--> Skip to main content

15 Contoh Rantai Makanan Ekosistem di Gurun Paling Lengkap

Contoh Rantai Makanan di Gurun. Pada kesempatan ini, penulis akan membahas tentang contoh rantai makanan di padang pasir. Meski gurun pasir sangat identik dengan suasana kosong dan jarang ada binatang atau tumbuhan yang hidup di alam ini, ternyata ada juga teman rantai makanan yang terjadi di alam ini. Baca juga tentang contoh rantai makanan di sungai.

Di setiap ekosistem, harus ada rantai makanan. Namun yang membedakannya adalah komponen - organime antara trofik tertinggi hingga trofik terendah, yang biasa disebut sebagai dekomposer. Setiap makhluk atau organisme dalam rantai makanan memiliki peran atau tugasnya sendiri sehingga proses rantai makanan dapat terus berjalan. Baca juga tentang definisi ekosistem.

Interaksi yang terjadi antara makhluk hidup ada banyak macamnya. Salah satu yang paling sering dan sering disaksikan adalah interaksi makan dan makan yang terjadi antara makhluk hidup dalam ekosistem atau lingkungan tertentu, hal-hal seperti ini biasanya sering kita sebut rantai makanan. Faktor kebutuhan bersama antara produsen, konsumen dan pengurai dan pengurai dalam rantai makanan ini adalah penentu kelanjutan rantai makanan. Baca juga tentang contoh rantai makanan di danau

Mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini untuk menambahkan wawasan Anda ke dalam contoh rantai makanan di padang pasir. Diantara yang lain :


  • Energi matahari → rumput → serangga kecil → tikus → ular → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → tikus → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → kelinci → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → cottontail kelinci → rubah kit → coyote → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → serangga → kadal → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → serangga → laba – laba → tikus → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → kaktus → pengurai.
  • Energi matahari → serangga → kadal → burung pemangsa → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → serangga → tikus → kangguru → pengurai.
  • Energi matahari → serangga → tikus → kadal → ular → singa → pengurai.


Itulah beberapa contoh rantai makanan yang terjadi di padang pasir, teman. Setelah mendapatkan penjelasan tentang contoh rantai makanan di padang pasir, tentunya Anda akan lebih memahami dan bisa dengan mudah menguasai materi.

Dalam geografi, gurun didefinisikan sebagai daerah yang menerima kurang dari 10 inci curah hujan setiap tahun dengan nilai rata-rata. Adapun jumlah air yang hilang untuk proses evakuasi lebih dari jumlah air yang diperoleh (oleh curah hujan). Baca juga tentang contoh rantai makanan di laut.

Selain curah hujan rendah, ekosistem gurun juga ditandai oleh vegetasi langka dan suhu ekstrem berosilasi antara 115 derajat F, dan pada siang hari bisa mencapai 32 derajat F, atau kurang di malam hari. Dalam ekosistem gurun ini, ilkim didominasi oleh faktor penentu keberadaan kehidupan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar