Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Penggunaan Pestisida Berlebihan

Penggunaan bahan kimia dalam industri pertanian, perkebunan dan kehutanan adalah hal biasa. Namun jelas, seiring perkembangan teknologi pestisida yang menggunakan bahan kimia, masih ada beberapa petani dan komunitas lain yang menggunakan pestisida berlebihan. Di awal penggunaan hama dan penyakit tanaman, mereka akan mengeluh tentang masalah baru sebagai akibat dari penggunaan pestisida yang berlebihan.

  • penggunaan pestisida yang berlebihan dapat menyebabkan menjadi tercemar
  • penggunaan pestisida yang berlebihan tidak baik untuk keanekaragaman hayati 
  • penggunaan pestisida dan pemupukan yang berlebihan dapat menyebabkan polusi

Berikut ini adalah efek negatif dari penggunaan pestisida berlebihan yang perlu diketahui tidak hanya untuk petani tetapi Anda semua.


1. Biaya perawatan lebih mahal

Faktor hama predator alami berkurang dan hama dan penyakit tanaman baru muncul, yang dapat menyebabkan biaya pemeliharaan tanaman lebih mahal. Oleh karena itu petani dapat mengantisipasi menggunakan bahan alami dalam penggunaan pestisida mereka. Meskipun membutuhkan jumlah yang lebih besar, petani tidak perlu membayar lebih.

Untuk saat ini, ada beberapa konsumen yang memilih produk organik karena penggunaan pestisida alami. Jika petani mencoba ini, tentu saja harga nilai jual yang dihasilkan akan lebih tinggi karena pasar petani organik masih jarang ditemukan. Baca: cara mekanisasi pertanian.

2. Hama Baru Muncul

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengurangan hama predator alami pada tanaman yang direduksi dapat menyebabkan munculnya hama baru. Munculnya hama baru, tentunya penggunaan pestisida akan semakin meningkat sehingga penggunaan pestisida bisa berlebihan.

3. Predator Alami Berkurang

Hama pada tanaman harus berbeda. Dalam konsep rantai makanan, tentu setiap individu tidak hanya memiliki 1 pemangsa. Misalnya, ulat yang mengonsumsi daun pada tanaman sehingga daunnya akan lebih mudah berlubang dan muncul benjolan, terutama pada tanaman jambu biji. Ketika hama ulat menghilang, tentu saja itu menjadi berkah tersendiri. Namun hama di jambu biji tidak hanya ulat, ada beberapa hama jambu biji seperti lalat buah. Bisa jadi ketika petani menyemprotkan pestisida cair itu tidak menyebabkan hama lalat buah mati. Ini bisa menimbulkan masalah baru kan?

4. Tanaman yang Ditanam Rusak

Tanaman yang baik adalah tanaman yang memiliki pertumbuhan baik dan bisa dilihat dari kondisi tanaman apakah sehat atau tidak. Beberapa ilmuwan dan peneliti memiliki kategorinya sendiri karena setiap tanaman berbeda. Tanaman yang menggunakan pestisida berlebihan berpotensi rusak. Kondisi seperti munculnya bintik-bintik pada daun, kondisi buah banyak yang rusak dan perubahan warna daun.

5. Pertumbuhan Tanaman Normal

Penggunaan pestisida secara berlebihan tidak hanya menyebabkan tanaman rusak tetapi juga membuat pertumbuhan tanaman tidak normal. Kondisi seperti katai tidak hanya disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam tanaman tetapi bisa juga disebabkan oleh penggunaan pestisida yang menyebabkan kerusakan tanaman sehingga akhirnya pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal. Pertumbuhan seperti itu menunjukkan lebih banyak ke arah yang negatif. Baca: pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

6. Kandungan nutrisi tanaman dicampur dengan pestisida

Beberapa tanaman yang memiliki lapisan kulit tipis akan lebih mudah menyerap cairan di atasnya. Ini dapat terjadi dalam penggunaan pestisida. Beberapa petani menggunakan pestisida cair dengan teknik semprot karena mereka sangat mudah diaplikasikan. Namun karakteristik tanaman yang memiliki lapisan kulit tipis atau tidak memiliki lapisan kulit akan lebih mudah menyerap pestisida jika dibandingkan dengan tanaman yang memiliki kulit tebal. Hal ini dapat berdampak pada kandungan nutrisi tanaman yang ditanam dapat dicampur dengan pestisida.

Dampak negatif dari penggunaan pestisida yang berlebihan tidak hanya merugikan kedua tanaman, hewan di sekitarnya tetapi manusia juga merasakan efeknya. Ini perlu dipertimbangkan baik untuk petani atau pemilik kebun yang ingin menanam tanaman harus memperhatikan risiko yang terlibat. Memang, penggunaan pestisida dapat mengurangi hama tanaman.

Namun alangkah baiknya bagi petani untuk mencari langkah-langkah baru untuk mengurangi dampak penggunaan pestisida. Informasi tersebut dapat disampaikan oleh dosen biologi tentang efek negatif dari penggunaan pestisida secara berlebihan. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Belajar biologi itu menyenangkan dan menyenangkan dengan dosen biologi.

Belum ada Komentar untuk "Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Penggunaan Pestisida Berlebihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel