--> Skip to main content

Pengertian dan Contoh Paragraf Ineratif tentang Pendidikan

Pengertian dan 4 Contoh Paragraf Ineratif tentang Pendidikan. Contoh Paragraf Ineratif tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia. Paragraf ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya diposisikan di tengah paragraf. Paragraf ini termasuk salah satu jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat selain dari paragraf induktif, paragraf deduktif, dan paragraf campuran. seperti jenis paragraf lain, paragraf ini juga dapat ditulis dengan tema khusus, termasuk pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan tahu apa bentuk paragraf ineratif yang memiliki tema pendidikan. Tema pendidikan itu sendiri sebenarnya telah digunakan sebagai tema dalam artikel sebelumnya. Artikel-artikel tersebut meliputi contoh esai naratif tentang pendidikan, contoh esai esai tentang pendidikan, dan contoh paragraf kausal tentang pendidikan.




Adapun beberapa contoh paragraf ineratif tentang pendidikan dalam bahasa Indonesia sendiri adalah sebagai berikut!


Contoh 1:

Kecerdasan otak bukanlah satu-satunya yang harus dimiliki seorang peserta didik. Karakteristik baik yang kuat juga harus dimiliki seorang peserta didik di dalam dirinya. Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi metode yang harus diterapkan dalam mendidik peserta didik. Dengan pendidikan karakter, maka anak bisa menjadi pribadi yang baik, serta dapat menggunakan ilmu pengetahuan yang dia miliki untuk kebaikan orang lain.

Contoh 2:

Sarana dan prasarana pendidikan di negara ini masihlah belum merata. Hal ini bisa dilihat dari kualitas bangunan dan kelengkapan fasilitas di sekolah daerah terpencil yang tidak sebagus dan selengkap di sekolah perkotaan. Selain itu, bantuan berupa beasiswa pun tidak dapat dinikmati oleh semua peserta didik yang tidak mampu. Maka tidak mengherankan, jika kualitas pendidikan di negara ini belum menujukkan perkembangan yang signifikan. Pemerataan sarana dan prasarana menjadi solusi yang mesti dilakukan untuk memperbaiki kulaitas pendidikan negeri ini. Dengan begitu, kemungkinan meningkatnya kualitas pendidikan peserta didik di negara kita dapat meningkat dengan baik.

Contoh 3:

Sebelum anak-anak mengenyam pendidikan formal di sekolah, orang tua mesti bisa terlebih dulu mendidik anak-anaknya dengan baik. Itulah sebabnya, orang tua sering disebut sebagai sekolah pertama untuk anak-anaknya. Jika orang tua sanggup mendidik anak-anaknya sebelum dimasukan ke sekolah, maka proses adaptasi dan pembelajaran anak di sekolah akan relatif mudah dilakukan. sebaliknya, jika anak tidak didik dengan baik oleh orang tua, maka sang anak akan mengalami kesulitan saat menjalani proses belajar di sekolah.

Contoh 4:



Mendidik para peserta didik tidak hanya sekedar menjejali mereka dengan sejumlah nasihat dan teori. Contoh-contoh sederhana di kehidupan sehari-hari pun mesti diberikan agar para peserta didik dapat memahami nasihat dan teori yang hendak mereka terima. Untuk itulah, seorang pendidik mesti bisa memberikan contoh konkret pada peserta didiknya. Adapun salah satu cara pemberian contoh kepada peserta didik adalah dengan menjadikan pendidik sebagai contoh konkret bagi para peserta didik. Misalnya, jika pendidik tengah menyampaikan pentingnya beretika di kehidupan sehari-hari, maka pendiidk pun mesti mencontohkan dengan perbuatan seperti apa  pentingnya penerapan etika di kehidupan sehari-hari.

Demikianlah beberapa contoh dari paragraf ineratif yang bertema pendidikan dalam bahasa Indonesia. Semoga mampu memberi manfaat dan juga mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf ineratif pada khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kesalahan dalam pembahasan kali ini, entah itu di dalam pembahasannya, maupun di dalam teknis penulisannya. Sekian dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar