Skip to main content

5 Cara Membersihkan dan Merawat Aquascape

Cara Membersihkan Aquascape Seperti yang sudah kita ketahui bersama teman-teman, jenis-jenis air laut hias di akuarium dan aquascape adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Aquascape adalah bagian penting dari akuarium karena tanpa aquascape sepertinya tangki Anda akan terlihat monoton dan kurang menarik.

Aquascape sendiri adalah bagian yang membuat akuarium terlihat seperti ekosistem seperti contoh ekosistem alami dimana kita melihat ornamen seperti batu, pasir, akar atau batang pohon, dan tentu saja tanaman aquascape pada umumnya. Komponen-komponen ini membuat daya tarik akuarium Anda terlihat lebih menarik dan indah.

Karena aquascape berada langsung di dalam aquarum Anda dan bergabung dengan air dan juga ikan yang ditemukan di dalam tangki, berteman dan mencegah gangguan organ sirkulasi darah pada ikan, maka Anda sebagai aquascaper juga perlu mempertahankan cara membersihkan dan membersihkan aquascape sehingga tidak terlihat kotor dan kesehatan ikan hias Anda tetap terjaga.

Nah, teman aquascaper, untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membersihkan Aquascape, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1. Perhatikan air yang menguap

Secara umum, penguapan air di akuarium sangat tergantung pada suhu dan jenis akuarium itu sendiri. Temperatur yang tinggi akan menyebabkan penguapan yang cepat. Akuarium Tipa yang mendapat banyak cahaya akan menguapkan lebih banyak air

bila dibandingkan dengan akuarium yang menerima lebih sedikit cahaya. Penguapan seperti ini tentu akan mempengaruhi ekosistem di tangki Anda, terutama pada aquascape Anda. Karena itu, sobat, langkah pertama untuk membersihkan aquascape adalah memperhatikan penguapan di tangki Anda.

2. Pindahkan Ikan

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebelum membersihkan aquascape adalah memindahkan ikan hias Anda ke wadah, tetapi pastikan wadahnya bersih. Selain memindahkan ikan Anda juga akan memindahkan beberapa batu kecil atau akar pohon yang Anda masukkan ke dalam tangki sebelumnya, ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda saat melepas aquascape.

3. Bersihkan Aquascape

Ketika Anda akan membersihkan aquascape, Anda harus membersihkannya dengan saksama. Lihatlah rumput aquascape, jika Anda merasa terlalu berat, Anda dapat menghentikannya sehingga akan terlihat rapi lagi. Jangan lupa juga

untuk membersihkan bagian-bagian tanaman aquascape yang sudah tua agar tanaman bisa terlihat segar kembali. Tapi lakukan ini dengan susah payah dan jangan merusak tanaman. Jika diperlukan, maka Anda bisa membuahi tanaman secara bersamaan sehingga akan terlihat subur nanti.

4. Bersihkan Dinding Akuarium

Jika Anda telah memastikan tanaman aquascape Anda rapi dan bersih, sekaranglah saatnya bagi Anda untuk beralih membersihkan dinding aquarum Anda. Umumnya di dinding akan ada banyak rumput yang menempel, jadi Anda juga harus membersihkannya. Bersihkan dinding akuarium perlahan-lahan agar tidak terjadi goresan yang dapat merusak tangki.

5. Rapikan lagi

Setelah akuarium Anda dalam keadaan bersih, sekarang saatnya Anda merapikannya kembali. Merapikaany dengan memasukkan air, batu atau aksesori aquascape, dan juga jangan lupa ikan sebagai penghuni aquascape.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda teman aquascaper dan dapat memperluas wawasan Anda tentang aquascape. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, tentunya dengan diskusi yang lebih menarik. Aquascape salah selalu.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar