--> Skip to main content

Bakteri dan Virus yang Menyebar di Kendaraan Umum, Kereta Api, Bus

Kereta adalah salah satu yang paling dipilih oleh kebanyakan orang di Indonesia atau bahkan di berbagai negara di dunia. Kereta dipilih karena merupakan salah satu alat transportasi yang cepat, aman, nyaman dan murah untuk perjalanan jarak jauh dan pendek.

Namun, kereta api adalah salah satu tempat paling favorit bagi berbagai jenis bakteri untuk menyebarkan penyakit. Ini karena kereta ini digunakan oleh banyak orang dan ada juga yang menderita penyakit serius atau sakit ringan. Dan itulah yang menyebabkan bakteri menjadi menular atau menyebar ke orang yang menggunakan kereta.

Kemudian dari hal ini bakteri mulai menyebar ke berbagai kelompok orang menggunakan kereta. Dan, kepadatan di kereta menjadi sarang penyebaran virus dan bakteri. Kepadatan kereta api yang terkadang melebihi batas maksimum, membuat virus dan bekteri dari satu individu ke individu lainnya akan sangat menyebar.

1. Bakteri ISPA

Ada korelasi langsung antara pengguna kereta api dan transportasi umum lainnya dengan pengembangan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang dapat diperburuk oleh efek polusi udara. Jumlahnya, kali senam lebih besar dari tempat lain. Risiko penularan flu akan menyebar dengan cepat selama musim panas dan hujan, di mana kelembaban mencapai titik tertinggi.

2. Flu dan bakteri umum yang dingin

Ditambah lagi dengan kedekatan antara satu penumpang dan satu penumpang lainnya di kereta. Seperti diketahui, flu dan pilek dapat ditularkan melalui udara dan tetesan ludah (bersin). Ketika satu individu di ruangan yang sempit dan padat mengalami batuk atau bersin, virus akan memasuki tubuh penumpang lain melalui udara yang masuk ke hidung, mulut dan mata.

3. Bakteri Infeksi

Infeksi juga siklus hidup virus dapat menyebar ketika seseorang menutup hidung dan mulutnya dengan kedua tangan ketika bersin, kemudian menyentuh tiang, kursi atau pegangan di kereta. Namun, Anda tidak perlu takut dan khawatir. Anda dapat mencegah kondisi itu terjadi pada Anda. Berikut cara mencegahnya:


  • Selalu bawa pembersih tangan untuk mengidentifikasi tangan Anda ketika turu dari kereta.
  • Jangan menyentuh wajah sampai Anda benar-benar mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sampai bersih.
  • Pastikan tubuh Anda terhidrasi sepanjang hari. Minumlah banyak air untuk membersihkan racun dari tubuh Anda.
  • Mengonsumsi makanan seperti yogurt, bawang putih, jahe, teh hitam, pepaya, dan m Pressurans yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Jika Anda sadar sedang berlatih flu dan pilek, bawalah sapu tangan untuk mencegah penularan ke penumpang lain di kereta.


Nah, itu sejumlah cara yang bisa Anda gunakan untuk mencegah penyebaran bakteri di kereta. Dan itu adalah ulasan tentang bakteri dan virus yang menyebar di kereta. Maka dari itu tip sebagai manusia harus selalu menjaga kebersihan karena kesehatan dimulai dari kebersihan.

Dan usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun Anda berada karena bisa menjadi tempat yang Anda hentikan saat ini ada bakteri dan virus yang menyebar ke tubuh orang-orang yang ada di sekitar. Jika kita selalu menjaga kebersihan, kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga dan jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan penyakit akan sulit untuk diderita oleh orang tua kita.

Demikian artikel yang bisa saya ulas kali ini tentang bakteri dan virus yang menyebar di kereta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga bisa menambah wawasan kami, terima kasih banyak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar