--> Skip to main content

Proses Terjadinya Hujan Asam : Penyebab, Dampak, Cara Mengatasinya

Hujan asam adalah jenis hujan pada umumnya, tetapi memiliki keasaman yang berbeda dibandingkan hujan pada umumnya. Hujan yang terjadi di Indonesia umumnya memiliki pH normal sekitar 6, sedangkan pada hujan asam tingkat pH di bawah 5,6. Proses terjadinya hujan asam sebenarnya sama dengan proses hujan pada umumnya, hanya pada hujan asam ini ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Terjadinya hujan es di kota Bandung beberapa waktu lalu adalah salah satu fenomena alam langka serta fenomena alam aurora yang terjadi di wilayah kutub saja. Secara umum, hujan yang jatuh hingga membasahi bumi terjadi karena proses penggumpalan air menjadi awan, tetapi ada fenomena hujan yang sangat berbahaya bagi manusia, hewan atau bahkan benda mati. Fenomena ini adalah hujan asam. Berikut ini akan menjelaskan proses hujan asam.

1. Penguapan
proses hujan asam Di bumi ini setidaknya ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang dapat memicu berbagai jenis gas yang dapat menyebabkan hujan asam. Contoh dari gas gas ini adalah karbon dioksida, karbon monoksida, belerang dioksida dan belerang hidrogen. Gas biasanya berasal dari kendaraan bermotor, uap pabrik, pembakaran dan sebagainya.

Selain itu, bumi kita juga didominasi oleh perairan. Sehingga pada siang hari, ketika matahari bersinar dengan cahayanya, air akan mengalami penguapan menuju lapisan bumi. Penguapan air dari laut atau dari sungai dan pengumpulan gas di udara adalah proses awal hujan asam.

2. Penyatuan
Setelah uap air dan gas gas mengalami penguapan menuju lapisan bumi, maka kedua bahan tersebut akan saling bertemu. Pertemuan antara karbon dioksida & karbon monoksida dengan uap air, kemudian hidrogen sulfur dan sulfur oksida juga bertemu dengan uap air. Pertemuan antara dua senyawa ini menyebabkan hujan asam di bumi ini.

Dimana pada saat pertemuan antara karbon dioksida dan karbon monoksida dengan uap air, di sini menghasilkan asam lemah. Padahal pertemuan hidrogen sulfur dan sulfur oksida juga memenuhi uap air ini untuk menghasilkan asam kuat. Kedua asam ini memicu hujan asam.

3. Proses Akhir
Masing-masing senyawa yang telah bercampur satu sama lain nantinya akan terbawa angin dan menuju tempat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ketika mencapai ketinggian tertentu, campuran gas dan air pada akhirnya akan mengalami titik jenuh. Titik saturasi ini kemudian akan mulai menjatuhkan titik titik air, di mana titik titik air sudah mengandung asam. Titik air jatuh inilah yang disebut hujan asam.

Apa yang perlu diingat di sini adalah bahwa hujan asam pertama kali diajukan oleh Robert Angus Smith pada tahun 1852 setelah periode penelitian yang panjang. Setelah penelitian pertama, beberapa peneliti kemudian aktif untuk menyelidiki lebih lanjut tentang hujan asam yang terjadi. Dan pada tahun 1990 banyak orang kemudian menjadi prihatin tentang hujan asam yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

Dampak Negatif Hujan Asam
Seperti yang telah kita lihat, hujan asam ini mengandung banyak senyawa kimia yang dapat merusak lingkungan atau bahkan makhluk hidup. Efek hujan asam adalah:

1. Ekosistem Lautan Yang Terganggu

Hujan yang turun ke bumi akhirnya akan mengarah ke laut. Jika hujan mengandung asam tinggi itu akan menyebabkan ekosistem di laut mengalami gangguan. Gangguan yang dimaksud di sini adalah gangguan pada populasi ikan, di mana beberapa ikan tidak dapat beradaptasi dengan perubahan pH air. Tidak hanya ikan yang terkena, tetapi beberapa hewan laut lainnya juga akan mendapatkan efek hujan asam. Beberapa hewan laut yang tidak dapat beradaptasi dengan cepat akan mati. Selain itu, rantai makanan di laut juga akan mengalami gangguan.

2. Pertumbuhan Root Diblokir

Hujan asam yang diserap oleh tanah akan berdampak pada tanaman yang tumbuh, di mana akar tanaman akan sulit berkembang dan cengkeraman pada tanah akan berkurang. Hal ini menyebabkan tanaman mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan, selain itu akar yang tidak kuat membuat tanaman ini cepat tumbang.

3. Erosi dan Penurunan Kesuburan Tanah

Hujan asam juga berdampak pada tanah, salah satunya yang menyebabkannya terjadi kontaminasi tanah. Biasanya, tanah akan mengandung beberapa mineral dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi tanaman, tetapi setelah hujan asam terjadi, mineral dan senyawa kimia tersebut akan hilang.

Reaksi kimia yang bercampur dengan senyawa kimia di dalam tanah dapat menyebabkan erosi. Selain itu, kesuburan tanah juga akan berkurang, ini menyebabkan tanah menjadi mandul dan banyak tanaman yang layu. Tidak hanya itu, mikroorganisme di dalam tanah akan mati dengan cepat karena mereka tidak dapat beradaptasi dengan cepat dan tidak bisa dengan kandungan asam yang tinggi.

4. Gangguan Kesehatan

Hujan asam yang mengandung banyak senyawa kimia juga berdampak pada manusia. Beberapa gangguan yang dialami termasuk sistem pernapasan pada manusia, di mana bau yang dihirup akan mengganggu paru-paru kita, selain itu bagi mereka yang menderita asma juga akan menjadi tidak nyaman. Selain berdampak pada sistem pernapasan, hujan asam juga berdampak pada kulit kita. Jika hujan asam langsung terkena kulit, kulit akan menjadi teriritasi dan bahkan menyebabkan penyakit kulit lainnya. Kesehatan yang telah terganggu, jika tidak segera diatasi akan menyebabkan kematian mendadak.

5. Besi Korosif

Senyawa kimia yang kuat dalam hujan asam juga berdampak pada berbagai jenis logam besi. Jika setrika terkena langsung, maka dalam beberapa jam setrika akan berkarat. Ini sangat sulit untuk dicegah, mengingat kita tidak akan tahu kapan hujan asam terjadi

Pencegahan
Untuk mencegah hujan asam, kita dapat melakukan metode berikut:


  • Pemilihan Bahan Bakar - Untuk mengurangi produksi gas yang dapat menyebabkan hujan asam, setidaknya sekarang harus selektif dalam memilih bahan bakar. Sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang mengandung sulfur rendah atau dengan menggunakan bahan bakar alternatif seperti etanol dan hidrogen.
  • Menerapkan 3R - 3R adalah resue, daur ulang dan kurangi. Prinsip ini setidaknya dapat mengurangi produksi suatu barang dengan mendaur ulangnya. (baca: Dampak Sampah Plastik)
  • Reboisasi - Setidaknya melakukan reboisasi hutan secara berkala sehingga lebih banyak udara bersih tersedia dan untuk mencegah udara kotor naik ke permukaan bumi, menyebabkan hujan asam.
  • Zat Kapur - Agar tanah tetap kaya akan senyawa kapur dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tanaman mudah layu, lebih baik mengambil langkah pertama dengan menambahkan kapur ke tanah atau danau.


Itu adalah penjabaran dari proses hujan asam dan dampak negatifnya serta upaya pencegahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar