15 Contoh Rantai Makanan Ekosistem di Danau Paling Lengkap

Contoh Rantai Makanan di Danau. Salam hangat, teman. Bertemu lagi dengan penulis yang pasti memberikan informasi - Pada kesempatan ini, penulis khusus akan membahas ekosistem dan rantai makanan di danau. Karena dari namanya, danau sudah tersedia, artinya kita akan membahas apa yang terjadi di dalam atau di sekitar danau, tentunya teman. Baca juga tentang contoh rantai makanan di hutan. Informasi yang menarik minat Anda semua.

Pada kesempatan ini, penulis masih akan membahas ekosistem, teman. Seperti kita ketahui, ekosistem memiliki banyak jenis. Ada ekosistem pesisir, ekosistem laut, ekosistem rawa, ekosistem sungai, ekosistem gurun dan banyak ekosistem yang penulis tidak memiliki kesempatan untuk menyebutkan satu per satu, teman. Baca juga tentang contoh rantai makanan di sungai.

Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan oleh antara makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya, yang melibatkan produsen, konsumen, dan pengurai. Karena kita akan membahas rantai makanan yang terjadi di danau, yang berarti bahwa proses makan juga berarti ditangkap di danau atau di sekitar danau, teman. Baca juga tentang contoh rantai makanan di kawasan hutan.

Danau itu adalah cekungan besar dan lebar di darat yang berisi sejumlah air. Secara umum, danau mengandung air tawar, meskipun memang beberapa danau mengandung air asin dari laut. Danau adalah ekosistem alami, meskipun ada juga habitat buatan manusia, tetapi pada umumnya danau adalah ekosistem alami. Karena danau adalah ekosistem alami, kehidupan atau rantai makan di dalamnya sangat kompleks. Baca juga tentang contoh rantai makanan di darat.

Berkut ini adalah beberapa contoh rantai makanan di danau. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama teman-teman, penjelasannya di bawah ini:

  • Energi matahari  → Fitoplankton → ikan → ular → burung elang → pengurai
  • Energi matahari → alga → ikan → burung bangau → pengurai
  • Energi matahari → alga → serangga air → kodok → ular air → elang → pengurai
  • Energi matahari → alga → udang kecil → ikan air tawar  → elang → pengurai
  • Energi matahari → rumput → udang → ikan kecil → ikan besar → manusia → pengurai
  • Energi matahari → lumut → udang → kepiting kecil → ikan kecil → ikan besar → manusia → pengurai
  • Energi matahari → tumbuhan air → serangga air → kadal → ular → elang → pengurai
  • Fitoplankton → zooplankton → ikan kecil → ikan besar → burung pemakan ikan → pengurai
  • Fitoplankton → serangga laut → ikan kecil → ikan besar → manusia → pengurai
  • Fitoplankton  → tanaman eceng gondok → ulat → burung → pengurai
  • Fitoplankton → tanaman eceng gondok → siput → burung pemkaan ikan → pengurai
  • Fitoplankton → tanaman hidrylla → siput → burung pemakan ikan → pengurai
  • Energi matahari → Fitoplankton → zooplankton → larva capung → ikan → burung bangau → pengurai


Dapat disimpulkan bahwa pembahasan artikel di atas tentang contoh rantai makanan di danau, mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai bahan referensi untuk membantu dalam proses pembelajaran sehari-hari.

Sampai disini dulu, sobat, berdiskusi tentang contoh rantai makanan di danau. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Sampai jumpa lagi lain kali jika artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Belum ada Komentar untuk "15 Contoh Rantai Makanan Ekosistem di Danau Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel