--> Skip to main content

Macam-Macam Gerak Tumbuhan (Tropisme,Nasti,Taksis) dan Penjelasannya

Macam-Macam Gerak Tumbuhan dan Penjelasannya (Tropisme,Nasti,Taksis). Salah satu ciri khas suatu organisme adalah bergerak. Gerakan tanaman disebabkan oleh ada atau tidak adanya stimulasi. Stimulasi bisa dalam bentuk cahaya, sentuhan, suhu, gravitasi, dan suhu. Arah gerakan dapat mendekati atau menjauh dari stimulasi. Bagaimana gerakan tanaman? Stimulus apa yang dapat mempengaruhi gerakan tanaman? Anda dapat menemukan jawabannya di sini. Berdasarkan ada atau tidak adanya rangsangan, gerakan pada tanaman dibagi menjadi gerakan endonomy dan etionom. Gerakan endonomous adalah gerakan non-eksternal. Contohnya adalah aliran protoplasma yang dapat dilihat pada sel-sel Elodia dan pergerakan kromosom ketika membelah. Sedangkan untuk gerakan buah polong yang sudah kering dan membuka gigi peristom pada sporangium moss disebut gerakan higroskopis. 

Gerakan higroskopis disebabkan oleh penurunan kadar air secara terus-menerus, sehingga biji, buah, atau sporangium pecah. Gerakan etomik adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan dan luar. Stimulasi dan luar bisa berupa fisik, kimia, dan mekanik. Stimulus fisik, seperti suhu, cahaya, dan gravitasi. Contoh rangsangan mekanik adalah sentuhan dan hembusan angin; sedangkan, contoh rangsangan kimia adalah toksisitas dan pupuk. Reaksi cepat atau lambat tergantung pada kekuatan dan lamanya stimulasi. Gerakan etnis dibagi menjadi tropisme, nasti, dan taksis.

A. TROPISME
        Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Tropisme positif adalah gerak yang arahnya menghampiri atau mendekati rangsangan, dan  tropisme negatif merupakan gerak yang arahnya menjauhi rangsangan.

Berdasarkan jenis stimulasi, tropisme dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu geotropisme (gravitasi), fototropisme (cahaya), tigmotropisme (sentuhan), chemotropism (kimia), termotropisme (suhu), dan hidrotropisme (air).

1. Fototropisme. Phototropism adalah gerakan tropisme yang disebabkan oleh pengaruh rangsangan cahaya. Secara umum, bagian-bagian tanaman di tanah adalah fototropisme positif dan akarnya adalah fototropisme negatif. Phototropism adalah hasil interaksi antara sinar matahari dan hormon. Pada tanaman, sel-sel di sisi yang lebih gelap akan memanjang lebih cepat dari sel-sel di tempat yang lebih cerah.
Ini terjadi karena distribusi auksin yang bergerak ke bawah dan ujung batang, tidak merata karena pengaruhnya
2. Geotropisme. Geotropisme adalah gerakan tropisme yang disebabkan oleh pengaruh stimulasi gravitasi bumi. Organ tanaman umumnya menunjukkan pertumbuhan geotropisme, baik positif maupun negatif. Geotropisme positif adalah gerakan ke arah gravitasi bumi, misalnya gerakan akar tanaman. Sedangkan geotropisme negatif adalah kebalikan dari gerakan gravitasi bumi, misalnya pertumbuhan batang
menanam.
3. Tigmotropism. Tigmotropism adalah gerakan tropisme yang disebabkan oleh sentuhan. Secara umum, thigmotropism terjadi pada tanaman memanjat seperti anggur, gadung, ubi, mentimun, melon, dan tanaman memanjat lainnya. Tanaman pemanjat umumnya memiliki bagian pendukung berupa sulur-sulur. Sulur dapat memutar pada objek yang disentuhnya. Ini terjadi karena pertumbuhan sel di bagian yang terkena sentuhan melambat, sehingga bagian itu lebih pendek daripada bagian yang tidak terkena sentuhan. Akibatnya, sulur-sulur akan tumbuh melengkung ke arah benda yang menyentuhnya.
4. Kemotropisme. Kemotropisme adalah gerakan tanaman karena rangsangan kimia. Contohnya adalah pergerakan akar menupupuk dan pertumbuhan saluran polen ke ovarium saat fertilisasi.
5. Hidrotropisme. Hidrotropisme adalah pergerakan tanaman karena stimulasi air. Contohnya adalah akar bergerak lebih dekat ke air.

B. NASTI
Nasti adalah pergerakan bagian tanaman yang arah gerakannya tidak terpengaruh oleh arah rangsangan. Gerakan permanen disebabkan oleh perubahan turgor pada jaringan di tulang daun. Berdasarkan jenis stimulasi, nasti dibagi menjadi tigmonasti (sentuhan), fotonasti (cahaya), niktinasti (pengaruh gelap), termonasti (suhu), dan nasti kompleks.

1. Tigmonasti (Seismonasti). Seismonasti adalah gerakan nasti yang terjadi karena rangsangan sentuhan. Pergerakan seismonasti, misalnya, terjadi pada tanaman anak perempuan yang malu (Mimosa pudica). Jika daun disentuh, stimulasi akan merambat ke pangkal daun, dan kemudian daun akan menutup.
2. Niktinasti. Nictinasti adalah gerakan jahat karena pengaruh gelap. Misalnya, merunduk daun anggota keluarga Leguminoceae di sore hari. Gerakan noninstruktif, tidur disebabkan oleh perubahan tekanan turgor di sel penggerak tanaman.
3. Photonasti. Photonasti adalah gerakan nasti yang terjadi karena efek stimulasi cahaya. Contoh fotonik adalah mekarnya bunga jam empat (bunga) dan bunga jam sembilan.
4. Termonasti. Thermonasti adalah gerakan jahat yang disebabkan oleh stimulasi suhu. Misalnya berbunga tulip saat musim semi.
Jenis Gerakan Tanaman dan Deskripsi mereka (Tropisme, Nasti, Taksis)
5. Nasti Kompleks
Contoh gerakan jahat yang rumit adalah membuka dan menutup stomata. Mekanisme stomata dipengaruhi oleh cahaya, kimia, suhu, dan air. Dengan kata lain, nasty yang kompleks adalah kombinasi dan photonasti, kemonasti, dan hidronasti.


C. TAKTIS
Taksis adalah gerakan yang terjadi karena rangsangan dan di luar. Seluruh tubuh tanaman bergerak, dan arah gerakan ini dipengaruhi karena ditentukan oleh arah rangsangan. Menurut jenis stimulasi, taksis dapat dibedakan sebagai berikut.
Jenis Gerakan Tanaman dan Deskripsi mereka (Tropisme, Nasti, Taksis)

1. Phototaxis
Phototaxis adalah gerakan taksis karena stimulasi cahaya. Misalnya, Euglena bergerak dengan bulu cambuk menuju cahaya.

2. Chemotaxis

Chemotaxis adalah gerakan taksis karena stimulasi kimia. misalnya lumut sel gamet. Gamet jantan bergerak menuju gamet betina. tidak adanya gerakan karena adanya bahan kimia di garnet wanita.

3. Galvanotax

Galvanotaxis adalah gerakan taksis karena pengaruh arus listrik. Contohnya adalah pergerakan bakteri menuju kutub positif atau negatif.

Begitu Banyak Artikel Tentang, Jenis Gerakan Tumbuhan dan Deskripsi Mereka Mungkin Bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar