--> Skip to main content

Letak Ginjal Pada Tubuh Manusia Dan Bagian dari Bagian Ginjal

Letak Ginjal Pada Tubuh Manusia Dan Bagian dari Bagian Ginjal. Ginjal adalah alat pengeluaran utama pada manusia. Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di rongga perut, tepatnya di kanan dan kiri tulang belakang lumbar. Lokasi ginjal kanan sedikit lebih rendah dari ginjal kiri karena didorong oleh posisi hati. Ginjal berbentuk seperti kacang merah dan merah keunguan. Berat ginjal manusia adalah sekitar 200 gram atau sekitar 0,5% dari berat badan.

Ginjal berfungsi untuk menghilangkan sisa metabolisme yang mengandung nitrogen, seperti amonia. Amonia adalah hasil dari protein bercabang. Ginjal juga berfungsi untuk mengeluarkan zat asing seperti obat atau zat beracun dari tubuh dan kelebihan air dari sel atau jaringan.

Lokasi ginjal

Memasuki darah akan menjalani proses penyaringan. Jumlah darah yang mengalir melalui ginjal adalah sekitar 1,2 liter per menit. Artinya, setiap 4-5 menit semua darah yang bersirkulasi dalam tubuh melewati ginjal. Ginjal menyaring aliran darah yang masuk melalui arteri ginjal. Saringan ginjal atau filtrat urin. Urin yang terbentuk di ginjal akan dialirkan melalui ureter ke kandung kemih. Sepasang ginjal menghasilkan 125 ml per menit atau sekitar 180 liter per hari. Dari jumlah itu dilepaskan sebagai urine hanya 1 ml per menit atau 1,5 liter per hari, sedangkan sisanya diserap lagi oleh pembuluh darah.

Ginjal terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan. Potongan longitudinal ginjal menunjukkan tiga bagian, yaitu kulit ginjal (korteks), ginjal ginjal (medula), dan rongga ginjal (panggul). Di kulit ginjal ada jutaan nefron yang merupakan unit kecil penyaringan darah. Setiap nefron terdiri dari tubuh Malpighi dan saluran (tubulus). Setiap tubuh Malpighi terdiri dari glomerulus dan kapsul Bowman. Glomerulus adalah anyaman pembuluh darah yang membentuk simpul, sedangkan kapsul Bowman adalah bagian dari tubuh Malpighi yang berbentuk seperti cangkir yang mengelilingi glomerulus. Kapsul Bowman dikaitkan dengan tubulus nefron (saluran).

Bagian dari Bagian Ginjal

Bagian ginjal tubulus nefron dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tubulus proksimal, tubulus distal, dan tubulus collectivus (saluran pengumpul). Tubulus nefron bermuara di panggul. Tubulus proksimal meluas ke daerah medula dan membentuk lengkungan yang melengkung ke korteks. Lengkungan itu disebut lengkungan Henle. Sumsung ginjal terdiri dari tubuh berbentuk kerucut yang disebut piramida ginjal. Di sumsum ginjal tubulus berkumpul yang merupakan kelanjutan dari kapsul Bowman. Fungsi tubulus ini adalah untuk mengalirkan filtrat (urin) ke tubulus yang lebih besar, tubulus pengumpul. Tubulus pengumpul bermuara di rongga ginjal.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar