--> Skip to main content

Pengertian dan Ciri-Ciri Kalimat Definisi

Pengertian dan Ciri-Ciri Kalimat Definisi. Beberapa karakteristik kalimat dalam bahasa Indonesia yang dilekatkan pada beberapa jenis kalimat telah ditunjukkan dalam artikel sebelumnya. Artikel-artikel itu mencakup karakteristik kalimat deklaratif dan juga karakteristik kalimat imperatif. Artikel ini juga akan membahas karakteristik kalimat lainnya, di mana kalimat yang ditampilkan dalam artikel kali ini adalah kalimat definisi.



Kalimat definisi merupakan salah satu diantara banyaknya jenis kalimat selain kalimat imperatif, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif. Kalimat definisi sendiri merupakan suatu kalimat yang berisi pengertian suatu hal.

Untuk mengetahui seperti apa ciri kalimat ini, berikut ditampilkan pembahasan mengenai ciri-ciri kalimat definisi dalam bahasa Indonesia yang dikutip dari arikel kalimat definisi dan kalimat deskripsi.

1. Menjelaskan Makna atau Arti Suatu Objek

Ciri pertama yang melekat pada kalimat ini adalah isi kalimatnya yang menjelaskan makna atau arti dari suatu objek yang hendak dibahas. Makna atau arti suatu objek yang dibahas pada kalimat ini adalah makna sebenarnya atau makna sejati dari objek tersebut.

2. Penjelasannya Bersifat Umum

Karakteristik berikutnya yang melekat dalam kalimat ini adalah penjelasan umum. Artinya, makna atau makna suatu objek yang digambarkan dalam kalimat ini adalah makna atau makna umum objek. Karakteristik spesifik dari objek yang dijelaskan tidak dijelaskan secara spesifik dalam kalimat ini. jika karakteristik spesifik disebutkan, maka kalimat ini akan berkembang menjadi deskripsi paragraf atau definisi eksposisi paragraf.

3. Dapat Ditemukan pada Jenis-Jenis Karangan Ilmiah

Kalimat definisi dapat secara umum ditemukan dalam berbagai jenis esai ilmiah, seperti tesis, tesis, dan juga disertasi. Kalimat definisi yang terdapat dalam esai ilmiah biasanya adalah definisi istilah ilmiah. Sebenarnya, kalimat ini tidak hanya ada dalam esai ilmiah, tetapi kadang-kadang kita dapat menemukan kalimat ini juga dalam beberapa jenis esai semi-ilmiah, seperti esai atau artikel. Selain esai ilmiah dan semi-ilmiah, kita juga dapat menemukan kalimat definisi dalam sejumlah ensiklopedi publik, baik dalam bentuk cetak dan online, dan juga dapat ditemukan dalam kamus ilmiah.

4. Makna Kalimatnya Tidak Berubah

Karakteristik terakhir yang melekat pada kalimat definisi adalah bahwa makna kalimat tidak akan berubah. Artinya, makna kalimat ini tidak akan berubah meskipun struktur penulisan kalimat diubah, apakah diubah dengan menulis definisi terlebih dahulu maka objek, atau sebaliknya.

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat definisi memiliki sejumlah karakteristik, di mana karakteristik meliputi penjelasan tentang makna atau makna suatu objek, makna atau makna objek yang digambarkan sebagai makna umum objek, dapat ditemukan dalam berbagai jenis esai, ensiklopedia, dan kamus, dan juga arti kalimat tidak akan berubah meskipun struktur kalimat diubah sedemikian rupa.

Demikian pembahasan tentang karakteristik kalimat definisi dalam bahasa Indonesia. Untuk mencari tahu apa arti kalimat definisi, pembaca dapat membuka tiga artikel berikut, yaitu contoh kalimat definisi, contoh definisi hewan, dan juga artikel tentang contoh definisi alam. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai diskusi tentang kalimat definisi khususnya, maupun diskusi tentang bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan juga terima kasih banyak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar