Paragraf Eksposisi Proses - Contoh Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf Eksposisi Proses - Contoh Paragraf Eksposisi Proses. Beberapa contoh beberapa jenis paragraf eksposisi telah ditunjukkan di artikel sebelumnya. Artikel termasuk contoh definisi eksposisi paragraf, dan contoh paragraf eksposisi klasifikasi. Artikel ini juga akan menunjukkan beberapa contoh paragraf eksposisi dari jenis lain paragraf eksposisi, di mana jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses. Paragraf eksposisi dari proses itu sendiri adalah paragraf yang berisi proses atau prosedur untuk melakukan sesuatu. Bentuk atau isi paragraf ini kurang lebih sama dengan yang ada dalam teks prosedur dalam bahasa Indonesia.

Untuk mengetahui seperti apa bentuk paragraf ini, berikut adalah beberapa contoh paragraf eksposisi yang ditunjukkan di bawah ini, proses yang ditunjukkan di bawah ini!




Contoh 1:

Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional yang ada di Indonesia. Kue ini ada di hampir seluruh wilayah di Indonesia, seperti di Jawa Barat, Yogyakarta, dan juga Sumatera Barat. Dari segi pembuatannya, kue ini tergolong sederhana dan mudah untuk dibuat. Adapun porses pembuatan kue ini sendiri (yang dilansir dari laman id.wikibooks.org) adalah sebagai berikut!

Bahan-Bahan:

  1. 300 gram tepung beras.
  2. 30 gram tepung terigu.
  3. Minyak goreng secukupnya.
  4. 450 ml air.
  5. 150 gram gula merah yang telah disisir secara halus.
  6. 100 gram gula pasir.


Cara Membuat:

  • Didihkan air, gula merah, dan gula pasir. Setelah didihkan, air hasil rebusan tiga bahan tersebut lalu disaring dengan menggunakan saringan.
  • Tuang air hasil rebusan tiga bahan tersebut ke dalam tepung beras dan tepung terigu sambil diuleni selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah diuleni, adonan tersebut kemudian dikocok-kocok dengan menggunakan sendok sayur selama kurang lebih 20 menit.
  • Diamkan adonan selama 2 jam.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan kecil dengan api sedang, kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan kue cucur ke dalamnya.
  • Selama di dalam wajan, siramkan minyak ke adonan kue cucur lalu adonan ditusuk dengan tusuk sate di bagian tengahnya hingga adonan tersebut menjadi kering.
  • Angkat adonan lalu kemudian tiriskan.
  • Kue cucur pun siap untuk disajikan dan juga disantap.

Contoh 2:

Nasi goreng merupakan masakan yang lazim di Indonesia. Makanan ini sering dimasak dan disajikan baik itu di rumah maupun di restoran; baik pagi maupun malam. Nasi goreng sendiri tergolong masakan yang tergolong mudah untuk disajikan. Adapun langkah-langkah yang mesti dilakukan dalam membuat nasi goreng antara lain:

  1. Menyediakan sejumlah alat dan bahan seperti spatula, minyak gorang/mentega, wajan, kompor, piring, nasi satu piring, kecap, telur, bawang merah+bawang putih, dan bahan tambahan lain seperti saus sambal, sosis, daging, dan lai  sebagainya.
  2. Memanaskan minyak goreng atau mentega di atas wajan dengan api sedang.
  3. Memasukan pelbagai bahan seperti bawang merah+bawang putih, telur, nasi goreng, dan bahan-bahan lainnya.
  4. Meniriskan nasi goreng di atas piring saat  nasi goreng telah matang.
  5. Nasi goreng pun siap untuk disajikan dan juga disantap.

Demikian beberapa contoh proses eksposisi paragraf dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf jenis lain, pembaca dapat membuka dua artikel berikut, yaitu contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, dan juga artikel paragraf contoh deskripsi ekonomi. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi semua pembaca, baik mengenai paragraf pada khususnya, maupun Bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Eksposisi Proses - Contoh Paragraf Eksposisi Proses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel