Macam Macam Terapi Pengobatan Untuk Penderita Leukemia

Macam Macam Terapi Pengobatan Untuk Penderita Leukimia. Leukemia, juga dikenal sebagai kanker darah, adalah jenis kanker yang menyerang sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang. Nah, sobat, leukemia sendiri adalah jenis penyakit yang menyerang sel darah putih. Sel darah putih yang banyak terlihat adalah sel darah muda seperti promeilocytes. Dan semakin tinggi angkanya, semakin normal fungsi sel, untuk jenis penyakit ini adalah penyakit yang mematikan.

Jika Anda mendengar kata leukemia, tentu Anda semua sudah mengerti dan tahu jenis penyakit yang ditakuti yang satu ini, kawan. Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang cukup mematikan karena jarang orang yang menderita leukemia dapat sembuh sepenuhnya. Sumsum tulang atau sumsum tulang dalam tubuh manusia menghasilkan tiga jenis sel darah, termasuk yang berikut:

  1. sel darah putih, yaitu sel yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh terhadap infeksi yang terkandung dalam tubuh.
  2. sel darah merah, yang berfungsi membawa oksigen ke dalam tubuh.
  3. Sel trombosit (sebagian kecil dari sel darah) yang berfungsi untuk membantu pembekuan sel darah.


Kanker darah atau leukemia terjadi dalam sel darah putih atau sumsum tulang karena pertumbuhan sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid. Jadi apa saja jenis terapi biologis untuk penderita leukemia? Inilah ulasan lengkap untuk Anda.

1. Terapi Konsumsi Obat

Yang pertama adalah terapi dengan mengonsumsi obat-obatan yang baik untuk menghancurkan sel-sel kanker dalam darah. Obat yang digunakan seperti obat imatinib atau disatinib. Dengan mengonsumsi obat-obatan seperti ini, maka seseorang dengan leukemia akan meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh, sehingga sel-sel kanker itu sendiri dalam darah pasien akan hilang. Namun secara umum, terapi seperti ini dilakukan oleh mereka yang memiliki kasus kanker kronis.

2. Terapi TCR

Yang kedua adalah dengan menjalankan terapi TCR (T cell receptor). Terapi untuk yang satu ini menggunakan sistem kekebalan tubuh manusia itu sendiri untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Terapi TCR dilakukan dengan menyuntikkan sel darah putih yang sehat dengan gen yang dapat melawan infeksi atau sel kanker. Kombinasi zat-zat sehat ini, akan mampu membentuk sistem kekebalan yang lebih kuat untuk menghancurkan sel-sel kanker darah. Dengan menjalani terapi biologis yang satu ini secara rutin, diharapkan dapat memberikan angin segar bagi mereka yang menderita leukemia atau kanker darah.


3. Terapi Gen

Yang ketiga adalah terapi gen. Terapi ini dilakukan dengan menyaring darah pasien untuk mengeluarkan sel darah putih yang sering disebut sel T, selain itu terapi ini juga mencari gen yang dapat menyerang sel kanker yang ditemukan dalam sel darah putih. Setelah kondisi darah telah dibersihkan dari sel-sel kanker yang telah dibersihkan sebelumnya, maka setelah itu darah akan dikembalikan kembali ke tubuh pasien yang sedang melakukan terapi. Terapi yang satu ini cukup menarik bagi banyak orang karena hasilnya cukup menjanjikan bagi pasien leukemia.
Macam Macam Terapi Pengobatan Untuk Penderita Leukemia


Kesehatan memang merupakan hal yang sangat penting untuk kita jaga. Memiliki kekayaan tetapi tidak sehat tentu tidak akan berguna. Karena itu, kesehatan harus menjadi prioritas utama bagi Anda. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam dan salam hangat selalu dari penulis

Belum ada Komentar untuk "Macam Macam Terapi Pengobatan Untuk Penderita Leukemia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel