Skip to main content

Pengertian Makna Ilokusi beserta Artinya dan Contohnya

Pengertian Makna Ilokusi beserta Artinya dan Contohnya. Makna ilokusi merupakan makna kias yang terkandung dalam suatu pernyataan atau suatu kalimat. Makna yang terkandung dalam pernyataan tersebut mengandung makna khusus yang sebenarnya tidak terlalu terkait dengan kalimat atau pernyataan yang dimaksudkan untuk disampaikan. Untuk mengetahui seperti apa bentuk makna ini, maka dalam artikel ini kami akan menyajikan beberapa contoh salah satu jenis makna kata tersebut. Contoh-contoh makna ilokusi dan artinya adalah sebagai berikut!



Pudar sekali warna cat rumahmu.
Kalimat di atas bermakna sindiran terhadap warna cat dari rumah tersebut sekaligus perintah untuk mengecat kembali rumah tersebut agar warna catnya bisa kembali terlihat cerah.

Apa kau tidak malu berpakaian seperti itu?
Makna kalimat di atas adalah perintah atau suruhan kepada orang yang menerima kalimat ini untuk mengganti pakaiannya dengan pakaian yang lebih pantas. Sebab, pakaian yang dia pakai saat ini tidaklah pantas untuk dikenakan olehnya.

Aku rasa sebaiknya sampah itu tidak ditaruh di jalanan.
Makna pernyataan di atas adalah bahwa sampah yang ada di jalanan tersebut semestinya ditaruh atau dibuang ke tempat sampah, bukan ditaruh atau dibuang di sembarang tempat, apalagi di jalan.

Apakah dengan merengek, segala permasalahanmu bisa terselesaikan?
Kalimat di atas bermakna bahwa permasalahan seseorang tidak dapat selesai dengan cara merengeki masalah tersebut, melainkan dengan cara mencari solusi atau cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sampai kapankah kau akan menjalani hidupmu dengan cara seperti itu?
Kalimat di atas bermakna bahwa seseorang yang menerima kalimat di atas harus merubah cara hidupnya agar lebih baik lagi. Sebab, cara hidup yang diambilnya saat ini merupakan cara hidup yang tidak baik.

Mengapa engkau memurungkan wajahmu, sedangkan langit hari ini begitu cerah?
Makna kalimat di atas adalah bahwa seseorang yang menerima kalimat ini jangan terus larut dalam kesedihan. Sebab, kebahagiaan pasti akan datang menggantikan kesedihan laiknya langit yang bersinar begitu cerah di hari ini.

Kalau hidupmu hanya sekadar makan, kera pun juga bisa melakukannya.
Makna kalimat atau pernyataan di atas adalah bahwa kita hidup tidak hanya sekadar makan. Melainkan, kita juga mesti berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.

Awas, ada orang gila!
Pernyataan ini bermakna agar orang-orang waspada terhadap kehadiran orang gila yang ada di sekitar mereka.

Awas, ada anjing galak!
Pernyataan di atas bermakna agar orang-orang berhati-hati akan kehadiran anjing galak yang ada di sekitar mereka.

Wah, kusut sekali rambutmu itu!
Makna yang terkandung dalam pernyataan di atas adalah bahwa orang yang rambutnya kusut itu mesti memperbaiki rambut kusutnya tersebut.

Mau sampai kapan kau hidup seperti itu?
Kalimat di atas mempunyai makna sindiran atau motivasi agar orang yang menerima kalimat tersebut bisa memperbaiki kehidupannya agar hidupnya tidak begitu-begitu saja.


Demikianlah beberapa contoh makna ilokusi dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh makna kata lainnya, maka pembaca bisa membuka artikel contoh makna lokusi, makna denotasi dan contohnya, makna idiomatik dan contohnya, makna leksikal dan contohnya, serta makna konotasi dan contohnya. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai makna kata khususnya, maupun mengenai bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar