Skip to main content

Apa itu Hormon Inhibin : Penjelasan dan Fungsinya

Hormon Inhibin : Penjelasan dan Fungsinya. Secara umum, hormon inhibin ini adalah jenis hormon yang memainkan peran penting dalam sistem reproduksi manusia. Hormon inhibin ini sendiri adalah peptida yang diproduksi oleh ovarum, testis, hipofisis, dan plasenta yang akan memengaruhi gonadotropin dalam tubuh. Untuk alasan ini, kawan, hormon inhibin sangat penting untuk sistem reproduksi.

Salah satu jenis hormon yang terkandung dalam tubuh kita yang juga secara alami memiliki peran penting dalam tubuh kita adalah hormon inhibin. Jenis hormon ini tidak sepopuler hormon manusia lainnya, tetapi meskipun demikian, teman, hormon yang satu ini sama pentingnya dengan jenis hormon lain dalam tubuh kita.

Tidak perlu bertanya lagi, sobat, tentu saja Anda sudah tahu bahwa di dalam tubuh kita terdiri dari beberapa hormon yang berbeda satu sama lain tetapi tentunya memiliki peran yang terkait satu sama lain juga. Karena alasan ini, hormon persahabatan sangat penting untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita secara keseluruhan. Setuju, teman?



Berikut ini adalah sejumlah fungsi hormon inhibin, sebagai berikut:


  1. Sebagai hormon yang memiliki fungsi membantu mengurangi fungsi gonadotoprin, sejenis hormon yang diproduksi oleh aktivitas sel di indung telur dan testis di mana hormon gonadotropin memainkan peran yang sangat penting dalam kesuburan sistem reproduksi wanita dan pria.
  2. Sebagai hormon yang memiliki fungsi membantu mengoptimalkan jumlah darah pada ibu hamil dan juga untuk melihat apakah kandungan mengalami sindrom Down.
  3. Sebagai hormon yang memiliki fungsi membantu mengatasi masalah sistem reproduksi pada wanita dan pria.


Ihibin A sendiri dibuat oleh plasenta selama kehamilan. Kadar inhibin A dalam darah nantinya akan digunakan dalam "tes skrining quadruple serum ibu". Biasanya hal-hal seperti ini akan dilakukan pada 15 dan 20 minggu, jadi dengan melakukan tes inhibin ini kita juga bisa mengetahui kadar empat zat dalam darah wanita hamil yang tentu saja sangat mempengaruhi kehamilannya dan tentu saja rahim.

Ketika seseorang memiliki kekurangan atau masalah kromosom, mereka dapat melakukan tes inhibin. Tes inhibin A digunakan untuk mengukur jumlah hormon dalam darah ibu hamil dan untuk melihat apakah rahim dapat mengalami masalah seperti "Down Syndrome"


Adapun yang diuji selama uji inhibin A, berikut ini adalah:

  1. Untuk memeriksa alfa-fetoprotein (AFP) dalam tubuh seseorang.
  2. Untuk memeriksa human choironic gonadotropin (hCg) dalam tubuh seseorang.
  3. Untuk memeriksa jenis estrogen (tidak terkonjugasi, estriol, atau uE3) dalam tubuh seseorang.
  4. Untuk memeriksa kadar hormon inhibin dalam darah.



Sebelum Anda melakukan tes ini, tentu saja, Anda terlebih dahulu memeriksa kondisi Anda ke dokter, sehingga dokter dapat memberikan rekomendasi kapan Anda akan menjalani inhibin A.

Jadi, sobat, ulasan yang bisa saya ceritakan pada Anda di posting ini adalah tentang hormon inhibin dan penjelasan serta fungsinya. Terima kasih kepada teman-teman yang telah mengunjungi dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa memperluas wawasan Anda tentunya. Sampai jumpa di ulasan Anda selanjutnya, tentu saja dengan diskusi yang tidak kalah menarik. Salam hangat selalu dari penulis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar