Pengertian Kausalitas dan Contoh Paragraf Kausalitas

Pengertian Kausalitas dan Contoh Paragraf Kausalitas. Jenis paragraf dalam bahasa Indonesia, termasuk paragraf deduktif, paragraf ekspansif, paragraf ineratif, paragraf naratif, deskripsi paragraf, paragraf argumentasi, paragraf persuasif, paragraf eksposisi. Paragraf kausalitas adalah jenis paragraf induktif yang berisi unsur sebab akibat pada sesuatu yang terjadi. Paragraf kausalitas terdiri dari beberapa kalimat penjelas yang ada di awal paragraf dan kalimat utama di akhir paragraf. Kalimat yang menyatakan pernyataan karena ditulis dalam paragraf yang berisi kalimat penjelas, sedangkan kalimat yang menyatakan efek pernyataan, ditulis dalam kalimat utama. Kalimat utama berisi gagasan utama paragraf atau gagasan utama dalam paragraf.



Contoh 1 :

Menanam banyak pepohonan, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, dan sebagainya adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan manusia untuk mengurangi pemanasan global. Jika upaya-upaya tersebut dilakukan, maka gas rumah kaca pun akan menipis dan bahkan tidak terbentuk. Jika gas rumah kaca menipis atau bahkan tidak terbentuk, maka pemanasan global pun bisa dikurangi.

Penjelasan: paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola sebab-akibat2. Adapun sebab pada kalimat di atas terletak di kalimat awal paragraf tersebut. Sementara itu, akibat1 dan akibat2 pada paragraf di atas terletak di kalimat kedua dan kalimat ketiga.

Contoh 2 :

Mencairnya es di kutub utara dan selatan, kenaikan permukaan laut, dan kenaikan suhu secara global adalah beberapa akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global. Adapun pemanasan global sendiri disebabkan oleh gas rumah kaca yang terbentuk dari komponen-komponen gas berbahaya seperti CO2, N2O, dan CH4.

Penjelasan: paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola akibat-sebab. Adapun akibat pada paragraf di atas terletak di kalimat pertama paragraf tersebut, sedangkan kalimat-kalimat lainnya adalah sebab paragraf tersebut.


Kedua contoh paragraf kausalitas diatas merupakan salah satu contoh dari berbagai kalimat sebab-akibat. Contoh paragraf lainnya, contoh paragraf deduktif singkat, contoh paragraf ilustrasi, contoh paragraf ekspotoris singkat, contoh paragraf narasi pendek, contoh paragraf perbandingan, contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan sekolah, contoh paragraf deskripsi singkat. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kausalitas dan Contoh Paragraf Kausalitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel