--> Skip to main content

Macam-Macam Pembuluh Darah dan Fungsi Pembuluh Darah

Macam-Macam Pembuluh Darah dan Fungsi Pembuluh Darah. Menurut arah aliran, pembuluh darah dapat dibagi menjadi dua, yaitu: arteri (arteri) dan vena (vena) vena (arteri), adalah pembuluh yang mengalirkan darah keluar dari jantung. Vena (vena), adalah pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang arteri (arteri) dan vena (vena), mari kita simak diskusi yang dirangkum menjadi berbagai jenis penyedia darah, seperti di bawah ini ...

Macam-Macam Pembuluh Darah

a. Pembuluh Nadi (arteri). 

Macam-Macam Pembuluh Darah, Pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (Vena)       Arteri merupakan pembuluhyang membawa darah keluar dari hati. Lokasi arteri agak di dalam dan permukaan tubuh. Jika arteri terluka, darah akan memancar keluar.

Kapal ini memiliki lapisan elastis yang tebal, sehingga dapat menahan tekanan darah yang berasal dari jantung. Denyut nadi hanya dirasakan di bagian tubuh tertentu, misalnya di pergelangan tangan atau di daerah leher, dan memiliki katup di dekat jantung. Katup ini berfungsi agar darah tidak mengalir kembali ke ruang jantung.
Macam-Macam Pembuluh Darah dan Fungsi Pembuluh Darah

Vena yang berasal dari bulic kiri dan kanan jantung disebut aorta (arteri utama). Ruang aorta kiri akan membawa darah bersih kaya oksigen. Aorta ventrikel kiri akan bercabang menjadi arteri dan yang terkecil disebut arteriol. Aorta ventrikel kanan akan bercabang ke arteri paru-paru kanan dan kiri (arteri pulmonalis). Vena-vena ini membawa darah kotor yang kaya karbon dioksida.

b. Pembuluh Balik (Vena)
Vena memiliki lapisan elastis yang lebih tipis dan arteri, sehingga tidak sekuat dan fleksibel arteri. Kapal ini terletak di dekat permukaan kulit, terlihat kebirubiruan, nadi tidak terasa, jika terluka, darah tidak memancar keluar, dan memiliki katup di sepanjang pembuluh. Katup ini berfungsi agar aliran darah berlangsung dalam satu arah dan menjaga aliran darah karena tidak ada pompa dalam aliran darah di vena. Vena balik terdiri dari pembuluh besar belakang dan vena paru-paru.

Pembuluh darah besar membawa darah dari tubuh dan seluruh tubuh ke arah serambi kanan jantung. Pembuluh ini membawa darah yang kaya karbon dioksida. Ada dua jenis kapal pemutar besar, yaitu
Sebuah. vena besar bagian atas (superior vena cava)
b. kapal bawah besar (inferior vena cava).

Vena cava superior berfungsi untuk membawa darah dari kepala dan tangan ke serambi kanan jantung.

Pembuluh besar yang lebih rendah bertanggung jawab untuk mengangkut darah dari tubuh dan kaki ke serambi kanan jantung. Pembuluh besar yang bercabang bercabang menjadi vena yang lebih kecil (vena), kemudian bercabang ke yang terkecil, yang disebut venule.

Vena paru-paru (Pulmonary veins) terdiri dari vena paru-paru kanan dan kiri. Pembuluh darah di belakang paru-paru kiri membawa darah dari paru-paru kiri. Vena belakang paru kanan membawa darah dari paru kanan. Keduanya akan bersatu menuju serambi kiri jantung. Pembuluh ini membawa darah yang kaya oksigen.

c. Pembuluh Kapiler

Arteri terkecil (arteriole) dan vena terkecil (venule) dihubungkan oleh pembuluh kapiler. Kapiler sangat halus berdinding tipis karena hanya teridir atas selapis sel, dan berukuran sangat kecil sekitar 7,5 mikron. Kapiler inilah yang berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh. 

Sekian Artikel tentang, Macam-macam pembuluh darah, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar