yang berfungsi merangsang pertumbuhan sel kuman pada pria, dan mendukung proses pematangan sperma sebelum akan membuahi sel telur pada wanita.
  4. Sebagai hormon yang berfungsi meningkatkan kesuburan.
  5. Sebagai hormon yang berfungsi merangsang ovulasi karena rendahnya kadar gonadotropin alami atau estrogen yang ditemukan dalam tubuh kita.
  6. Sebagai hormon yang berfungsi mengembangkan banyak folikel telur di ovarium. Telur-telur tersebut nantinya akan dipanen dan digunakan untuk membantu teknik reproduksi seperti fertilisasi in vitro atau transfer intrafallopian.
  7. Sebagai hormon yang berfungsi mengatasi rendahnya jumlah sperma yang disebabkan oleh rendahnya kadar gonadotropin dalam tubuh pria.


Lonjakan ini juga biasanya berlangsung selama satu hari hingga dua hari sebelum kadar LH yang tinggi akan memicu ovulasi. Selain itu, sahabat, LH juga akan memicu proses yang mengubah folikel menjadi korpus luteum, struktur dan ovarium yang menghasilkan hormon proesteron yang tentu saja juga penting dalam hal menjaga kehamilan.


Ketika folikel ovarium mencapai kematangan, ini disebut akhir dari fase pengembangan tersier. Tingginya kadar estrogen dalam tubuh wanita akan mengaktifkan ritme besar yang disebut hormon luteinizing.

Begitu banyak informasi yang dapat penulis sampaikan kepada Anda tentang hormon gonadotropin yang dapat disajikan oleh penulis untuk Anda semua. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang telah mengunjungi dan membaca artikel ini dan dapat memperluas wawasan Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih telah mengunjungi dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat, selalu dari penulis, selalu salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar