Skip to main content

Pengertian Makna Kata Tematik dan Contohnya dalam Kalimat

Makna Kata Tematik dan Contohnya dalam Kalimat. Makna tematik adalah salah satu jenis makna kata selain denotasi dan contoh, makna dan contoh konotasi, makna dan contoh idiomatik, makna dan contoh leksikal, serta makna dan contoh metaforis. Menurut halaman id.wikipedia.org, makna tematik atau makna tematik adalah makna dari kata yang muncul karena penekanan atau fokus percakapan dalam kalimat atau pernyataan.



Supaya pembaca lebih paham, berikut ditampilkan beberapa contoh makna kata tematik yang disertai dengan penjelasannnya di bawah ini!

  • Area bermain ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak berusia di bawah 5 tahun.

Bagian yang dicetak miring pada kalimat di atas adalah penekanan kalimat tersebut yang memberi makna tematik pada kalimat tersebut. Adapun makna tematik pada kalimat di atas adalah bahwa area bermain yang disebutkan pada kalimat di atas hanya bisa dimasuki oleh anak-anak yang usianya masih di bawah 5 tahun. Dengan demikian, anak-anak yang berusia di atas itu tidak boleh bermain dan memasuki area bermain yang dimaksud.

  • Hanya karyawan toko saja yang boleh masuk ke ruangan ini.

Penekanan pada kalimat di atas terletak pada bagian yang dicetak miring. Bagian tersebut memberikan penekanan sekaligus menyiratkan makna tematik kalimat tersebut, yang di mana makna tematik dibalik kalimat tersebut adalah bahwa ruangan yang ada di toko itu hanya boleh dimasuki oleh karyawan toko saja, sehingga orang-orang yang bukan karyawan toko tersebut dilarang masuk ke dalam ruangan toko itu.

  • Kegiatan karya wisata ke Yogyakarta tahun ini wajib diikuti oleh setiap siswa-siswi SMAN 71.

Kata wajib pada kalimat di atas adalah penekanan sekaligus makna tematik kalimat tersebut, yang mana makna tematik kalimat tersebut adalah bahwasanya kegiatan karya wisata ke Yogyakarta yang dihelat oleh pihak SMAN 71 mesti diikuti oleh semua siswa dan siswi SMA tersebut.

  • Acara seminar itu membahas tentang pemberdayaan kaum perempuan.

Bagian kalimat yang dicetak miring di atas merupakan penekanan kalimat tersebut sekaligus menjadi makna tematik bagi kalimat tersebut.

  • Aku di sini hanya untuk menanyakan soal desas-desus yang beredar akhir-akhir ini.

Bagian kalimat yang dicetak miring pada kalimat di atas adalah penekanan sekaligus makna tematik kalimat tersebut. Dengan demikian, kalimat bermakna bahwa si aku ingin menanyakan secara khusus soal desas-desus yang tengah beredar akhir-akhir ini.

  • Sekali lagi kami ingatkan, bahwa pendaftaran peserta seminar akan ditutup sore nanti.

Penekanan dan makna tematik pada kalimat di atas terletak pada bagian kalimat yang dicetak miring. Adapun makna kalimat di atas adalah pendaftaran seminar akan segera ditutup pada waktu sore nanti.

  • Benarkah kau yang mencuri guci mahal itu?

Kata yang dicetak miring pada kalimat di atas merupakan penekanan sekaligus makna tematik kalimat tersebut. Kata tersebut sengaja ditekankan agar penerima kalimat itu mengakui atau menampik pertanyaan yang diajukan oleh kalimat tersebut.

  • Sekali lagi saya tekankan kepada kalian semua bahwa proyek ini harus diselesaikan secepat mungkin.

Bagian yang dicetak miring pada kalimat di atas merupakan penekanan sekaligus makna tematik pada kalimat di atas. Adanya bagian atau kata tersebut membuat kalimat di atas menjadi suatu kalimat yang mempunyai penekanan yang cukup tegas.

Demikianlah penjelasan mengenai makna tematik beserta contohnya dalam kalimat. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar