Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Definisi. Definisi eksposisi paragraf adalah paragraf eksposisi yang berisi definisi atau definisi suatu hal. Anda dapat menemukan paragraf ini di buku ensiklopedia tentang pengetahuan umum atau ensiklopedi di media online. Untuk mengetahui seperti apa bentuk paragraf ini, dalam artikel ini sejumlah contoh dari paragraf eksposisi ini akan ditampilkan. Contohnya adalah sebagai berikut!



Contoh 1:

Menurut Nababan (2008:01), ejaan merupakan keseluruhan peraturan bagaimana menggambarkan lambang-lambang bunyi ujaran dan bagaimana hubungan antara lambang itu dalam suatu bahasa. Dalam bahasa Indonesia, sistem pengejaan telah diatur dalam Ejaan yang Disempurnakan (EyD) yang mana EyD sendiri berisi tentang ejaan dalam pemakaian huruf, kata, penulisan unsur serapan, dan juga pemakaian tanda baca.

Contoh 2:

Menurut laman id.wikipedia.org, kucing didefinisikan sebagai hewan karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Nama ilmiah dari kucing sendiri adalah Felis silvestris catus atau Felis catus. Kucing sendiri telah berbaur dengan kehidupan manusia sejak 6000 tahun sebelum masehi. Hal tersebut merujuk dari adanya penemuan kerangka kucing di pulau Siprus. Saat ini, kucing menjadi salah satu diantara jenis hewan peliharaan yang paling pouler di masyarakat, selain anjing, kelinci, ataupun hamster.

Jenis kucing yang paling banyak jumlah populasinya di dunia adalah kucing ketuunan campuran atau yang biasa kita kenal sebagai kucing liar atau kucing kampung. Jenis kucing ini populasinya sudah mencapai 90 % lebih dari jumlah populasi kucing yang ada di dunia. Adapun jenis kucing ras ppulasinya hanya sebesar 1% saja, di mana beberapa jenis kucing ras tersebut antara lain Persia, Siam, Manx, dan juga Spinx.

Contoh 3:

Menurut laman id.wikipedia.org, kata penghubung atau yang biasa diebut dengan konjungsi adalah suatu kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam suatu kalimat, atau biasa juga menghubungkan suatu kalimat dengan kalimat lainnya yang ada di dalam suatu paragraf. Selain itu, kata penghubung juga bisa didefinisikan sebagai kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, seperti kata dengan kata, frasa dengan frasa, serta klausa dengan klausa. Dalam pengertian lain, kata penghubung juga bisa dijelaskan kategori yang berfungsi untuk meluaskan satuan yang lain dalam konstruksi hipotaktis, dan selalu menghubungkan dua satuan lain atau lebih dalam konstruksi.

Contoh 4

Menurut Nababan (2008:28-29), imbuhan atau afiks merupakan morfem terikat yang diikatkan pada suatu kata dasar untuk membentuk suatu kata baru. Adapun kata yang sudah diberi imbuhan tersebut akan disebut sebagai kata berimbuhan. Imbuhan sendiri mempunyai sejumlah fungsi, di mana beberapa fungsi tersebut antara lain membentuk kata benda pada kata dasar yang bukan merupakan kata benda, membentuk kata kerja pada kata yang bukan termasuk jenis kata kerja, membentuk kata sifat yang pada kata dasar yang bukan termasuk kata sifat, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa contoh paragraf eksposisi definisi dalam bahasa Indonesia. Untuk mengetahui beberapa contoh paragraf lainnya, pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut ini, yaitu: contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, contoh paragraf ineratif tentang olahraga, contoh paragraf kausalitas, contoh paragraf deskripsi tentang ekonomi, contoh paragraf narasi tentang kesehatan, dan contoh paragraf persuasi tentang pendidikan. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf pada khususnya, maupun mengenai bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Definisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel