--> Skip to main content

Cara Mendaur Ulang Kertas Agar Bisa Digunakan Lagi

Daur ulang kertas sangat diperlukan untuk membantu melestarikan lingkungan alami dan penggunaan kertas itu sendiri secara efisien. Oleh karena itu, dalam proses daur ulang, kerja sama yang baik antara manusia diperlukan untuk berjalan dengan lancar. Cara mendaur ulang kertas dapat dilakukan dengan mudah, Anda dapat menggunakan metode manual, atau menggunakan alat. Jika dilakukan secara manual, prosesnya agak lama dan hasilnya tidak bagus. Tetapi jika proses daur ulang menggunakan alat, waktu akan lebih pendek dan tentu saja hasilnya akan lebih baik.

cara mendaur ulang kertas Kertas adalah benda yang tidak dapat dipisahkan dari semua aktivitas yang dilakukan manusia sehari-hari karena keberadaannya dianggap sangat berpengaruh.

Jika produksi kertas dilakukan terus menerus tanpa daur ulang yang baik, maka pohon-pohon di dunia akan berkurang sehingga ini tentu akan sangat berpengaruh pada kelestarian lingkungan.

Pada artikel ini membahas cara mendaur ulang kertas, mari kita simak bersama!

1. Kumpulkan Kertas

Jika Anda menemukan banyak kertas yang tidak lagi digunakan di lingkungan Anda seperti di rumah, di tempat kerja, di sekolah, atau di tempat umum lainnya, Anda harus membantu mengumpulkannya untuk tujuan daur ulang.

Jangan biarkan kertas yang tidak digunakan terbakar dan tidak berguna. Ini juga akan mengarah pada munculnya pembuatan kertas baru dengan menebang pohon alih-alih daur ulang. Cara mendaur ulang jika kertas terbakar. Untuk alasan ini, disarankan agar Anda lebih memperhatikan hal-hal kecil seperti ini yang memiliki dampak besar pada masa depan anak cucu kita.

2. Olah Kertas menjadi bagian yang lebih kecil

Proses selanjutnya setelah Anda mengumpulkan banyak kertas yang sudah tidak terpakai di lingkungan Anda, maka yang harus Anda lakukan hanyalah mengubah ukuran yang semula lebih besar menjadi bagian yang lebih kecil dengan merobeknya terlebih dahulu.

Mengapa ini harus dilakukan? Jika kondisi fisik kertas lebih kecil, akan memudahkan Anda untuk memproses kertas bekas. Anda bisa meletakkan potongan-potongan kertas kecil dalam satu wadah yang cukup besar untuk muat banyak dan tentu saja akan cepat selesai.

3. Rendam kertas yang sobek dengan air panas

Setelah potongan kertas siap dalam wadah, Anda dapat mulai membuat bubur kertas dengan mencampurkan air panas ke dalam wadah. Biarkan beberapa saat karena proses perendaman akan membuat kertas lebih lembut dan lebih mudah untuk diproses.

Jangan lupa melakukan proses pengadukan agar kertas benar-benar menyerap air dengan sempurna. Jika campurannya tidak cukup kental, maka Anda bisa menambahkan beberapa sendok tepung khusus, tepung jagung untuk membuat tingkat viskositas lebih baik. Tetapi jika kondisinya tebal Anda tidak perlu menambahkan tepung jagung.

4. Lakukan Proses Penghalusan Adonan Kertas

Cara mendaur ulang kertas pada tahap ini sangat penting. Adonan kertas yang telah Anda rendam dan melunakkan kemudian Anda dapat memblendernya menggunakan alat seperti blender. Lakukan proses pencampuran sedikit demi sedikit sesuai dengan dosis pada wadah blender yang Anda miliki di rumah. Gunakan untuk mempercepat sehingga kertas bisa menjadi bubur sempurna.

Jika Anda tidak memiliki peralatan seperti blender di rumah, jangan khawatir karena proses perataan kertas dapat dilakukan dengan alat manual. Tapi yang perlu Anda ingat dan perhatikan adalah melakukannya dengan rajin untuk mendapatkan bubur kertas yang baik.

5. Lakukan Proses Penyaringan Pulp

Untuk mendapatkan adonan yang halus dan sempurna, Anda membutuhkan alat yang dapat digunakan untuk menyaring bubur kertas yang telah dicampur sebelumnya. Anda dapat menggunakan kain kasa atau filter khusus yang biasanya terbuat dari bahan seperti kawat.

Namun, banyak orang lebih suka menggunakan kelambu yang digunakan untuk menutup ventilasi, karena hasilnya lebih baik daripada menggunakan filter lain. Selanjutnya, untuk memudahkan proses penyaringan, Anda dapat terlebih dahulu melampirkan bingkai di web.

Yang perlu diperhatikan juga jika Anda menggunakan filter berbasis kawat, disarankan untuk tidak memaksakan penggunaannya jika ada banyak karat. Karat akan membuat bubur kertas menjadi kurang enak karena bubuk kawat akan membuat teksturnya sedikit lebih kasar.

6. Masukkan Hasil Penyaringan Pulp Kertas ke dalam Wadah Lebar

Tuangkan hasil penyaringan bubur kertas ke dalam wadah lebar agar lebih fleksibel. Tambahkan air secukupnya sampai isi dalam wadah memiliki campuran 7 hingga 10 sentimeter. Proses ini dilakukan untuk memudahkan proses pencetakan kertas nantinya.

Lakukan pengadukan lagi agar bubur dapat tercampur dengan air secara merata. Ini sangat diperlukan, jika tidak pulp akan mengendap dan mengelompok di satu tempat sehingga akan membuat proses pencetakan kertas menjadi sulit.

7. Proses Pencetakan Kertas Menggunakan Kasa

Sekarang untuk mendapatkan cetakan kertas yang bagus dan sempurna Anda dapat menggunakan layar masih dalam kondisi bersih. Siapkan kain kasa dengan ukuran lebar wadah agar lebih mudah selama proses pencetakan. Buatlah sepotong kain kasa dengan mencetaknya menggunakan buku, sehingga nantinya Anda akan mendapatkan cetakan berbentuk sempurna seperti buku.

Kemudian Anda bisa menambahkan kasa ke dalam campuran pulp. Masukkan sampai benar-benar di bagian bawah wadah. Jika Anda membiarkan adonan mengendap terlebih dahulu, karena gerakan memasuki kain kasa yang membuat adonan bergerak kembali.

Kemudian ketika campuran bubur telah mengendap lagi, Anda dapat perlahan mengangkat kain kasa sehingga pulp dapat terperangkap di permukaan layar. Setelah mencapai permukaan wadah, Anda dapat memindahkan kain kasa ke kanan dan ke kiri sehingga campuran tersebut dapat didistribusikan secara merata di seluruh permukaan kain kasa.

Sekarang jika permukaan kasa telah dipenuhi oleh semua adonan, maka Anda dapat meletakkannya terlebih dahulu di udara bebas sehingga cepat kering. Saat campuran sudah benar-benar kering, Anda bisa mengeluarkan kertas dari kain kasa. Jadilah kertas daur ulang. Lebih bermanfaat bukan.

Dapat disimpulkan bahwa cara mendaur ulang kertas yang telah saya ulas secara detail dan terinci di atas dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk belajar dan memahaminya sehingga diharapkan dapat memudahkan dan membantu Anda saat proses daur ulang dilakukan secara mandiri di rumah. Sampai disini dulu, artikel ini membahas cara mendaur ulang kertas. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar