15 Contoh Rantai Makanan Ekosistem di Padang Rumput Paling Lengkap

Contoh Rantai Makanan di Padang Rumput. Oke sobat, dalam pembahasan artikel ini penulis akan membahas secara khusus tentang rantai makanan yang terjadi di padang rumput. Ekosistem padang rumput juga disebut ekosistem sabana, yaitu ekosistem yang terbentuk secara alami karena iklim sub-tropis atau iklim tropis dan terbentuk bersama dengan curah hujan berkisar antara 25 hingga 30 cm setiap tahun.

Selain itu, ekosistem juga dapat dikatakan sebagai pengaturan kesatuan yang utuh dan utuh antara unsur-unsur lingkungan yang saling mempengaruhi dan mempengaruhi. Baca juga tentang contoh rantai makanan di padang pasir.

Teman, tentu saja, sudah tahu istilah "ekosistem", teman. Jika Anda biasa mengambil kelas biologi, tentu saja Anda akrab dengan istilah ekosistem. Ekosistem adalah ekologi yang dibentuk oleh hubungan timbal balik dan hubungan timbal balik yang tidak terpisahkan yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Nah sobat, dalam ekosistem itu sendiri, juga terjadi yang disebut rantai makanan. Di dalam setiap ekosistem pasti ada rantai makanan di dalamnya. Rantai makanan adalah peristiwa makan dan makan di antara makhluk hidup dalam urutan tertentu yang terjadi dalam suatu ekosistem. Baca juga tentang contoh rantai makanan di danau.

Urutannya adalah bahwa dalam rantai makanan ada yang memainkan peran sebagai produsen, konsumen, dan pengurai atau pengurai. Setiap tingkat rantai pengaruh dalam suatu ekosistem disebut tingkat trofik. Pada tingkat trofik pertama disebut sebagai organisme yang mampu menghasilkan zat sendiri, yaitu tanaman hijau atau organisme autotrofik yang sering disebut sebagai produsen. Baca juga tentang contoh rantai makanan di air.

Berikut adalah beberapa contoh rantai makanan di padang rumput atau sabana. Mari kita bertemu teman-teman kita bersama, untuk memperluas pemahaman Anda tentang rantai makanan.



  • Energi surya → rumput → domba → manusia → pengurai.
  • Energi surya → rumput → domba →  singa → dekomposer.
  • Energi surya → rumput → zebra → singa → dekomposer.
  • Energi surya → rumput → tikus → ular → singa → pengurai.
  • Energi surya → rumput → domba → serigala → pengurai.
  • Energi surya → rumput → kelinci → ular → elang → pengrai.
  • Energi surya → rumput → tikus → ular → elang → pengurai.
  • Energi surya → rumput → jangkrik → tikus → ular → elnag → pengurai.
  • Energi surya → rumput → jerapah → singa → pengurai.
  • Energi surya → rumput → jangkrik →  ular → elang → pengurai.
  • Energi surya → rumput → belalang → katak → ular → elang → pengurai.
  • Energi surya → rumput → burung → elang → pengurai.

Dapat disimpulkan bahwa pembahasan artikel di atas tentang contoh rantai makanan di padang rumput, mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai bahan referensi untuk membantu dalam proses pembelajaran sehari-hari.

Sebenarnya ada dua jenis padang rumput atau sabana, yaitu sabana campuran yang memiliki berbagai jenis pohon, dan keduanya sabana yang hanya memiliki satu jenis pohon. Selain itu, jenis fauna dan flora tentu berbeda, kawan.

Sampai di sini, teman pertama, diskusi tentang contoh rantai makanan di padang rumput. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Sampai jumpa lagi lain kali jika artikel ini bermanfaat bagi Anda semua

Belum ada Komentar untuk "15 Contoh Rantai Makanan Ekosistem di Padang Rumput Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel