Skip to main content

Cara Penanggulangan Pencemaran Akibat Pestisida

Penggunaan pestisida untuk tanaman akan memiliki pengaruh positif dan negatif pada tanaman itu sendiri, hewan dan manusia dan lingkungan. Beberapa manfaat positif tentu dapat memberikan manfaat bagi makhluk hidup lain sementara dampak penggunaan pestisida yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif seperti pertumbuhan tanaman yang tidak normal, hasil panen yang berkurang dan mengganggu lingkungan serta ekosistem. Ada beberapa cara alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan pestisida.

Salah satu cara Anda dapat melakukan ini adalah dengan mengurangi penggunaan pestisida. Berkurangnya penggunaan pestisida tentu akan berdampak pada pertumbuhan tanaman yang lebih baik, cara menjaga keseimbangan ekosistem agar tidak rusak, dan lingkungan di sekitar lokasi penanaman lebih subur dan yang terpenting Anda bisa mengurangi pestisida karena beberapa tanaman yang tidak harus dikupas lebih mudah menyerap pestisida terutama yang terbuat dari bahan kimia. Karenanya upaya untuk mengurangi pestisida perlu dilakukan. Inilah cara mengurangi penggunaan pestisida yang perlu Anda ketahui untuk mengurangi penggunaan pestisida.

Jika kegiatan pembersihan tidak dilakukan dengan benar dan benar, tanaman akan lebih mudah terganggu karena persaingan dari tanaman gulma yang ada sebelumnya. Bahkan tanah yang tidak bersih dapat menyebabkan hewan lain datang ke lokasi tanah yang ingin Anda tanam sehingga dapat menjadi hama jika jumlahnya dalam jumlah besar dan telah mengganggu pertumbuhan tanaman Anda yang ditanam.

1. Pembersihan Lahan Tanam Secara Rutin
Pembersihan lahan tanam merupakan faktor yang dapat mengurangi hama dan penyakit tanaman, terutama hama dan penyakit yang menyerang dari tanah. Pembersihan lahan penanaman tidak hanya dilakukan sebelum dan sesudah penanaman. Anda perlu melakukan kegiatan untuk membersihkan area penanaman sebelum penanaman dilakukan dengan bersih.

2. Pengusiran manual
Pengusiran hama tanaman dapat dilakukan secara manual jika Anda mengendalikan tanaman yang Anda tanam. Melakukan manuver secara manual akan lebih mudah jika lahan yang Anda tanam tidak luas dan memiliki banyak sumber daya manusia. Dengan metode manual, Anda dapat mengurangi kerusakan tanaman yang ditanam.

3. Teknik Tanam 2 atau Lebih Banyak Tanaman
Beberapa pekerja penyuluhan dan peneliti sering merekomendasikan penanaman tanaman yang berbeda jika Anda ingin berurusan dengan cara untuk mengurangi penggunaan pestisida. Tanaman yang dapat Anda tanam adalah tanaman pertanian tahunan dengan tanaman hutan tahunan. Adapun manfaat lainnya seperti manfaat ekonomi dari penanaman tanaman yang lebih dari 1 (satu) jenis. Oleh karena itu petani perlu mempelajari tanaman apa yang cocok untuk ditanam bersama sehingga mereka dapat mencegah persaingan dari nutrisi dan mengurangi hama dan penyakit yang menyerang. Baca: mekanisme pertanian.

4. Pola Tanam
Pola penanaman dapat memengaruhi Anda dalam mengurangi penggunaan pestisida. Pola penanaman yang bisa Anda lakukan dengan menyeberang, tanaman utama di tengah dan tanaman lain terpinggirkan atau dibentuk oleh kelompok dan lainnya. Penggunaan pola tanam yang baik dapat membantu Anda mengurangi hama dan penyakit pada tanaman yang Anda tanam.

5. Teknik Irigasi Tanam
Beberapa tanaman yang terserang hama dan penyakit dapat terjadi karena teknik irigasi lahan yang tidak tepat. Beberapa tanaman gulma dapat menyerang tanaman melalui tanah, terutama area penanaman yang tidak diberi sistem irigasi.

Beberapa sistem irigasi untuk penanaman lahan yang bisa Anda coba dengan membuat gundukan, membuat tambatan, sistem irigasi tetes, cara mengolah hidroponik untuk pemula, penanaman veltikultura, selang air, dan semburan. Sistem irigasi yang baik dapat membantu tanaman menghindari hama dan penyakit dan meningkatkan kondisi pertumbuhan tanaman jika kondisi tanah tidak mendukung pertumbuhan tanaman dengan baik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan oleh dosen biologi kepada Anda tentang cara mengurangi penggunaan pestisida. Semoga ini bisa menambah wawasan baru untuk Anda semua. Belajar biologi itu menyenangkan dan menyenangkan dengan dosen biologi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar