Skip to main content

Pengertian Paragraf Eksposisi Klasifikasi Dan contohnya

Pengertian Paragraf Eksposisi Klasifikasi Dan contohnya. Paragraf eksposisi klasifikasi itu sendiri adalah paragraf eksposisi yang berisi klasifikasi atau klasifikasi berbagai hal ke dalam kategori tertentu. Untuk mengetahui seperti apa eksposisi paragraf ini, berikut adalah beberapa contoh eksposisi klasifikasi dalam bahasa Indonesia yang ditunjukkan di bawah ini. kita sudah tahu beberapa contoh definisi eksposisi paragraf yang merupakan paragraf eksposisi yang berisi definisi sesuatu. Dalam artikel ini, kita juga akan menemukan contoh tipe paragraf eksposisi lain, di mana tipe paragraf eksposisi yang ditampilkan, misalnya dalam artikel ini, adalah klasifikasi eksposisi paragraf.




Contoh 1:

Berdasarkan isinya, paragraf terbagi atas lima jenis, di mana jenis-jenis paragraf tersebut antara lain paragraf persuasi, paragraf eksposisi, paragraf narasi, paragraf argumentasi, dan juga paragraf deskripsi. Kelimanya mempunyai isi yang berbeda satu sama lain. Misalnya saja paragraf persuasi. Paragraf ini merupakan paragraf yang berisi ajakan untuk melakukan suatu hal, Isi pada paragraf tersebut tentu berbeda dengan–misalnya–paragraf narasi yang berisi penjelasan atau cerita dari suatu peristiwa yang tengah atau telah berlangsung

Contoh 2:

Kucing terdiri atas beberapa jenis ras, di mana jenis-jenis ras kucing tersebut antara lain Angora, Persia, Manx, dan juga Spinx. Diantara keempat ras tersebut, ras Spinx menjadi ras yang kurang populer di masyarakat. Namun, meskipun begitu, kucing yang dikenal sebagai kucing tak berbulu ini kini mulai populer dan tak sedikit orang yang mulai memelihara kucing jenis ras ini. Tidak adanya bulu pada kucing ini membuat kucing Spinx menjadi kucing yang unik dan menarik di kalangan masyarakat. Bahkan, karena keunikan itulah yang membuat kucing ini menjadi kucing yang tergolong mahal harganya.


Contoh 3:

Imbuhan awalan merupakan imbuhan yang dibubuhkan di awal suatu kata. Imbuhan yang biasa disebut dengan prefiks ini terdiri atas beberapa macam, di mana macam-macam imbuhan ini adalah me- ke-, di-, dan juga ter-.

Berbanding terbalik dengan imbuhan awalan, imbuhan akhiran atau sufiks adalah imbuhan yang justru dibubuhkan di akhir sebuah kata. Imbuhan ini sendiri terdiri atas beberapa macam, yaitu -an, -kan, -nya, -lah, -kah, -tah, dan juga -pun..

Contoh 4:



Imbuhan atau afiks merupakan suatu bubuhan yang dibubuhkan pada suatu kata dasar, sehingga kata dasar tersebut berubah menjadi suatu kata berimbuhan. Imbuhan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu imbuhan awalan, akhiran, awalan-akhiran, dan juga sisipan.

Imbuhan awalan atau yang biasa disebut sebagai prefiks merupakan suatu imbuhan yang dibubuhkan di awal suatu kata. Imbuhan akhiran atau sufiks merupakan suatu imbuhan yang dibubuhkan di akhir suatu kata. Imbuhan awalan-akhiran atau konfiks adalah imbuhan yang dibubuhkan di awal dan juga di akhir suatu imbuhan. Imbuhan sisipan atau infiks merupakan imbuhan yang disisipkan di tengah-tengah suatu kata.

Demikianlah beberapa contoh dari paragraf eksposisi klasifikasi dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh dari jenis-jenis paragraf lainnya, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, contoh paragraf deskripsi tentang ekonomi, contoh paragraf narasi tentang kesehatan, dan contoh paragraf persuasi tentang pendidikan. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar