Skip to main content

Pengertian Makna Perlokusi dalam Beserta Contohnya

Pengertian Makna Perlokusi dalam Beserta Contohnya. Beberapa contoh makna kata telah ditunjukkan di artikel sebelumnya. Beberapa artikel mencakup contoh-contoh makna lokus, contoh-contoh makna ilokusi, makna dan contoh-contoh denotasi, makna dan contoh konotasi, makna dan contoh konotasi, dan makna dan contoh leksikal. Artikel ini juga akan menyajikan beberapa contoh satu jenis makna kata, di mana arti kata yang dimaksud adalah makna perlokusi. Makna ini sendiri adalah makna yang muncul dari sikap atau reaksi seseorang terhadap kalimat atau pernyataan.



Untuk mengetahui seperti apa bentuk makna kata ini, berikut ditampilkan beberapa contoh diantaranya yang ditampilkan di bawah ini!

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor di bawah ini.
Saat orang-orang membaca atau mendengar kalimat di atas, maka orang-orang tersebut akan menghubungi nomor yang disebutkan saat mereka hendak membutuhkan sebuah informasi.

Dimohon untuk tidak ribut di ruang perpustakaan ini.
Saat orang-orang mendengar atau membaca kalimat di atas, maka mereka akan menahan diri mereka untuk tidak membuat keributan selama di ruang perpustakaan yang dimaksud pada kalimat di atas.

Jika ada yang ingin kalian tanyakan, maka kalian bisa mengangkat tangan kalian.
Saat seseorang yang hendak bertanya mendengar kalimat di atas, maka orang tersebut akan langsung mengangkat tangannya dan kemudian mengajukan pertanyaan yang hendak dia tanyakan.

Tatanan rambutmu berantakan sekali.
Saat orang mendengar kalimat di atas, maka orang tersebut lantas akan langsung merapikan tatanan rambutnya yang berantakan itu.

Awas, di sana ada orang gila!
Saat orang mendengar kalimat di atas, maka orang tersebut lantas langsung berbalik arah dan pergi dari tempat atau jalan yang terdapat orang gila tersebut.

Rumah makan ini sudah pindah ke Jl. Tarumanegara no. 115.
Saat orang-orang yang hendak ke restiran yang dimaksud membaca kalimat di atas, maka mereka akan langsung menuju ke alamat yang yang disebutkan pada kalimat di atas.

Tempat pemesanan tiket.
Saat orang-orang membaca kalimat di atas, maka orang-orang yang hendak memesan tiket akan langsung menghampiri dan memesan tiket di tempat yang terdapat tulisan di atas.

Jalan ini sedang diperbaiki.
Bila orang melihat atau membaca kalimat di atas, maka orang tersebut tidak akan melewati jalan yang sedang diperbaiki tersebut.

Maaf, jalan ini bukanlah tempat sampah.
Bila orang melihat atau membaca tulisan di atas, maka orang tersebut akan mengurungkan niatnya untuk membuang sampah ke jalan yang dimaksud.

Zona ini diperuntukkan khusus untuk balita dan anak-anak.
Bila orang dewasa melihat atau membaca tulisan di atas, maka mereka akan mengurungkan niatnya untuk memasuki zona tersebut. Jika orang dewasa tersebut membawa balita atau anak-anak, maka balita atau anak-anak tersebut akan mereka masukkan ke dalam zona tersebut.

Mohon maaf, jalan ini sedang diperbaiki.
Saat orang membaca tulisan di atas, maka orang tersebut akan mengurungkan niatnya untuk melewati jalan tersebut dan akan memilih berbelok ke jalan yang lain.

Dilarang membawa hewan peliharaan.
Saat orang-orang yang membawa hewan peliharaan membaca tulisan di atas, maka orang-orang tersebut akan mengurungkan niatnya untuk memasuki tempat yang mengandung tulisan di atas.

Demikianlah beberapa contoh makna perlokusi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar