--> Skip to main content

Macam-Macam Gangguan Penyakit Pada Ginjal

Macam-Macam Gangguan Penyakit Pada Ginjal. Gangguan penyakit ginjal dapat disebabkan oleh kerusakan pada ginjal dan pola atau pola makan yang salah. Beberapa jenis penyakit ginjal, termasuk nefritis, diabetes mellitus, diabetes insipidus, dan albuminuria. Nefritis adalah kelainan nefron karena terinfeksi oleh kuman. Hal ini menyebabkan tingginya kadar urea dalam darah sehingga penyerapan air terganggu. Akibatnya, air akan menumpuk di kaki atau organ lain. Kondisi ini disebut edema.

1. Diabetes mellitus juga disebut diabetes. Penyebab penyakit ini adalah kurangnya hormon insulin sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Gula berlebih akan dilepaskan dari ginjal dengan urine. Cara mengobati penyakit ini adalah dengan memberikan suntikan insulin secara teratur. Diabetes ringan dapat diatasi dengan mengatur pola makan. Diperkirakan penyebab utama diabetes adalah faktor keturunan.

2. Diabetes insipidus adalah penyakit yang ditandai oleh produksi urin yang berlebihan. Pasien dengan penyakit ini dapat buang air kecil hingga 20 liter sehari. Agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) yang berakibat fatal, penderita harus minum banyak air segar untuk menggantikan hilangnya air dari tubuh. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada proses reabsorpsi akibat berkurangnya hormon antidiuretik (ADH).

3. Albuminuria adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada perangkat filtrasi di ginjal sehingga protein darah dapat melewati proses penyaringan oleh ginjal. Gejala yang ditunjukkan oleh penyakit ini adalah ditemukannya albumin dan protein dalam urin pasien.
Macam-Macam Gangguan Penyakit Pada Ginjal


Penyakit ginjal juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau adanya endapan kalsium (kalsium) di ginjal. Endapan kalsium dapat terjadi di salah satu bagian ginjal, yaitu rongga ginjal atau di kandung kemih. Endapan batu kapur di rongga ginjal menyebabkan penyakit batu ginjal, sedangkan endapan batu kapur yang terkandung dalam kandung kemih menyebabkan penyakit batu kemih. Gangguan dan penyakit dalam bentuk batu ginjal atau batu kemih dapat dihilangkan dengan perawatan atau operasi. Sekarang telah ditemukan cara menghancurkan batu ginjal menggunakan sinar laser dan getaran ultrasonik.

Keracunan dan infeksi oleh bakteri dapat menyebabkan ginjal tidak berfungsi dengan baik atau gagal ginjal. Jika satu ginjal tidak berfungsi, ginjal lain akan menggantikan fungsinya. Namun, jika kedua ginjal tidak berfungsi, hanya ada dua pilihan, yaitu cuci darah biasa atau transplantasi ginjal. Dialisis adalah tindakan sementara untuk membantu penderita. Jika pasien telah mendapatkan donor ginjal, transplantasi ginjal adalah pilihan terbaik.

Sekian penjelasan tentang Gangguan Ginjal, semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar